Skip to main content
Loading...

Day Master Bing 丙 • Api Yang 阳火

Day Master Bing

Dalam Bazi, Bing 丙 digambarkan sebuah matahari. Fungsi dari matahari ini adalah untuk menyinari dan melindungi kehidupan. Bing memiliki elemen Api Yang 阳火.

Seseorang yang dilahirkan dengan memiliki Day Master ini memiliki karakter sebagai berikut:

- Sama seperti sebuah matahari yang menyinari bumi untuk melindungi dan memberi sebuah kehidupan, seseorang yang dilahirkan dengan Day Master ini adalah sosok yang suportif dan suka membantu. Mereka adalah orang yang siap menerima tugas dan menyelesaikannya sampai tuntas. Anda terlahir sebagai orang yang punya antusiasme dan bersemangat. Bila ada orang lain yang mengganggu Anda, maka Anda akan bersikap diam dan kusam. Anda adalah orang yang suka berterus terang dan semangat dalam menyelesaikan sesuatu. Orang yang terlahir dengan Day Master ini adalah orang yang murah hati, dan cenderung suka akan kegiatan sosial.   

- Anda adalah sosok yang menyukai sebuah rutinitas, dan bekerja sesuai dengan perencanaan. Mengapa? Karena hal demikian adalah sesuatu yang mudah untuk diikuti dan dilaksanakan. Itulah sebabnya Anda bukanlah orang yang mudah beradaptasi terhadap perubahan, dan kurang menyukai sebuah petualangan, pengalaman baru, atau sekedar mempelajari kesempatan yang baru. Anda cenderung suka pada zona nyaman, ketika menghadapi masalah bukannya sibuk mencari solusinya, namun malah sibuk mencari siapa yang patut disalahkan. Untuk memikirkan sebuah solusi pada masalah adalah sesuatu yang sulit bagi Anda. 

Untuk memperbaiki kulitas karakter diri Anda lakukan hal-hal berikut ini:

- Anda harus bisa menjalin sebuah hubungan yang harmonis pada setiap orang, dengan suasana yang damai dan konstruktif maka hasil akhir yang Anda peroleh akan jauh lebih besar.

- Ketika menghadapi masalah, jangan suka mencari-cari kesalahan orang lain. Cobalah lebih sering intropeksi diri dan menghormati orang lain. Fokuskan pikiran, tenaga dan waktu Anda untuk mencari solusinya bukan pada siapa yang patut dipersalahkan.

Dalam menjalankan pekerjaan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Dalam bekerja Anda punya rasa antusiasme dan semangat yang tinggi. Dan Anda tidak akan pernah capek sampai sasaran yang ingin dicapai sudah terlaksana. Hal ini dikarenakan Anda menyukai sebuah rutinitas, sehingga Anda sudah terbiasa dengan pola kerja yang monoton. Sebelum bekerja Anda harus merasa nyaman dan aman dulu terhadap pekerjaan yang akan dilakukan agar bisa mengukur kapasitas diri dalam menyelesaikannya. 

- Dalam bekerja, Anda tidak sekedar mendelegasikan tugas tersebut pada orang lain, namun Anda sendirilah yang aka mengerjakannya. Bahkan dalam sebagian hal, Anda bersedia untuk membantu dan mendidik orang lain, serta menginspirasi mereka dalam bekerja agar mereka juga bisa tumbuh sama seperti Anda. 

- Dalam bekerja Anda punya sebuah integritas. Bila orang lain harus dimonitor pekerjaannya, maka Anda tanpa dimonitor pun akan berusaha untuk menyelesaikannya tepat waktu. Rasa tanggung jawab Anda dalam pekerjaan sangat tinggi dan suka akan komitmen. Namun semuanya ini bisa terjadi bila Anda sudah merasa nyaman dengan pekerjaan Anda. Ketika Anda merasa tidak nyaman atau pekerjaan Anda diintervensi oleh orang lain maka saat itu Anda merasa tidak aman dan pada gilirannya tidak bisa membuahkan hasil.

- Dalam bekerja, Anda harus memiliki sebuah ruang kebebasan untuk mengatur jadwal rutinitas kerja Anda sendiri untuk bisa mencapai hasil yang maksimal dan tepat waktu. Selain itu, Anda juga butuh sanjungan dari orang lain meskipun Anda tidak memintanya secara eksplisit agar Anda merasa dihargai, dan sanggup bekerja lebih besar lagi. 

- Anda adalah sosok pekerja yang bisa dipercayai, sehingga cocok menjadi seorang pimpinan. Anda punya rasa kepedulian terhadap bawahan dan tulus mendukung mereka. Anda juga adalah sosok yang cukup sabar dan cocok menjadi pembimbing ketika harus mengajari orang-orang yang baru atau junior Anda. Dan ketika harus mengajari mereka, maka Anda bisa memakai cara yang diplomatis dan elegan. Namun, ketika batas kesabaran Anda sudah habis, maka Anda bisa berubah menjadi orang yang emosional dan situasi menjadi kacau.

- Anda adalah orang yang extrovert dalam bekerja. Ketika menjadi seorang pimpinan, Anda bisa menghargai pekerjaan orang lain dan memberi penghargaan yang layak buat mereka. Anda bisa memuji pekerjaan mereka dan di sisi lain bisa mendukung mereka untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Anda tidak pernah merasa cemburu atau iri dengan kesuskesan yang dicapai oleh orang lain.         

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalankan pekerjaan, lakukan hal-hal berikut ini:

- Anda adalah sosok yang suportif dalam membantu orang lain agar bisa tumbuh dan berkembang. Pertahankan terus karakter ini dengan baik.

- Di setiap pekerjaan yang Anda lakukan, temukan pola kerja Anda sendiri dimana Anda merasa nyaman dengan cara bekerja seperti itu. Bila Anda sudah menemukannya maka setiap tugas yang diberikan ke Anda bisa dijalankan secara efektif dan efisien.

- Dalam situasi dan kondisi tertentu, Anda bisa menjadi sosok yang emosional. Coba kontrol kondisi emosi Anda ini agar bisa tetap tenang dalam segala situasi. Dengan demikian, Anda bisa mencapai hasil yang lebih besar lagi.

- Anda adalah sosok yang punya kharisma, pertahankan kharisma ini agar bisa mengambil hatinya orang lain. Dan ketika Anda membutuhkan dukungan mereka dalam bekerja secara tim maka bisa mencapai hasil yang maksimal.  

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah seorang pekerja keras, ketika Anda bekerja dengan rekan kerja atau bawahan, Anda bisa memperlakukan mereka sama seperti kawan baik Anda sendiri. Anda juga adalah sosok yang lebih suka bekerja dalam sebuah tim. Dalam menjalin hubungan, Anda bisa menjalin dengan orang-orang baru. Anda cenderung mudah merasa kesepian ketika harus bekerja sendirian karena secara lahiriah Anda lebih menyukai keramaian. Ketika Anda bekerja dengan banyak orang, Anda lebih merasa percaya diri dan produktif.

- Anda adalah orang yang tampil apa adanya dan tulus membangun sebuah persahabatan. Anda bukanlah orang yang mudah meninggalkan orang lain dan berusaha terbaik untuk mempertahankan sebuah persahabatan. Dan karena Anda adalah orang yang tulus dan selalu berusaha memberi kesan yang baik bagi orang lain maka tidak sulit bagi Anda untuk mendekati orang lain. Siapapun teman yang Anda miliki, Anda akan berusaha mempertahankan hubungan tersebut sampai akhir. 

- Anda adalah sosok yang menikmati persahabatan, dan Anda tidak punya maksud terselubung ketika menjalin hubungan dengan mereka. Intinya, Anda adalah orang yang suka menghabiskan waktu untuk bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi. Pendekatan Anda yang ramah pada orang lain menyebabkan Anda memiliki banyak kawan. Kawan Anda menganggap diri Anda adalah sosok yang bisa diandalkan karena niat persahabatan Anda yang tulus.

- Dan dikarenakan Anda adalah orang yang punya kegigihan dalam menjalin hubungan dengan orang lain, maka maka mereka juga siap sedia untuk membantu Anda ketika dibutuhkan. Meskipun Anda sudah menikah dan punya keluarga, Anda tetap tidak melupakan kawan lama Anda. Namun harus hati-hati dikarenakan sikap Anda yang tulus dalam persahabatan bisa dimanfaatkan oleh kawan Anda sendiri untuk tujuan pribadi. 

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalin hubungan dengan orang lain lakukan hal-hal berikut ini:

- Sikap Anda untuk menjadi diri sendiri sudah benar karena dengan demikian Anda lebih percaya diri dan orang lain bisa melihat keaslian dalam diri Anda. Hal seperti ini patut dipertahankan dalam segala situasi.

- Sikap Anda yang tulus dalam membangun persahabatan akan membawa reputasi Anda menjadi lebih tinggi. Hargai setiap orang yang dekat di hati Anda.

- Dikarenakan Anda adalah orang yang tulus dalam membangun sebuah hubungan maka ketika menjalin asmara, pelajari dulu karakter calon pasangan Anda sebaik-baiknya sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pasangan resminya. Dengan demikian akan menghindari Anda dari patah hati.  

Dalam mengelola keuangan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah orang yang hati-hati ketika mengurus keuangan. Sebelum memutuskan untuk menginvestasikan sesuatu, Anda butuh sebuah jaminan bahwa uang yang Anda keluarkan akan aman. Dan dikarenakan faktor ini, maka Anda tidak mau mengambil resiko sebelum Anda mempelajari seluk-beluk bidang yang Anda investasikan. Kebanyakan investasi Anda adalah investasi yang aman dan bersifat jangka panjang, misalnya seperti properti, atau saham jangka panjang.

- Anda adalah orang yang hati-hati dalam bertindak sebelum menginvestasikan uang Anda. Ketika Anda menginvestasikan dana pada sebuah pasar saham yang bersifat jangka pendek, maka ketika kondisi pasar sedang tidak baik maka Anda mudah menjadi takut dan kalap. Sebaliknya ketika kondisi pasar sedang membaik, dan naiknya harga melebihi ekspektasi Anda maka Anda juga terburu-buru untuk menjual. 

- Anda hanya merasa aman ketika melakukan investasi yang bersifat jangka panjang dengan keuntungan yang kecil, itulah sebabnya Anda sering melewatkan sebuah kesempatan emas ketika datang keuntungan besar dalam investasi jangka pendek. Hal ini disebabkan Anda menyukai sesuatu yang pasti-pasti saja. Dan dikarenakan faktor ini, maka Anda sulit untuk bisa menjadi orang yang kaya mendadak. Anda tidak suka akan resiko ketika menginvestasikan dana ke bisnis yang tidak stabil. Padahal, seringkali seorang milyuner di dunia ini adalah orang yang menyukai sebuah resiko. Tapi bagi Anda, sesatu yang aman dan stabil adalah pertimbangan pertama ketika berinvestasi. 

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam mengelola keuangan lakukan hal-hal berikut ini:

- Sebelum mengambil keputusan, tunggu dan analisalah seluk beluk dari investasi yang hendak Anda lakukan. Keputusan yang matang dan mempertimbangkan secara seksama sisi positif dan negatif memang sangat diperlukan.

- Cobalah mengikuti kursus atau seminar mengenai perencanaan keuangan dan manajemen investasi. Ini adalah ketrampilan yang harus Anda miliki.

Kelebihan dan Kekurangan Day Master Bing:

- Kelebihan : kreatif, murah hati, ekspresif, optimis, punya ketekunan, percaya diri, ramah, bersemangat, punya komitmen dan setia.

- Kekurangan : cenderung egois, kolot, suka berwaspada, kurang realistis, suka memikirkan diri sendiri, sekali punya kebiasaan tertentu sulit untuk diubah.