Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Kamar Mandi


 

Tips Feng Shui Bagian Tengah Rumah
Pedoman Feng Shui Anda ketika menata bagian tengah ruangan rumah.





Feng Shui Bagian Tengah Rumah


Dalam ilmu Feng Shui, alam semesta ini dipercaya terdiri atas 5 unsur, yaitu: unsur air, unsur kayu, unsur api, unsur tanah, dan unsur logam. Bagian tengah dari rumah dianggap memiliki unsur tanah. Unsur tanah memiliki peranan yang penting dalam ilmu Feng Shui, karena tanahlah yang memberi makan hampir semua makanan yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup. Jadi bila unsur tanah dilanggar, maka garis kehidupan akan terpengaruh secara negatif. Oleh sebab itu, bagian tengah atau sektor tengah rumah disebut dengan Tian Xin atau Jantung Langit karena dari sektor ini dapat diketahui keberuntungan keluarga secara umum, serta keutuhan atau keharmonisan keluarga. Sektor tengah rumah memiliki beberapa pedoman khusus yang harus Anda ketahui ketika membeli atau membangun rumah.

Pedoman pertama yang harus Anda ketahui adalah hindarilah membeli atau membangun rumah dengan bentuk tak beraturan dan memiliki cekungan di bagian tengah rumah. Rumah dengan tipe seperti ini tidak memiliki Jantung dan akan mengganggu keutuhan dan keharmonisan rumah tangga.



Pedoman kedua yang harus Anda ketahui adalah bagian tengah rumah dianggap sebagai posisi pusat yang harus Yin atau tenang, diam, dan tertutup agar menjaga kestabilan di bagian tengah rumah. Rumah dengan bentuk tak beraturan dan memiliki atrium di bagian tengah rumah sama saja menciptakan gerakan atau terbuka yang mengakibatkan rumah tersebut kelebihan energi Yang. Hal ini bisa menyebabkan aliran energi Qi di dalam rumah menjadi terganggu dan bisa berpengaruh pada kesehatan para penghuni rumah.



Kasus yang sama juga terjadi ketika terdapat atap terbuka (sky well) yang diletakkan di sektor tengah rumah. Rumah dengan bentuk seperti ini tidak menunjang kesatuan keluarga.



Pedoman ketiga yang harus Anda ketahui adalah dalam ilmu Feng Shui, energi Qi merupakan energi yang bergerak di permukaan tanah. Ruang bawah tanah dianggap cekungan. Ruang bawah tanah dan loteng di bawah rumah akan memiliki pengaruh terhadap anggota keluarga tertentu tergantung pada posisinya. Namun, bila ruang bawah tanah diletakkan di bagian tengah rumah, ini akan menyebabkan tidak bersatunya keluarga karena ruang ini adalah cekungan di tengah rumah.



Pedoman terakhir yang harus Anda ketahui adalah setelah mengetahui peran penting dari sektor tengah atau jantung rumah, maka logislah untuk memperhatikan bagian ini dengan cara menempatkan dalam daerah ini unsur rumah yang aktivitasnya bisa meningkatkan kesatuan keluarga. Oleh sebab itu, penempatan ruang keluarga di sektor tengah rumah akan membantu memelihara keluarga tetap hangat dan akrab. Ruang keluarga harus ditempatkan di sektor tengah atau jantung rumah karena di sinilah semua anggota keluarga berkumpul untuk menikmati kegiatan bersama dan berbagi pengalaman satu sama lain.



Kepala rumah tangga sebagai figur sentral di rumah adalah inti keluarga. Oleh sebab itu, sangat baik untuk menempatkan ruang tidur kepala keluarga di tengah rumah karena akan berfungsi sebagai kekuatan pengikat yang menyatukan keluarga.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite