Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Peranan 'Qi' dalam Feng Shui





 



 

Teori dan Praktek
Tiga Tipe Keberuntungan & Lima Faktor Kehidupan





Tiga Tipe Keberuntungan
&
Lima Faktor Kehidupan


Dalam Feng Shui, kita mengenal ada 3 kekuatan yang mempengaruhi kehidupan manusia, yaitu Tian Cai (Faktor Langit), Di Cai (Faktor Bumi), dan Ren Cai (Faktor Manusia). Ketiga faktor tersebut dijelaskan begitu gamblangnya dalam Feng Shui aliran San Yuan, yang mana kita menyebutnya Tian Yuan Long, Di Yuan Long, dan Ren Yuan Long. Karakter Yuan Long diartikan begitu unik. Kenapa unik ? Karena waktu itu, orang Tiongkok menyebut istilah Yuan adalah sebuah awal atau permulaan, yang mana diluar jangkauan panca indera manusia: awal dari alam semesta. Karena di luar jangkauan panca indera kita - manusia - maka kita juga menyebut istilah Yuan ini dengan istilah Xuan. Xuan adalah sesuatu yang unik atau misterius, misterius karena masih diluar jangkauan kita untuk memahaminya.

Lantas apa yang membuat ketiga faktor tersebut misterius ? Karena tidak ada satu-pun yang kekal didunia ini, perubahan siang-malan, perubahan musim, evolusi flora dan fauna, serta kelahiran dan kematian. Karena tidak ada yang kekal, maka kita menyebutnya ini sebagai Yun (siklus). Dari sinilah kita menggunakan sebuah parameter yang disebut dengan 3 tipe keberuntungan trinitas, yaitu :

1) Keberuntungan langit : keberuntungan langit adalah yang sudah ditentukan oleh Tuhan, bagaimana kondisi kita, seperti kondisi fisik kita, latar belakang keluarga kita, pasangan hidup kita, dsb. Sebagian orang lahir di keluarga yang berada, sebagian yang lain lahir di keluarga yang pas-pasan, dan sebagian yang lain lahir di keluarga yang miskin. Intinya, apapun yang kita peroleh dari keberuntungan tipe ini, jelas - jelas diluar kemampuan dan panca indera kita.


2) Keberuntungan bumi : keberuntungan bumi adalah tempat tinggal dimana kita berada, entah di rumah maupun di tempat kerja, dengan sebuah memanfaatkan pengaruh energi Feng Shui tempat untuk melakukan aktivitas kita sehari-hari. Parameter yang bisa kita pakai disini adalah sebuah kelayakan lokasi dalam menunjang segala macam kegiatan.


3) Keberuntungan manusia : keberuntungan manusia adalah usaha manusia baik secara fisik, pikiran, maupun mental. Segala macam usaha manusia, seperti keuletan, kerja keras, kepintaran, dan semua yang berasal dari individunya sendiri akan menentukan seberapa besar yang akan dia peroleh. Intinya, keberuntungan ini hasil dari diri sendiri.


Jika kita lihat ketiga macam keberuntungan di atas, hanya ada 2 yang bisa dipengaruhi oleh manusia, yaitu keberuntungan bumi dan manusia. Nah, dari sinilah pakar-pakar Feng Shui kita membaginya menjadi 5 faktor, yaitu :

1) Ming, yaitu garis besar hidup kita yang ditentukan oleh Tuhan.


2) Yun, yaitu siklus naik-turunnya nasib seseorang dari tahun ke tahun, seperti sebuah roda yang berputar terkadang kita ada di atas, ada kalanya kita ada di bawah. Ini juga telah ditentukan oleh Tuhan, tapi dalam batasan yang lebih kecil.


3) Feng Shui, yaitu peranan kita sendiri dalam memanfaatkan setiap tempat agar memiliki pengaruh Feng Shui yang baik agar dapat mengoptimalkan keberuntungan kita sendiri.


4) Ju De, yaitu amal dan jasa kita termasuk kelakukan dan sikap kita sehari-hari agar menyempurnakan kita menjadi manusia yang utuh.


5) Du Shu, yaitu proses pembelajaran kita sehari-hari baik formal maupun non-formal, dalam menambah wawasan, pengetahuan, dan pola pikir kita dalam meningkatkan kualitas penghidupan kita sendiri.


Membahas sampai disini maka Anda sudah bisa memahaminya, jika ke lima faktor tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1) Keberuntungan Langit, yaitu Ming dan Yun.
2) Keberuntungan Bumi, yaitu Feng Shui.
3) Keberuntungan Manusia, yaitu Ju De dan Du Shu.

Seperti kita ketahui bahwa segala peristiwa di dunia ini tidak ada yang kekal begitupun juga nasib kita - manusia - yang selalu dikelilingi oleh ketiga macam keberuntungan tersebut. Tidak ada sebuah jaminan dari pakar Feng Shui manapun jika Anda memaksimalkan Feng Shui tempat Anda tinggal, jikalau keberuntungan langit dan manusia Anda sedang turun. Juga tidak ada sebuah jaminan dari seorang peramal nasib, jikalau diketahui keberuntungan langit Anda baik, tetapi keberuntungan bumi dan manusia Anda sedikit. Serta tidak ada jaminan dari diri Anda sendiri, sekalipun Anda merasa keberuntungan manusia - diri sendiri - telah optimal, jikalau keberuntungan langit dan bumi tidaklah mendukung.

Masa lalu telah berlalu, masa yang akan datang sulit dipastikan, genggamlah masa sekarang apa yang bisa Anda lakukan at least 2/3 dari keberuntungan bumi dan manusia. Dan jangan lupa dalam berdoa dan beramal kepada sesama, setidaknya perjalanan hidup yang panjang ini dimulai dari langkah awal yang baik. Sukses selalu buat Anda..........


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite