Skip to main content
Loading...

Hexagram 62 雷山小过

Pic Hex. 62

Hexagram 62 Lei Shan Xiao Guo  雷山小过 terdiri dari Trigram atas Zhen 震 yang mewakili tantangan atau ketidak-pastian, sedangkan Trigram bawah Gen 艮 mewakili kestabilan. Gabungan dari keduanya menandakan seseorang yang tidak punya keberanian atau keteguhan hati. Di satu sisi dia menginginkan kestabilan, keamanan, dan kenyamanan. Namun di sisi lain, dia harus menghadapi tantangan pada sebuah masa depan yang belum pasti. Oleh sebab itu dalam Hexagram ini sendiri sudah terjadi sebuah konflik atau dilema, dimana ia tidak tahu apakah harus maju atau mundur? Apakah ia harus mengambil resiko atau tidak? Itulah sebabnya orang jaman kuno dulu memberi nama Hexagram ini Xiao Guo 小过 yang berarti (hanya bisa) melampui yang kecil. Dengan kata lain, tidak berani mengambil langkah besar untuk mendapatkan hal yang besar. Dalam teks kuno Yi Jing, Hexagram ini diumpamakan seperti seekor burung kecil yang dilihat dari posisi atas. Coba Anda perhatikan 2 garis 'Yin' pada posisi Yao ke-5 dan 6, serta 2 garis 'Yin' pada posisi Yao ke-1 dan 2 yang mewakili sayap burung. Dan 2 garis 'Yang' di posisi Yao ke-3 dan 4 adalah badan dari burung itu sendiri. Lantas, apa maksudnya? Kondisi dimana ketika Anda mencoba mendekati seekor burung, maka apa yang akan terjadi? Burung tersebut akan terbang lari. Dan meskipun ia terbang, juga tidak bisa terbang jauh di ketinggian. Perumpamaan ini yang dipakai dalam peramalan Yi Jing pada Hexagram ini, yaitu kondisi dimana seseorang yang sudah tidak punya nyali, sehingga tidak tahu bagaimana untuk melangkah dan akhirnya malah melarikan diri dari tanggung jawab. Takut-takutan terus kalau keputusan yang diambil itu salah. Anda dihadapkan pada kondisi harus mengambil suatu keputusan yang besar, tapi pada akhirnya yang diambil hanya keputusan kecil karena takut akan kesalahan atau kegagalan. Kira-kira seperti itu maknanya.  

no guts

Pada dasarnya, Hexagram ini bukanlah Hexagram yang bagus karena pencapaian yang Anda dapatkan sangat terbatas. Hexagram ini mengajarkan ke Anda agar punya keberanian dalam melangkah. Kondisi dimana Anda tidak memiliki keberanian, maka Anda tidak memiliki sebuah perayaan kemenangan. Hexagram ini juga menunjukkan seseorang yang dalam kondisi belum stabil, dan dia sering merubah janjinya. Dan karena dirinya belum stabil, maka langkah-langkah yang dia ambil tidak tepat dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dalam Yi Jing, Trigram Kan 坎 juga mempresentasikan 'kehilangan' sesuatu. Coba Anda perhatikan Hexagram ini secara keseluruhan dan dilihat garisnya secara double, 2 garis Yao ke-1 dan 2 adalah 'Yin', dan 2 garis Yao ke-3 dan 4 adalah 'Yang', serta 2 garis Yao ke-5 dan 6 adalah 'Yin', sehingga membentuk gambaran Trigram Kan 坎 yang besar. Semua kerugian yang Anda dapatkan saat ini dikarenakan Anda dalam kondisi yang dilematis dan tidak punya keberanian, sehingga malah lari dari kenyataan dan tanggung jawab. Contohnya Anda sudah menerima sebuah proyek dan menerima uang DP, di tengah perjalanan Anda merasa pekerjaan ini tidak mudah untuk dilaksanakan atau karena suatu alasan tertentu, akhirnya Anda lepas dari tanggung jawab dari kesepakatan awal.

Ketika Anda melakukan peramalan Yi Jing dan mendapatkan Hexagram ini, itu menandakan ada beberapa bagian dari diri Anda yang memiliki masalah tidak punya nyali pada Hexagram 62 ini. Kini saatnya Anda untuk mulai intropeksi diri. Lantas, apa solusinya bila Anda mendapatkan Hexagram ini? Solusinya adalah lakukan hal-hal kecil terlebih dahulu. Jangan sesumbar pada orang lain kalau Anda bisa melakukan hal yang besar. Dan jangan pernah menerima sebuah peranan yang besar. Dalam melakukan bisnis atau pekerjaan, target Anda jangan muluk-muluk, setting target yang kecil saja dulu yang penting masih realistis untuk dicapai sesuai kapasitas Anda. Orang bilang, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit", yang berarti upaya kecil yang dijalankan terus menerus akhirnya akan memberikan hasil. Dan setelah Anda sudah mulai grow up maka saat itulah Anda mulai jalankan hal-hal yang besar.