Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate



Tips Feng Shui Interior Pintu Utama


 

Tips Feng Shui Kamar Tidur
Pedoman Feng Shui Anda ketika megatur posisi kamar dan ranjang.





Feng Shui Kamar Tidur


Dalam ilmu Feng Shui, posisi ranjang idealnya tidak boleh segaris lurus dengan posisi pintu, entah pintu kamar masuk maupun pintu kamar mandi (bagi yang memiliki kamar mandi dalam). Mengapa? Karena posisi energi ‘Qi’ yang masuk akan bertabrakan dengan posisi ranjang dan dapat mempengaruhi kesehatan penghuni. Jika Anda memiliki ranjang yang segaris lurus entah dari depan maupun dari samping pintu kamar mandi ada 2 perbaikan yang bisa Anda lakukan, yaitu: 1. Memindahkan posisi ranjang jauh dari jangkauan pintu. 2. Menempatkan sekat antara ranjang dan pintu yang bertindak sebagai pelindung. Usahakan sekat atau partisi tersebut setinggi pintu kamar masuk atau pintu kamar mandi.



Kasus yang sama juga bisa terjadi ketika pintu kamar tidur segaris lurus dengan pintu dapur dalam jarak yang cukup dekat. Dalam ilmu Feng Shui, pintu merupakan posisi ‘Shui Kou’ atau mulut untuk menarik energi ‘Qi’ yang masuk. Asap masakan yang berasal dari dapur bisa memasuki ruangan kamar tidur dan mempengaruhi kesehatan penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah dengan memasang penutup otomatis di pintu dapur.



Ranjang merupakan unsur penting dalam Feng Shui Kamar Tidur dan harus memiliki pendukung agar yang tidur bisa menikmati istirahat yang baik. Ranjang yang tidak bersandar pada tembok tidak memiliki pendukung dan akan membuat orang yang tidur merasa lelah walaupun telah tidur lama. Perbaikannya adalah dengan mendorong ranjang ke tembok.



Dalam ilmu Feng Shui, kita mengenal adanya istilah: YIN dan YANG. Tidur tergolong dari aktivitas YIN dan dalam hal ini posisi ranjang harus diletakkan di tempat yang memiliki unsur YIN. Oleh sebab itu, bila posisi ranjang kita terletak di tempat yang memiliki unsur YANG akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur, dan akan mempengaruhi vitalitas dan kesehatan penghuni yang tidur di tempat tersebut.



Jendela merupakan unsur YANG dalam ilmu Feng Shui karena jendela mewakili area yang terbuka. Sedangkan tembok merupakan unsur YIN dalam ilmu Feng Shui karena tembok merupakan benda massif, tertutup, dan tidak bergerak. Oleh sebab itu, ranjang harus ditempatkan dengan posisi kepala ranjang dekat dengan tembok atau dinding kamar. Apabila Anda memiliki ranjang yang dibelakangnya terdapat jendela maka perbaikan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang tirai venesia di jendela dengan bilahnya ke atas dan usahakan tertutup ketika Anda sedang tidur.

Sayangnya, ada beberapa orang yang pernah saya temui memindahkan posisi ranjang agar kepala ranjang menghadap arah keberuntungan berdasar tanggal lahir mereka, namun dengan posisi ranjang ditempatkan secara diagonal di depan pojok. Dalam kasus seperti ini, sekalipun kepala ranjang menghadap arah keberuntungan, namun juga akan menciptakan energi negatif atau ‘Sha Qi’ yang mengarah langsung ke posisi kepala. Mengapa? Karena sudut segitiga pada kepala ranjang yang berposisi diagonal akan menyebabkan energi menghilang. Oleh sebab itu, pedoman yang harus Anda ingat dalam Feng Shui Kamar Tidur adalah dengan menempatkan ranjang pada tembok dengan posisi yang vertikal ataupun horisontal dengan ruangan sekalipun mungkin saja arah kepala ranjang tersebut bukanlah arah keberuntungan Anda sendiri. Ini adalah prinsip dasar ilmu Feng Shui!



Kasus lain yang sering ditemui dan diyakini oleh sebagian masyarakat dalam Feng Shui adalah cermin yang di depan ranjang. Banyak orang yang menganggap tabu masalah ini, namun banyak yang tidak memahami alasannya. Dalam ilmu Feng Shui ada sebuah pameo yang mengatakan, “Chuang Tou Zhao Jing, Shen Ti Duo Bing”. Artinya adalah apabila ranjang menghadap ke ranjang, kesehatan akan mengalami gangguan. Mengapa? Karena cermin memantulkan cahaya dan cahaya adalah perpindahan energi. Pantulan cahaya ini akan mempengaruhi medan energi orang yang tidur sehingga tidak bisa istirahat dengan nyenyak. Dan secara otomatis, lama-kelamaan hal ini bisa mengakibatkan orang yang tidur akan bangun dalam keadaan yang lelah dan mudah terserang penyakit.



Hal yang sama juga bisa terjadi, apabila cermin berada di belakang ranjang. Namun yang perlu Anda ingat adalah bukannya cermin yang membawa masalah namun posisi cerminlah yang mempengaruhi dampak psikologis seseorang yang tidur tersebut. Perbaikan untuk kasus ini adalah dengan memindahkan cermin dalam posisi yang tidak merefleksikan ranjang.



Sekalipun jarang ditemui, kasus yang sama juga bisa terjadi apabila terdapat cermin di atas ranjang. Cermin seperti ini memberikan pengaruh secara psikologis kepada orang yang tidur bahwa ia ‘dikuasai’ oleh ranjang setiap kali ia membuka matanya. Perbaikannya adalah dengan memindahkan cermin.



Kasus berikutnya yang harus Anda ingat adalah posisi ranjang yang ruang belakangnya terdapat kompor. Hal ini juga harus dihindari, mengapa? Karena kompor mewakili ‘Yang Qi’ atau energi gerak sedangkan ranjang mewakili ‘Yin Qi’ atau energi diam. Oleh sebab itu bila berdekatan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikannya adalah dengan memindahkan ranjang atau memindahkan kompor.

1 2 3 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite