Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Tanah


 

Tips Feng Shui Bentuk Rumah
Pedoman Feng Shui Anda ketika membeli rumah hunian.





Feng Shui Bentuk Rumah


‘Manusia membangun rumah dan pada gilirannya rumah membentuk manusia’. Pepatah Feng Shui ini menjelaskan pentingnya bentuk kavling dan rumah. Fotografi Kirlian bisa membenarkan bahwa energi yang dipancarkan oleh materi sesuai dengan bentuk materi tersebut. Ini berarti obyek berbentuk segi tiga memancarkan pola energi dalam bentuk segi tiga; obyek berbentuk tak beraturan memancarkan pola energi yang tak beraturan. Bentuk energi tersebut menyebar ke semua arah seperti efak penyebaran gelombang. Konsep ini telah dikenal oleh pakar Feng Shui di Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.

Para pakar Feng Shui kuno percaya bahwa bila Anda di luar bangunan, Anda dipengaruhi oleh efek gelombang dari energi yang dipancarkan oleh bentuk bangunan, akan tetapi bila Anda berada di dalam bangunan, Anda akan dipengaruhi energi mampat yang dipancarkan oleh bentuknya. Dan ketika kita berbicara mengenai bentuk rumah ataupun tanah, pada dasarnya kita membicarakan seberapa baikah energi Qi yang masuk ke sebuah properti tersebut ditampung.

Dalam konteks Feng Shui, bentuk tanah yang bagus akan memudahkan energi Qi positif untuk berkumpul, yang mana energi positif ini akan bersirkulasi di dalam bangunan dimana kita tinggal. Jadi, jika Anda memiliki bentuk tanah yang bagus maka energi positif akan mengendap lebih lama di dalam bangunan. Namun jika Anda memiliki bentuk tanah yang kurang baik, maka energi positif ini tidak bisa mengendap lama dan mudah terlepas atau berhamburan. Bentuk tanah adalah aspek makro sedangkan bentuk bangunan adalah aspek mikro. Aspek mikro ini tergantung oleh aspek makro. Demikian juga, bentuk bangunan akan menjadi aspek makro ketika Anda membandingkannya dengan tata ruang interior rumah yang menjadi aspek mikronya.

Bentuk kavling tanah yang paling disukai dalam Feng Shui adalah bentuk persegi. Mengapa? Karena bentuk persegi mewakili unsur tanah dalam Feng Shui. Dan sebagai gilirannya, unsur tanah melambangkan adanya kestabilan dan keamanan. Rumah yang stabil dan aman ini akan lebih melindungi dari energi Qi yang negatif. Bentuk kavling persegi panjang adalah pilihan kedua yang disukai dalam Feng Shui walaupun tidak sebagus bentuk kavling tanah persegi. Jika Anda memiliki pilihan, maka lebih baik memilih bentuk kavling tanah persegi panjang yang memanjang ke belakang (vertikal) daripada memanjang ke depan (horisontal) atau melebar. Namun bentuk kavling yang terlalu memanjang ke belakang juga kurang baik karena energi Qi yang masuk ke dalam rumah mudah membeku di bagian tengahnya.

Hindari rumah dalam kavling segi tiga yang batasnya menuju satu titik di belakang rumah. Secara Feng Shui, rumah ini adalah rumah yang paling tidak menguntungkan karena menyatakan tidak adanya masa depan bagi para penghuni kavling tersebut. Selain itu, bentuk kavling segi tiga dikategorikan sebagai unsur api yang mana akan membentuk sudut tajam pada ke-3 sisinya. Sudut tajam ini juga mengakibatkan penghuni rumah tersebut mudah mengalami cedera atau kecelakaan. Siapa yang akan terkena masalah ini? Ini tergantung dari 8 arah mata angin dimana sektor tajam tersebut berada. Jika sudut tajam berada di sektor Barat Laut, maka besar kemungkinan masalah terjadi pada Ayah sebagai kepala keluarga. Jika sudut tajam berada di sektor Selatan, maka besar kemungkinan masalah terjadi pada penghuni perempuan terutama anak putri kedua atau berada di usia pertengahan.



Hindari juga rumah yang berbentuk segi tiga karena rumah seperti ini menyatakan kecelakaan dan kemalangan yang mungkin menimpa penghuni rumah dan ada kemungkinan beberapa anggota keluarga akan mengalami perubahan kepribadian.



Bentuk rumah yang disukai dalam Feng Shui seperti halnya bentuk kavling tanah yaitu bentuk persegi atau segi empat karena energi Qi bisa mengalir lancar di seluruh rumah. Rumah yang memiliki bagian ‘cekung’ seperti bentuk huruf ‘H’ cenderung memiliki pengaruh negatif pada peristiwa yang akan terjadi dan yang terpengaruh adalah anggota keluarga tertentu tergantung bagian rumah mana yang hilang.



Rumah dengan bentuk tak beraturan yang terdapat ‘cekungan’ dan ‘tonjolan’ harus dihindari. Karena bentuk seperti ini menyiratkan penghuni tidak memiliki kemantapan dalam penghidupannya.

1 2 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite