Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kota Feng Shui





 



 

Teori dan Praktek
Peranan Yin - Yang Wu Xing dalam Feng Shui





Peranan Yin - Yang Wu Xing
dalam Feng Shui


Ada sebuah fenomena yang menarik yang saya amati beberapa tahun terakhir ini, yaitu banyak sekali orang-orang menggunakan simbol Yin Yang untuk memasangnya sebagai banner ataupun papan reklame di jalan-jalan. Selain itu, simbol ini juga sering saya temui di beberapa buku-buku yang membahas teori Manajemen atau ilmu ekonomi modern, dimana inti dari simbol ini mewakili antara sebuah teori dan praktek yang ada di lapangan. Disini kita tidak membahas teori Yin Yang dalam disiplin ilmu tersebut, tetapi saya ingin memberi sedikit gambaran apa arti dari simbol Yin Yang, yang kita sebut dengan Tai Ji.

Konon, menurut cerita orang-orang kuno dulu, sebelum dunia dan alam semesta kita ini terbentuk, terdapat sebuah ledakan (yang kita kenal sekarang dengan teori big bang) energi yang terpecah menjadi 2 bagian, energi yang ringan menguap menjadi langit, sedangkan energi yang berat mengkristal menjadi bumi (planet). Dua energi tersebut sebenarnya adalah energi Yin dan energi Yang. Yin Yang bisa di artikan sebagai 2 kutub yang berbeda / berlawanan tapi saling melengkapi. Sebuah aksi dan reaksi. Apapun bayangan Anda dalam melihat sebuah benda - hidup / mati - pasti terdapat lawannya.


Jika sekarang siang (Yang), 8-12 jam lagi pasti malam (Yin). Jika Anda memikirkan wanita (Yin), pasti juga ada Pria (Yang). Jika Anda menemukan sektor sebelah kanan (Yang), pasti ada sektor sebelah kiri (Yin). Jika Anda melihat adanya kehidupan (Yang), maka tentu ada kematian (Yin). Dan jika Anda ingin menjual (Yang), terlebih dahulu Anda harus membeli (Yin). Apapun yang Anda temukan pasti terdapat lawannya, maka dari itu jika dunia ini terdapat siang dan malam, pria dan wanita, kanan dan kiri, kehidupan dan kematian, jual-beli disitulah terletak titik keseimbangan. Titik keseimbangan ini kita sebut dengan Zhong He atau berarti keharmonisan di tengah. Bisakah Anda membayangkan akan jadi apa dunia kita ini jika hanya ada siang tiada malam, ada pria tiada wanita, hanya hidup tidak pernah mati ?

Jadi Yin Yang berbicara mengenai sebuah titik keseimbangan. Dari Yin Yang kemudian muncullah 5 unsur, yaitu unsur tanah, unsur api, unsur logam, unsur kayu, dan unsur air. Kelima unsur tersebut masing-masing memiliki 5 peranan, yaitu :

1) Sheng Ru (melahirkan kedalam) :
- Unsur api dilahirkan unsur kayu.
- Unsur kayu dilahirkan unsur air .
- Unsur air dilahirkan unsur logam.
- Unsur logam dilahirkan unsur tanah.
- Unsur tanah dilahirkan unsur api.

2) Sheng Chu (melahirkan keluar) :
- Unsur api melahirkan unsur tanah.
- Unsur tanah melahirkan unsur logam.
- Unsur logam melahirkan unsur air.
- Unsur air melahirkan unsur kayu.
- Unsur kayu melahirkan unsur api.

3) Ke Ru (merusak kedalam) :
- Unsur api dirusak unsur air.
- Unsur air dirusak unsur tanah.
- Unsur tanah dirusak unsur kayu.
- Unsur kayu dirusak unsur logam.
- Unsur logam dirusak unsur api.

4) Ke Chu (merusak keluar) :
- Unsur api merusak unsur logam.
- Unsur logam merusak unsur kayu.
- Unsur kayu merusak unsur tanah.
- Unsur tanah merusak unsur air.
- Unsur air merusak unsur api.

5) Bi He (sesama unsur) :
- Unsur api bertemu unsur api.
- Unsur logam bertemu unsur logam.
- Unsur kayu bertemu unsur kayu.
- Unsur tanah bertemu unsur tanah.
- Unsur air bertemu unsur air.



Tugas dari seorang pakar Feng Shui adalah mencari unsur apa yang baik oleh penghuni rumah, kemudian mencari titik keseimbangannya, seperti dalam teori Yin Yang. Dan dari teori 5 unsur di atas, juga bisa diketahui medan aliran energi Qi dalam rumah mengandung unsur apa dan dalam kondisi seperti apa. Jika semisal rumah kita kekurangan unsur api, maka kita bisa menggunakan unsur kayu (Sheng Ru) dan unsur api (Bi He) untuk memperkuat unsur api dalam rumah. Jika rumah kita kelebihan unsur api, maka kita bisa menggunakan unsur tanah (Sheng Chu), unsur air (Ke Ru) , dan unsur logam (Ke Chu) untuk mengurangi energi unsur api tersebut. Lantas apa yang harus kita lakukan dalam memperkuat maupun melemahkan unsur-unsur tersebut ? Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari penataan ruangan, penataan arsitektur rumah, penataan bentuk dan kontur lingkungan, pemakaian warna, sampai pada penggunaan beberapa produk Feng Shui. Jadi untuk mengoptimalkan Feng Shui tempat tinggal kita, semua harus memenuhi syarat keseimbangan dari 5 unsur, karena jika semuanya sudah seimbang maka keberuntungan itu akan datang dengan sendirinya.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite