Skip to main content
Loading...

Day Master Yi 乙 • Kayu Yin 阴木

Day Master Yi Kayu Yin

Dalam Bazi Yi 乙 digambarkan sebuah bunga, rumput, atau tanaman yang merambat. Fungsi dari tanaman ini untuk mempercantik rumah atau sebuah pemandangan. Yi memiliki elemen Kayu Yin 阴木. 

Seseorang yang dilahirkan dengan memiliki Day Master ini memiliki karakter sebagai berikut:

- Sama seperti sebuah bunga atau tanaman yang eksotis, seseorang yang memiliki Day Master ini mementingkan sebuah penampilan yang menawan, dan kerapian. Anda adalah sosok yang kalem, menyukai keanggunan dan sopan santun. Anda bisa tampil menarik, pandai memikat dan berbicara manis di depan orang lain. Anda adalah orang yang ekspresif dan kreatif, serta berhati-hati dalam berpikir. Ketika Anda sedang berkumpul dengan banyak orang, Anda akan memperhatikan hal-hal yang detil atas penampilan Anda dan bersikap sopan agar disukai oleh banyak orang.

- Dan karena Anda adalah sosok yang berpikir tajam, maka pandai mengatur kata-kata dalam berbicara. Inilah sebabnya seseorang yang lahir dengan Day Master ini punya bakat menjadi seorang komunikator yang baik dan pandai berdiplomatis. Kadangkala, orang-orang di sekitar Anda merasa terintimidasi dengan kepandaian Anda ini. Ketika Anda sedang berdiskusi dengan orang lain, Anda mudah menerima opini orang lain agar untuk menjaga sebuah hubungan yang baik meskipun Anda sebenarnya tidak setuju dengan mereka. Kelebihan dari Day Master ini adalah bisa berpikir dan memutuskan sesuatu dengan cekatan, ketika dibutuhkan solusi dari sebuah situasi yang tidak baik.  

- Anda adalah sosok yang tidak menyerah dengan keadaan dan siap berjuang keras. Ketika orang lain sudah menyerah, Anda masih tetap berdiri untuk mencapai tujuan. Hal ini dikarenakan, Anda adalah orang yang mudah beradaptasi dengan keadaaan dan tahu bagaimana untuk menyesuaikan diri di setiap perubahan. Ketika situasi sedang berubah, Anda bisa langsung bergerak dengan cepat untuk mengatasinya. Intinya, Anda tahu bagaimana untuk tetap bertahan hidup meskipun berada dalam kondisi yang sesulit apapun. Dikarenakan karakter Anda yang bisa bergerak dan berpikir cepat, maka kadangkala orang-orang sekitar Anda menganggap Anda adalah sosok yang licik dan manipulatif. Bahkan kadangkala Anda harus ‘mengorbankan’ orang lain demi tujuan Anda bisa tercapai. Itu sebabnya Anda perlu meninjau kembali setiap pemikiran dan keputusan yang Anda ambil agar tidak sampai membawa kerugian pada orang lain. 

 

Untuk memperbaiki kulitas karakter diri Anda lakukan hal-hal berikut ini:

- Anda harus bisa terus bersikap manis pada orang lain, namun lakukanlah dengan tulus agar jiwa Anda semakin matang dan kaya.

- Ketika sedang berdiskusi dengan orang lain, boleh saja menerima pendapat mereka. Namun ketika terjadi perbedaan pandangan yang mendasar, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan pandangan Anda dan komunikasikan secara diplomatis agar tidak ada orang yang ‘tersakiti’.

- Sebelum Anda memutuskan sesuatu, coba pikirkanlah dengan matang dan jangan buru-buru mengambil keputusan. Pertimbangkan sebaik-baiknya sisi positif dan negatifnya agar tidak ada orang yang dirugikan.


Dalam menjalankan pekerjaan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah orang yang sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dalam pekerjaan. Ketika usaha Anda membutuhkan sebuah manuver keputusan dengan cepat, maka Anda adalah sosok yang bisa diandalkan dalam urusan seperti ini. Itulah sebabnya Anda memiliki banyak teman yang bisa mensuport Anda, karena mereka anggap Anda adalah sosok yang bisa diandalkan. Anda adalah orang yang kaya wawasan, kreatif dalam bekerja dan bisa berpikir dalam sudut pandang yang lain sebelum mengambil keputusan. Namun untuk menjalankan semua ide tersebut, Anda tidak bisa bekerja sendirian, seringkali membutuhkan dukungan dari orang lain. Agar ide tersebut bisa terlaksana.

- Anda adalah orang yang mudah bosan dalam sebuah pekerjaan yang rutinitas dan ketika Anda sudah kehilangan antusiasme dalam bekerja maka Anda akan mencari sebuah pekerjaan yang lain. Ini sama seperti sebuah tanaman rambat yang mencari cara untuk mendapatkan cahaya mentari di sisi yang berbeda.

- Anda punya kelebihan dalam hal komunikasi, bahkan Anda bisa meyakinkan orang lain dengan mudah. Hal seperti ini bisa dimanfaatkan ketika Anda menawarkan sebuah produk ke orang lain, dimana mereka asal percaya dengan apa yang sudah Anda omongkan tanpa menyadari kelemahan dari produk yang dijual tersebut.

- Anda juga adalah sosok yang pandai melihat orang lain, bisa memberi penilaian baik buruknya mereka. Ketika Anda menjadi seorang pimpinan, maka kelebihan ini bisa dipakai untuk mencari karyawan yang sesuai dengan talentanya masing-masing. Kharisma ini yang bisa membuat bawahan Anda merasa bahagia ketika bekerja dengan Anda. Namun sisi negatifnya adalah ketika orang lain terbujuk dengan kharisma Anda demi suatu tujuan yang tidak baik, maka mereka akan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut.

- Ketika Anda menghadapi sebuah lingkungan pekerjaan yang baru maka Anda adalah orang yang pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru tersebut. Anda tahu bagaimana cara menghadapi orang lain agar bisa disenangi, tidak untuk ditakuti.

- Anda adalah orang yang suka membangun sebuah jaringan kerja atau beraktivitas sosial bersama dengan banyak orang. Hal ini juga Anda lakukan untuk urusan keluarga, bisnis dan lain sebagainya. Itulah mengapa Anda adalah orang yang suka pergi mengajak orang pesta, kumpul bersama atau sekedar nongkrong

- Anda adalah sosok yang suka mengajari orang lain dan membantu meningkatkan kualitas diri mereka. Ketika Anda menjadi seorang pimpinan, Anda bisa membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

     
Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalankan pekerjaan, lakukan hal-hal berikut ini:

- Karena Anda adalah orang yang mudah bosan dengan suasana yang monoton, maka coba kreasikan terus pekerjaan dan bisnis Anda dengan cara yang lain agar Anda terpacu semangatnya terus untuk bekerja lebih baik lagi.

- Ketika Anda menjadi seorang pimpinan, berikan ruang bagi bawahan Anda untuk berkreasi terus dan jangan memonopoli cara mereka bekerja dengan demikian mereka akan menunjukkan sisi yang terbaiknya.

- Tetap jalinlah hubungan yang baik dengan bawahan Anda dengan demikian Anda akan memperoleh hasil yang lebih besar lagi.

 

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Ketika berhubungan dengan orang lain, Anda cenderung memiliki idealisme yang tinggi dan cenderung memaksakan ide Anda ini pada orang lain. Anda kurang bisa mentoleransi pandangan orang lain seperlunya, hal ini yang menyebabkan orang lain kadangkala kurang merasa nyaman dengan Anda. 

- Ada kecenderungan Anda suka menggurui orang lain. Ketika Anda mengerjakan sesuatu karena punya daya juang dan fleksibilitas yang tinggi, maka Anda tidak bisa mentoleransi orang lain yang mudah menyerah khususnya mereka adalah orang dekat Anda.  

- Anda adalah sosok yang suka akan reputasi dan penilaian orang lain. Dalam sebuah diskusi ketika terjadi perbedaan pandangan, maka demi reputasi diri Anda cenderung memaksakan pandangan Anda sehingga menyebabkan diskusi menjadi panas karena Anda merasa pandangan Andalah yang paling benar. Dan tentu saja, orang lain juga tidak bisa menerima ini, dan itulah sebabnya Anda tidak bisa mempertahankan hubungan yang harmonis secara jangka panjang dengan orang lain.  

- Secara naluriah, Anda memiliki karakter yang licik sehingga akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Tanpa Anda sadari, Anda bisa ‘menginjak’ orang lain tanpa mempedulikan perasaannya. Orang lain merasa tersakiti dengan sikap Anda yang manipulatif. Dalam menjalani hubungan, awalnya Anda bisa bersikap manis, namun berjalannya waktu Anda bisa bersikap seperti seseorang yang ‘bertangan besi’


Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalin hubungan dengan orang lain lakukan hal-hal berikut ini:

- Cobalah sering banyak mendengarkan pendapat orang lain sebelum Anda mengambil sebuah keputusan karena hanya dengan cara inilah Anda bisa mengambil keputusan yang terbaik.

- Jangan suka mengintervensi pekerjaan orang lain, berilah mereka sebuah kebebasan untuk berpikir dan bertindak, dengan demikian Anda akan mendapatkan yang terbaik.

- Jangan menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan Anda. Selalu pertimbangkan sebaik-baiknya apakah tindakan yang Anda lakukan sekarang berpotensi menyinggung atau merugikan orang lain.


Dalam mengelola keuangan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Dalam mengelola keuangan Anda cenderung mengikuti sebuah bisnis yang sedang populer dan menginvestasikan semua dana yang Anda miliki tanpa mempertimbangkan dengan matang sisi baik buruknya, serta bagaimana cara pengelolaannya. Dan kurangnya wawasan Anda dalam perencanaan investasi ini bisa menyebabkan kerugian ketika Anda menghadapi masalah dalam bisnis, dan harus mengambil keputusan yang penting. Kurangnya wawasan ini menyebabkan Anda tidak percaya diri dalam mengambil keputusan karena keputusan yang Anda ambil nantinya bisa berubah-ubah terus.

- Ada kecenderungan Anda suka melakukan investasi yang beresiko tinggi dan hanya mengandalkan sebuah keberuntungan saja. Dalam sebuah manajemen keuangan, Anda cenderung membiarkan orang lain yang mengambil keputusan buat Anda. Ketika Anda sudah mempercayakan keputusan penting dalam investasi pada seseorang maka Anda akan sepenuhnya mempercayai mereka tanpa pertimbangan yang lebih obyektif.  

- Ketika Anda dihadapkan pada situasi yang buruk dalam investasi Anda maka seringkali tidak tahu bagaimana caranya untuk tetap bertahan hidup. Keputusan yang Anda ambil nantinya malah memperburuk situasi yang ada. Oleh sebab itu hindari sebuah tawaran investasi yang mengiming-imingi keuntungan yang besar namun tanpa Anda sadari semuanya itu adalah tipuan.


Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam mengelola keuangan lakukan hal-hal berikut ini:

- Konsultasikan cara pengelolaan keuangan Anda pada orang-orang yang memang ahli dibidangnya.

- Cobalah menambah wawasan Anda dengan mengikuti kursus atau seminar cara pengelolaan keuangan dan investasi secara benar.

- Jangan mudah terayu dengan sebuah tawaran investasi yang menarik dan menjanjikan keuntungan besar tanpa Anda pelajari semuanya dengan seksama.

 

Kelebihan dan Kekurangan Day Master Yi:

- Kelebihan : Sopan pada orang lain, bisa bersikap elegan, ulet dalam bekerja, pandai berkomunikasi, bisa menyesuaikan diri dengan keadaan, punya wawasan yang luas, tenang dan suka akan hal-hal yang detil.

- Kekurangan : kompetitif, suka manipulatif, mudah tergantung pada orang lain, suka mencari perhatian, cenderung keras kepala, suka bermain sandiwara, kurang percaya diri.