Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Perkembangan Kompas Feng Shui (Luo Pan)





 



 

Sejarah dan Tradisi
Feng Shui dan Taoisme





Feng Shui dan Taoisme

Banyak orang bertanya pada saya, darimana asalnya ilmu Feng Shui ? Siapa yang menciptakannya ? Ilmu Feng Shui tentu saja berasal dari negara Tiongkok, sedangkan yang menciptakan ilmu ini adalah para ilmuwan Taoisme sejak ribuan tahun yang lalu. Hanya saja waktu awal-awal ilmu ini terbentuk, masih belum terdapat sistematisasi yang lengkap seperti sekarang. Ok, lalu apa hubungannya antara Feng Shui dan Taoisme sendiri ? Feng Shui adalah sebuah bagian integral dari agama Taoisme di Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.

Seperti yang tercatat pada sejarah bahwa sejak jaman negara berperang (kurang lebih abad 6 SM), pemikiran Taoisme yang diciptakan oleh Lao Zi telah berkembang terus-menerus dari Lao-Zhuang Dao Jia menjadi Huang-Lao Dao Jia. Waktu awalnya Taoisme hanyalah sebatas aliran pemikiran saja, kemudian mulai berkembang menjadi praktek ilmu alam, seperti alkimia, pengobatan, ilmu peramalan, ilmu Feng Shui yang dikenal dengan Wu Shu (5 ilmu seni klasik Tiongkok - Xiang, Bu, Shan, Ming, dan Yi). Waktu itu karena Taoisme masih belum menjadi agama, praktek-praktek ini dilakukan oleh para Fang Shi (seseorang yang mempelajari ilmu alam). Para fang shi inilah yang kelak menjadi para pelopornya berdirinya agama Taoisme.

Setelah jaman dinasti Han, barulah Taoisme mulai terbentuk menjadi sebuah sistematisasi dalam bentuk organisasi, yang memiliki peraturan, pemujaan, tata-upacara,dll yang lengkap membentuk sebuah agama. Mulai dari sinilah Taoisme mulai berkembang biak menjadi pecahan aliran-aliran dari jaman ke jaman. Tidak semua para guru Taoisme mempelajari ilmu Feng Shui karena Tiongkok begitu luasnya dan masing-masing memiliki ketrampilan sendiri-sendiri pada bidang apa yang ingin mereka pelajari.

Bukti-bukti bahwa ilmu Feng Shui adalah bagian dari agama Taoisme adalah :
1. Teori "Tian Ren He Yi" (langit dan manusia menjadi kesatuan), yang mewakili istilah Kan Yu (istilah awalnya sebelum istilah Feng Shui diperkenalkan) adalah konsep dari Taoisme.
2. Teori-teori dasar Feng Shui, seperti : Yin-Yang Wu Xing, sistem Gan-Zhi, sistem Yi Jing, teori He-Tu Luo Shu, 28 konstelasi langit, dll adalah hasil penemuan dari para Fang Shi - yang notabene adalah nenek moyang para guru Taoisme.
3. Pada dinasti Han akhir, sekitar abad 1 Masehi juga ditemukan kitab manual Taoisme dalam bentuk tata upacara untuk membersihkan energi rumah yang dikaitkan dengan praktek Feng Shui saat itu, dan kitab manual sejenis ini juga terdapat dalam kumpulan kitab suci Taoisme (disebut dengan Dao Zang) yang lain.

4. Jatuh - bangunnya ilmu Feng Shui dari jaman ke jaman juga dipengaruhi dari jatuh - bangunnya agama Taoisme di Tiongkok yang mewakili kebudayaan dan agama asli orang Tiongkok.
5. Berdasar Song - Yuan Xue An, yaitu garis silsilah penyebaran ilmu peramalan (termasuk ilmu Feng Shui), tercatat nama-nama seperti : Huang Shi Gong, Wei Bo Yang, Zhong Li Quan, Ma Yi, Lu Dong Bin, Chen Xi Yi, dst mereka adalah guru-guru Taoisme kuno.
6. Empat penemuan besar dari Tiongkok (kompas, bubuk mesiu, kertas, dan mesin percetakan) disepakati oleh sejarahwan bahwa berasal dari guru Taoisme / Fang Shi - yang mana kompas akhirnya dipakai dalam ilmu Feng Shui.
7. Guru-guru besar Feng Shui yang dikenal sekarang ini, seperti : Huang Shi Gong, Yang Yun Song, Jiang Da Hong telah dianggap figur dewa oleh kuil-kuil Taoisme di Tiongkok oleh beberapa penduduk setempat di tempat kelahirannya.


Sekarang semakin berkembang luasnya ilmu Feng Shui di seluruh dunia, mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui asal-usul ilmu ini dan hanya terbatas pada kalangan akademis dan ahli sejarahwan saja. Seperti aliran Feng Shui bintang terbang yang mendapat banyak sorotan oleh peminat yang belajar saat ini, yang mana jika kita ketahui aliran ini masuk dalam aliran Xuan Kong Pai (aliran Xuan Kong) dan sebenarnya istilah Xuan Kong ini diambil dari kitab Dao De Jing yang ditulis oleh Lao Zi yang tertulis sebagai berikut "...Tong Wei Zhi Xuan, Xuan Zhi You Xuan". Karakter Xuan inilah yang dianggap oleh kalangan akademis saat ini, sebagai inspirasi dalam pembentukan istilah Xuan Kong dalam Feng Shui.

Sekalipun ilmu ini tercipta dari kalangan Taoisme, sejatinya ilmu ini bisa dan boleh dipraktekkan oleh siapa saja dan dari latar belakang apa saja selama Anda mendapatkan manfaat yang besar dengan mempraktekkannya, bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri ?...


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite