Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Feng Shui = Millionaire :
benarkah ?





 



 

Teori dan Praktek
Bagaimana sistim kerja Feng Shui?





Bagaimana sistim kerja Feng Shui?


Sebagian dari kalian pasti bertanya-tanya bagaimana sich cara kerja Feng Shui? Dan saya yakin sebagian dari kalian juga masih menganggap bahwa Feng Shui adalah sesuatu yang bersifat takhayul atau mistisme! Jika memang ini yang kalian alami sekarang maka sekarang adalah waktu yang paling tepat bagi saya untuk menjelaskan sistim kerja Feng Shui! Dan saya yakin beberapa dari praktisi maupun pakar Feng Shui yang pernah saya temui tidak banyak dari mereka yang mengetahui bagaimana Feng Shui itu bisa bekerja. Memang penjelasan seperti ini tidak dapat saya utarakan satu atau dua patah kata, tapi setidaknya perjalanan Anda dalam mempelajari (Xue Li), memahami (Ming Li), dan mempraktekkan (Yong Li) aturan dan kaidah Feng Shui menjadi sesuatu yang make-sense lagi!

Saya sering menggunakan kata: Xue Li, Ming Li, dan Yong Li yang mana kata: Li dalam bahasa Mandarin bisa diterjemahkan sebagai suatu aturan, peraturan, atau kodrat alam semesta. Mengapa? Dalam ilmu pengetahuan alam Tiongkok kuno ditegaskan bahwa ketika kita ingin mempelajari alam semsesta ini maka terlebih dahulu kita harus mengerti arti kata Zi Ran (secara alamiah). Lantas apa itu Zi Ran? Ketika kita lapar maka otomatis kita akan makan, itu Zi Ran. Ketika kita berada di kantor pada waktu jam kerja maka kita harus memakai pakaian kantor atau pakaian yang layak untuk bekerja itu juga Zi Ran. Ketika kita sakit maka vitalitas tubuh kita akan lemah itu juga suatu yang Zi Ran. Matahari terbit dari timur dan terbenam di sebelah barat itu masih Zi Ran juga! Indonesia mengenal 2 musim, yang mana kira-kira bulan April - September adalah musim panas dan Oktober - Maret adalah musim hujan ......Zi Ran. Lalu menurut Anda dari gambaran yang telah saya jelaskan apa itu Zi Ran?



Seperti apa yang telah saya uraikan pada artikel: Sejarah singkat ilmu Feng Shui kita ketahui bahwa sebelum kata Feng Shui diperkenalkan pertama kalinya oleh Guo Pu dahulunya ilmu ini disebut dengan Kan Yu. Secara harafiah Kan Yu boleh diartikan sebagai manusia yang hidup sesuai dengan kodrat alam semesta. Kodrat alam semesta ini adalah Li yang sering saya sebut dan tidak terlepas dari definisi Zi Ran. Lebih dari 2000 tahun yang lalu di negara Tiongkok kuno manusia sudah mengetahui bahwa mereka tidak hidup sendiri di bumi ini, artinya bukan berarti mereka menemukan Alien atau UFO (Unidentified Flying Object)…ehm :-) ! Tapi mereka telah mengetahui bahwa hidup mereka ini tidak terlepas dari energi alam semesta baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat! Energi ini lebih kita kenal dengan istilah Qi (dibaca: Chi)! Qi ini telah ada sebelum sejarah manusia tertulis yang mana secara bilogis dengan adanya Qi inilah maka sistim tata surya kita terbentuk. Nah dari Qi inilah baru muncul 2 energi yang berlawanan yang satu adalah Yang Qi (positif) dan yang lain adalah Yin Qi (negatif), seperti halnya teori proton dan elektron yang kita kenal sewaktu kita masih SMU di kelas Fisika / Kimia.

Bagi masyarakat Tiongkok kuno waktu itu, Yin Qi dan Yang Qi inilah yang menyebabkan hidup mereka tidak berada pada jalur yang konstan. Artinya, ada kalanya mereka sehat ada kalanya mereka sakit. Hari ini mereka gembira entah kapan mereka akan mengalami sedih. Ada masa muda juga ada masa tua. Hal ini tidak hanya berlaku bagi situasi dan kondisi yang dihadapi oleh manusia atau makhluk organisme, akan tetapi juga alam semesta kita, buktinya? Ada siang ada malam, ada perubahan musim, semua juga mengalami hal yang sama. Nah dari sinilah manusia 'pintar' waktu itu mencoba untuk meriset alam semesta kita ini untuk membuka sebuah tabir yang masih belum dibuka, apa rumusan yang terjadi dari perubahan-perubahan ini! Lantas apa motif mereka untuk melakukan riset ini? Pada dasarnya masyarakat waktu itu juga berpikir seperti kita yang telah modern: Mereka takut sakit! Mereka takut susah! Mereka ingin mencari sebuah faktor 'X-files' agar menjadikan kuantitas dan kualitas kehidupan mereka lebih baik, at least telah mengurangi sesuatu yang pahit tersebut.

Lantas apa yang membuat segala peristiwa yang kita alami dalam penghidupan ini selalu berubah? Semua ini adalah hasil interaksi dari energi Yin dan Yang ketika bertemu. Ketika energi Yin dan energi Yang bertemu maka terciptalah perubahan baru, yang sering kita sebut dengan Tai Ji. Jadi dengan kata lain Tai Ji adalah sebuah perubahan yang memiliki titik pusat , dapat dimisalkan bumi kita ini yang memiliki poros pada sumbunya akan tetapi bergerak dalam skala rotasi, yang artinya jika sekarang di Jakarta menunjukkan jam 04:58 maka di Los Angeles menunjukkan jam 13:58 dan adalah tidak mungkin dalam ruang yang berbeda antara Jakarta dan Los Angeles tapi memiliki persamaan waktu! Demikian juga dengan ilmu Feng Shui pakar kuno kita telah memahami jika terdapat perbedaan ruang maka pasti terdapat perbedaan waktu, dan jika terdapat perbedaan waktu pasti terdapat perbedaan ruang. Ruang dan waktu inilah yang kita sebut dengan Xuan Kong.




< Previous |---| Next >


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite