Skip to main content
Loading...

Hexagram 54 雷泽归妹

Pic Hex. 54

Hexagram 54 Lei Ze Gui Mei 雷泽归妹 terdiri dari Trigram atas Zhen 震 yang mewakili seorang Pria yang sudah berumur, dan Trigram bawah Dui 兑 yang mewakili seorang gadis yang masih muda. Gabungan dari keduanya memberi sebuah gambaran seorang pria yang menikahi seorang gadis. Di jaman Tiongkok kuno dulu sudah lazim dimana seorang pria boleh menikahi lagi dengan seorang gundik. Namun, seringkali pernikahan ini adalah pernikahan yang tidak diinginkan oleh pihak gadis yang dinikahi. Mereka terpaksa menikah karena tidak ada pilihan lain, karena jaman dulu pernikahan seperti ini dijodohkan atau karena sebab tertentu, misalnya sang pria adalah orang yang kaya dan menjadi pejabat sehingga ada orang tua yang memaksa anaknya untuk menikahi pejabat tersebut dengan harapan kehidupannya bisa lebih baik. Itulah sebabnya Hexagram ini disebut Gui Mei 归妹 yang diartikan gadis yang kembali (pada pernikahan karena terpaksa). Sama halnya dengan jaman sekarang dimana seorang cowok terpaksa menikahi ceweknya karena tiada pilihan lain karena sudah menghamili pacarnya :)

Kata Gui 归 pada nama Hexagram ini diartikan kembali. Mengapa kok kembali? Karena ada sesuatu yang rusak, pecah, berubah pikiran atau tidak tepat. Jadi setiap kali Anda meramalkan masalah Anda kemudian mendapatkan Hexagram ini, maka itu berarti pada akhirnya ada sesuatu yang kembali lagi ke posisi awal atau berbalik lagi ke kondisi yang semula. Sama halnya perumpamaan di atas, seorang gundik yang mungkin saja terpaksa meninggalkan kekasihnya dan harus kembali menikahi sang Pria yang sudah cukup tua karena sudah dijodohkan. Jadi bila Anda sedang meramalkan istri Anda yang minggat dari rumah dan mendapatkan Hexagram ini, maka tenang saja pada akhirnya dia akan kembali lagi :) kira-kira begitu...

return

Bila Anda meramal sesuatu ketika ingin membeli barang dan mendapatkan Hexagram ini, maka itu berarti produk yang Anda beli akan rusak ketika diterima atau tidak sesuai dengan harapan sehingga akhirnya Anda harus mengembalikannya. Bila Anda bertanya apakah saya boleh pindah pekerjaan dan mendapatkan Hexagram ini maka itu berarti meskipun Anda nantinya akan pindah pekerjaan, pada akhirnya tidak cocok dengan pekerjaan baru dan kembali bekerja di perusahaan lama. Intinya adalah, apa yang Anda dapatkan nantinya tidak sesuai dengan harapan dan akhirnya harus balik lagi ke yang pertama kali karena yang awal itu malah lebih baik daripada yang akhir. Itu kira-kira makna dari Hexagram ini.