Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Bagaimana sistim kerja Feng Shui ?





 



 

Teori dan Praktek
3 Area Penting dalam Feng Shui





3 Area Penting dalam Feng Shui


Dalam setiap konsultasi Feng Shui selama ini, saya selalu meninjau pada 3 area penting dalam setiap rumah, yaitu :
1) Area pintu masuk rumah.
2) Area tempat tidur terutama kepala keluarga.
3) Area kompor rumah.

Mengapa ? Karena ketiga area tersebut begitu penting dalam menganalisan peredaran Qi sebuah tempat tinggal. Ketiga area ini sering disebut oleh para pakar Feng Shui kita dengan istilah Feng Shui San Yao (3 hal utama dalam Feng Shui). Masing-masing area memiliki sifat Qi yang berbeda yang mana kita bedakan berdasarkan Qi yang bergerak (Yang Qi), dan Qi yang diam (Yin Qi).

1) Area pintu masuk rumah
Pintu masuk rumah adalah faktor pertama dan paling utama dalam Feng Shui, karena pintu masuk ini mewakili sebagai mulut Qi (Qi Kou) yang mana kita ibaratkan seperti mulut manusia, apa yang kita makan itulah yang kita dapatkan. Pintu masuk rumah juga berfungsi sebagai perbatasan antara Nei Qi dan Wai Qi, yaitu Qi dari luar rumah masuk ke dalam rumah dibatasi oleh sebuah pintu, ini merupakan titik krusial yang mana setiap orang selalu masuk ke dalam rumah melalui titik perbatasan maka dari itu area ini juga mewakili Yang Qi.


2) Area tempat tidur terutama kepala keluarga
Faktor kedua adalah penataan ruang tempat tidur dan posisi ranjang terutama kepala keluarga. Mengapa harus tempat tidur ? Dalam 1 hari 24 jam, waktu kita terpakai untuk tidur selama 7-8 jam yang mana setelah kita sibuk melakukan aktivitas seharian maka kita ingin mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat memulihkan tenaga kita di esok harinya. Dalam Feng Shui simbol Yin-Yang juga diartikan bahwa setelah bergerak kita diam, dan setelah diam kita bergerak demikian juga setelah kita sibuk dengan aktivitas, maka lelahnya tubuh kita setelah 'bergerak' dapat dipulihkan dengan 'diam' - istirahat / tidur - yang mana pada waktu ini kita membutuhkan energi Qi yang baik dan diwakili dengan Yin Qi.


3) Area kompor rumah
Area kompor adalah faktor terakhir yang kita perhatikan, mengapa harus kompor ? Karena disinilah tempat makanan yang Anda makan! Makan adalah sumber energi kehidupan yang dapat menopang Anda untuk bekerja dan beraktivitas. Makanan yang Anda makan akan menentukan kesehatan Anda sendiri, maka dari itu untuk menjamin kesehatan yang baik, para praktisi Feng Shui selalu memperhatikan lokasi kompor dan mulut kompor untuk menjamin peredaran Qi yang baik ketika kita memasak. Area ini juga mewakili Yang Qi, karena adanya aktivitas disini.


Dalam praktekknya, para pakar Feng Shui kita dapat menggunakan berbagai macam rumusan untuk menentukan ketiga area penting tersebut, seperti :
1) Dalam aliran delapan tipe rumah (Ba Zhai), mencari lokasi Sheng Qi, Yan Nien, Fu Wei ataupun Tien Yi.
2) Dalam aliran Ba Zhai Lima Unsur, mencari posisi ketiga area tersebut kemudian diselaraskan dengan teori 5 unsur, misal pintu utama ada di timur (unsur kayu) maka kita dapat meletakkan tempat tidur dan kompor di selatan (unsur api) - unsur kayu melahirkan unsur api - atau di utara (unsur air) - unsur air melahirkan unsur kayu, dst.
3) Dalam aliran Bintang Terbang (Fei Xing), mencari peredaran bintang dalam rumah beserta analisa 5 unsur untuk mencari susunan bintang yang membawa berkah yang diselaraskan dengan skala waktu.
4) Dalam aliran 24 siklus kehidupan, mencari tanggal kelahiran seseorang kemudian menentukan 24 siklus kehidupannya (masing-masing orang tidak sama) kemudian menentukan ketiga area tersebut pada siklus yang baik.
5) Dalam aliran tiga keharmonisan (San He), mencari tahun kelahiran seseorang kemudian menentukan ketiga area tersebut pada area yang cocok dengan tahun kelahiran yang biasanya kita sebut dengan 12 shio.
6) Dalam aliran Feng Shui 8 karakter (Ba Zi), mencari unsur yang menguntungkan dari susunan 8 karakter seseorang (Tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran) kemudian meletakkan ketiga area tersebut sesuai 8 arah mata angin yang diwakili teori 5 unsur.

Rumusan-rumusan yang dipakai bisa sangat bervariasi dan banyak, sebagian pakar-pakar Feng Shui juga menggabungkan beberapa teori dan sebagian yang lain menggunakan satu macam teori saja. Masing-masing orang akan menentukan berdasarkan 'jam terbang'-nya masing-masing.

Jika ketiga area tersebut telah terpenuhi, maka keberuntungan yang didapatkan dalam rumah akan berlimpah-ruah, seperti yang tertulis dalam sebuah istilah :
- Jika letak area pintu utama baik, maka keberuntungan, kekayaan, dan kebahagiaan akan mengalir lancar dalam rumah.
- Jika letak area kamar tidur baik, maka akan menjamin istirahat yang baik, serta kesehatan yang terjamin.
- Jika letak area kompor baik, maka keluarga akan berlimpah makanan dan kesejahteraan terjamin.

Jadi setiap kali Anda mengkonsultasikan Feng Shui rumah Anda selalu mengaculah pada ketiga area tersebut, baru penataan interior yang lain, seperti ruang keluarga, ruang belajar (untuk anak-anak), ruang kerja, ruang makan, ruang duduk, d an kamar mandi. Jika penataan ketiga area tersebut tidak benar menurut sudut pandang Feng Shui, maka sebaik apapun rumah tersebut Anda tidak dapat 'menjebak' energi yang baik dalam rumah. Metode ini sudah umum dilakukan oleh para master Feng Shui dan seolah-olah telah menjadi prosedur standar dalam melakukan Feng Shui audit tempat tinggal.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite