Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Sejarah Singkat Ilmu Feng Shui





 



 

Sejarah dan Tradisi
Aliran - aliran Feng Shui





Aliran-aliran Feng Shui


Dalam Feng Shui kita mengenal sebuah simbol Yin Yang, yang mana terdapat bagian yang hitam (disebut Yin) dan bagian yang putih (disebut Yang). Kedua bagian tersebut sebenarnya telah mewakili dari 2 pemikiran yang kita sebut dengan Yin Jia (pemikiran Yin) dan Yang Jia (pemikiran Yang) yang mana Yin Jia khusus dalam menyelidiki bagian yang abstrak sedangkan Yang Jia menyelidiki bagian yang kongkret.

Setelah sekian lamanya, para ahli Feng Shui mengkategorikan aliran Yin Jia adalah aliran Feng Shui kompas (Li Qi Pai), mengapa ? karena aliran ini banyak mengevaluasi sebuah tempat yang menguntungkan atau tidaknya dari hasil pembacaan kompas Feng Shui (Luo Pan) - yang notabene adalah bagian yang abstrak. Sedangkan Yang Jia adalah aliran Feng Shui bentuk (Xing Shi Pai), mengapa ? karena aliran ini khusus mengevaluasi sebuah tempat dari keadaan fisik bangunan dan lingkungan sekitar yang kongkret. Nah, ketika dua aliran ini disatukan kita sebut dengan Yin Yang Jia, yaitu penggabungan dua aliran yang mana sampai sekarang para master Feng Shui sudah mempraktekkannya secara bersamaan.

Sayangnya, ketika jaman terus berubah dan setelah mengalami jatuh-bangunnya sebuah jaman, aliran Feng Shui kompas telah terpecah-pecah menjadi lebih dari 120 macam aliran. Sebagian dari mereka telah musnah - karena tidak memiliki penerus, dan sebagian dari mereka masih tetap exist sampai sekarang. Perpecahan tersebut telah menyebabkan banyak perbedaan pendapat antara sesama master Feng Shui, yang mana ini mungkin juga pernah Anda alami ketika Anda mengkonsultasikan permasalahan Feng Shui Anda pada 2 pakar Feng Shui yang berbeda - ketika mereka membaca kompasnya masing-masing. Tidak dapat dipungkiri dari satu sisi nampak unsur positifnya di sisi lain nampak unsur negatifnya. Berbeda dengan Feng Shui aliran bentuk yang mana perbedaan pendapat tersebut masih jarang sekali terjadi.

Aliran Feng Shui kompas meskipun terpecah menjadi banyak aliran, para pakar-pakar kita sepakat bahwa aliran tersebut bisa dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu :

1. Aliran San He.
Pokok dasar dari aliran ini adalah menggunakan sistem Gan Zhi, yaitu gabungan dari 10 tonggak langit (Tian Gan) dan 12 cabang bumi (Di Zi) yang sering dipakai dalam ilmu ramalan nasib Tiongkok. Sistem ini mengevauluasi keberuntungan rumah seseorang dari gabungan antara Tian Gan dan Di Zi yang menjadi 60 perputaran. Hal kedua yang unik dari aliran ini adalah penggunaan 3 lingkaran kompas yang berbeda, yaitu Di Pan (lingkaran bumi), Ren Pan (lingkaran manusia), dan Tian Pan (lingkaran langit). Masing-masing lingkaran kompas tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam mengevaluasi tempat tinggal seseorang.


2. Aliran San Yuan.
Pokok dasar dari aliran ini adalah menggunakan sistem Yi Jing, yaitu penggabungan antara 8 trigram yang membentuk 64 kombinasi. Sistem ini rupanya cukup populer sampai sekarang, karena banyak sekali buku-buku Feng Shui di pasaran yang membahas metode 8 tipe tempat tinggal (Ba Zhai) dan bintang terbang (Fei Xing) yang konsep dasarnya juga mengambil dari teori Yi Jing.


Penggabungan dari 2 macam aliran ini disebut dengan Zhong He, yaitu metodenya menggabungkan dasar-dasar teori dari San He maupun San Yuan. Satu hal yang menarik dari perbedaan kedua macam aliran ini adalah bahwa penggunaan parameter waktu dari aliran San Yuan, yang tidak dipakai dari aliran San He.


Tidak dapat dihindari bahwa setiap aliran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam metodenya. Apapun aliran yang kita pakai itu tidaklah penting, selama hal tersebut dapat membantu kita dalam meningkatkan keberuntungan tempat tinggal kita. Bukankah begitu ?


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite