Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Feng Shui dan Taoisme





 



 

Sejarah dan Tradisi
Feng Shui Delapan Tipe Rumah





Feng Shui Delapan Tipe Rumah


Dalam beberapa dekade ini, saya melihat begitu populernya Feng Shui Delapan Tipe Rumah, yang lebih dikenal dengan istilah Ba Zhai Feng Shui. Tidak dapat dipungkiri memang aliran dan metode Feng Shui ini banyak digunakan karena caranya yang praktis dan cukup mudah dipakai oleh semua orang. Mengapa ? Karena cukup dengan mengetahui tahun kelahiran seseorang untuk mencari Ming Kua atau angka energi kelahiran yang mana bisa ditentukan seseorang masuk dalam tipe rumah kelompok timur (terdapat 4 tipe rumah) atau kelompok barat (juga terdapat 4 tipe rumah) yang lengkap secara keseluruhan ada 8 tipe rumah sesuai dengan 8 arah mata angin. Lantas ? Setelah diketahui seseorang masuk kelompok timur atau barat, maka dia bisa mencari rumah sesuai dengan arah hadap dan lokasi duduk rumah yang menguntungkan bagi mereka.

Sebenarnya Feng Shui Delapan Tipe Rumah merupakan salah satu aliran kuno yang sudah dipraktekkan sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok, pokok dasar pemikiran dari aliran ini adalah menyelaraskan energi bumi yang kita sebut dengan Di Shu dalam konteks delapan arah mata angin dan Ren Shu dalam konteks tahun kelahiran seseorang yang dikenal dengan Ming Kua. Lalu bagaimana perkembangan ilmu ini dari jaman ke jaman ? Sebenarnya ada 3 kitab klasik Tiongkok yang sudah membahas ilmu ini sejak jaman dinasti Tang dan Song, yaitu : Huang Di Ba Zhai Jing, Huai Nan Wang Jianji Ba Zhai Jing, dan Huang Shi Gong Ba Zhai.

Setelah dinasti Song aliran ini semakin berkembang pada jaman dinasti Ming dan Qing, karena banyak sekali kitab klasik membahas mengenai Ba Zhai, yaitu : Jin Guang Dou Lin Jing, Yang Zhai Shi Shu, Yang Zhai Da Cheng, Ba Zhai Ming Jing, Yang Zhai San Yao, dan masih banyak lagi lainnya. Lalu apa sebetulnya yang mendasari konsep Feng Shui delapan tipe rumah ini ?

Sejatinya, delapan tipe rumah mewakili delapan arah mata angin yang mana delapan arah mata angin ini berhubungan dengan susunan 9 bintang kutub utara (bintang biduk), diagram Luo Shu (grid 3 x 3), dan Ba Gua (delapan Trigram dalam Yi Jing). Studi ini bisa ditelusuri lagi pada jaman dinasti Song yang mana waktu itu terdapat diagram perubahan (Yi Tu) yang dipakai dalam sistim peramalan Tiongkok. Dari diagram ini bisa diketahui bahwa keberuntungan seseorang ditentukan dari tahun kelahirannya yang dibedakan menjadi 2 golongan besar, yaitu kelompok Timur dan kelompok Barat yang berasal dari Ba Gua. Dua golongan besar ini kita sebut dengan istilah Liang Yi (2 bagian), yaitu Tai Yang dan Tai Yin masuk golongan kelompok Barat, sedangkan Xiao Yang dan Xiao Yin masuk golongan kelompok Timur. Kemudian dengan memasukkan 2 golongan tersebut ke angka bintang terbang, maka bisa diketahui bahwa setiap tahun yang mana energi langit yang diwakili oleh 9 bintang kutub utara tidaklah selalu sama, maka seseorang harus mengetahui kapan mereka lahir untuk mencocokkan energi kelahiran tersebut ke dalam kelompok Barat atau kelompok Timur.


Oleh karena itu Feng Shui Delapan Tipe Rumah juga disebut dengan istilah Yi Gua Feng Shui (diagram Yi Jing). Sekarang ini, sebagian pakar kita mendiskreditkan ilmu ini karena metode ini dianggap terlau simple dan mudah, yang mana jikalau kita kaji lebih mendalam banyak hal-hal yang logis yang didapatkan. Salah satu contohnya adalah kitab Ba Zhai Ming Jing yang konon diajarkan oleh seorang guru Taoisme bernama Ruo Guan Dao Ren yang mana ideologi Feng Shui Delapan Tipe Rumah diambil dari guru Yang Yun Song pada dinasti Tang dan telah menjadi kitab klasik yang wajib dibaca oleh para peminat ilmu Kan Yu (Feng Shui) pada masa itu.

Sekalipun mudah penerapannya, ilmu ini dianggap oleh beberapa pakar kita masih layak pakai karena sebuah tradisi aliran yang dapat bertahan puluhan generasi pasti mempunyai dasar-dasar yang kuat dan sukses dipraktekkan hanya saja apakah kita dapat menangkap inti teori tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, dengan semakin berkembangnya arsitektur dan bangunan modern saat ini, dan penataan kota-kota metropolis yang demikian ruwetnya, saya melihat metode Feng Shui delapan tipe rumah menduduki peranan yang penting, karena teorinya yang simple dan mudah dipraktekkan oleh semua orang - bukankah seperti gaya hidup orang modern saat ini ? Pantas saja metode ini bisa cepat diterima oleh semua orang...


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite