Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Eksterior Pintu Utama


 

Tips Feng ShuiFaktor Luar
Pedoman Feng Shui Anda ketika menilai layaknya lokasi tempat tinggal Anda





Feng Shui Faktor Luar


Setelah tahu keadaan topografi dari suatu daerah, kita bisa menentukan apakah daerah tersebut memiliki energi Qi yang positif dan protektif. Setelah mempertimbangkan keadaan tanah berdasarkan 4 syarat dasar dari Feng Shui yang baik, paling tidak kita telah memilih tempat dengan unsur Feng Shui yang baik. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah energi negatif atau ‘Sha Qi’ yang berasal dari faktor luar lingkungan sekitar; misalnya struktur bangunan, pohon, dan benda yang terlihat dari properti Anda dan bisa mempengaruhi medan energi di rumah Anda. Dalam ilmu Feng Shui, faktor luar ini kita sebut dengan ‘Po Sha’.

Energi Qi yang merugikan ini biasa dikenal sebagai ‘Sha Qi’ dan bisa mengeluarkan pengaruh psikologis terhadap pikiran penghuni yang pada akhirnya bisa mempengaruhi pandangan hidup mereka. Kadangkala efek dari obyek sekitar rumah yang merugikan ini bisa terasa oleh penghuninya, namun kadangkala tidak bisa terasakan. Syarat utama untuk mengevaluasi, apakah obyek disekitar rumah Anda mempengaruhi Anda adalah:


1.

Dimanakah obyek tersebut berada berdasarkan 8 arah mata angin? Misal: Jika rumah Anda menghadap ke arah Selatan dan tepat di depan rumah Anda terdapat tiang listrik segaris lurus dengan pintu utama Anda, maka kita bisa menaksirkan bahwa penghuni perempuan di rumah tersebut (terutama anak perempuan usia 20’an tahun) akan terkena masalah dengan kesehatannya. Jadi langkah pertama Anda adalah menentukan dimana obyek tersebut berada kemudian carilah sektor dimana obyek tersebut ada. Setiap obyek disetiap sektor memiliki pengaruh tertentu pada penghuninya, yaitu sebagai berikut:
a. Sektor Barat Laut akan mempengaruhi Ayah (kepala keluarga) atau penghuni pria yang berusia lanjut.
b. Sektor Barat Daya akan mempengaruhi Ibu atau penghuni perempuan yang berusia lanjut.
c. Sektor Timur akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki paling tua (sulung).
d. Sektor Tenggara akan mempengaruhi penghuni anak perempuan paling tua (sulung).
e. Sektor Utara akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki kedua.
f. Sektor Selatan akan mempengaruhi penghuni anak perempuan kedua.
g. Sektor Timur Laut akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki paling kecil (bungsu).
h. Sektor Barat akan mempengaruhi penghuni anak perempuan paling kecil (bungsu).
Lantas, bagaimana jika obyek merugikan yang Anda temui tidak ada pada anggota keluarga Anda, misal jika terdapat tiang listrik di sektor Selatan rumah Anda, namun Anda tidak memiliki anak perempuan karena anak Anda semuanya adalah laki-laki? Dalam kasus seperti ini efek buruk yang dibawa oleh obyek tersebut akan berkurang.

2.

Seberapa jauh obyek tersebut tampak dari rumah Anda? Jika terdapat menara listrik di depan properti Anda, namun jaraknya puluhan kilo meter dari rumah Anda, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Dalam teks Feng Shui klasik tertulis perkataan, “Jika jarak antara Sha Qi / energi negatif dengan properti Anda adalah puluhan mil maka obyek tersebut tidak akan mempengaruhi Anda”. Kuncinya disini adalah, Anda harus memprioritaskan obyek yang di dekat properti Anda terutama dalam jangkauan mata Anda ketika Anda berada di depan pintu utama rumah.

Dari berbagai macam faktor luar, berikut adalah kasus-kasus properti yang berada pada obyek yang merugikan secara Feng Shui:

1.

Rumah yang terletak dekat gardu listrik akan berpengaruh buruk pada kesehatan penghuni rumah karena frekuensi elektromagnetik yang ditimbulkan gardu diketahui bisa menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan kanker pada orang yang tinggal disekitarnya. Pengaruhnya ini bisa semakin buruk bila pintu utama menghadap langsung ke arah gardu tersebut.

2.

Rumah dekat tiang listrik tegangan tinggi. Rumah yang terletak dekat tiang listrik tegangan tinggi tidak seburuk kasus sebelumnya, akan tetapi frekuensi tinggi yang dipancarkan bisa menyebabkan medan magnet seseorang yang menjadi salah arah sehingga mempengaruhi kejiwaannya atau penyakit dari reaksi pikiran.

3.

Rumah dekat menara pemancar. Menara transmisi dari stasiun komunikasi bisa mempengaruhi sistim saraf orang yang tinggal di dekatnya. Hal ini akan mengurangi efisiensi mereka dan bisa mempengaruhi keberuntungan mereka dalam jangka panjang.

4.

Rumah yang berada di daerah industri akan memiliki pengaruh buruk pada kesehatan penghuni khususnya sistim pernapasan, karena polusi yang dihasilkan oleh pabrik.

Dari keempat kasus yang telah saya paparkan tidak ada solusi terbaik selain pindah ke lokasi lain, karena efek yang ditimbulkan cukup signifikan.

1 2 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite