Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


26 Macam Produk Feng Shui





 



 

Tips dan Trick
Pengobatan Feng Shui: Teori 5 Unsur





Pengobatan Feng Shui: Teori 5 Unsur


Dalam kebanyakan kasus banyak sekali rumah-rumah yang saya nilai berdasar sudut pandang Feng Shui telah terjadi kecacatan dan pelanggaran dari kaidah dan aturan Feng Shui. Dari segi sumber daya yang terbatas seringkali tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pemilik rumah seperti: memindah posisi pintu utama, pindah ke ruangan yang lain, sampai pada merubah letak posisi ruang dapur. Dalam banyak kasus saya seringkali merekomendasikan pengobatan Feng Shui yang sedikit banyak dapat memecahkan masalah-masalah tersebut.

Dalam Feng Shui pengobatan yang kita lakukan ini kita sebut dengan Jie Hua Wu Xing atau merubah kondisi 5 unsur dari lingkungan! Seperti pernah saya tulis pada artikel yang lain bahwa alam semesta kita terdapat sebuah energi yang kita golongkan menjadi 5 unsur, yaitu unsur kayu, unsur api, unsur tanah, unsur logam, dan unsur air. Masing-masing unsur memiliki karakteristik dan obyek yang dipakai. Mengapa harus 5 unsur? Karena Feng Shui pada dasarnya menilai pola energi pada rumah berdasarkan pemetaan energi Qi dari 5 unsur tersebut, sehingga jikalau terjadi kecacatan Feng Shui pada rumah kita sudah pasti terjadi ketidakseimbangan energi pada ke-5 unsur tersebut. Seperti halnya teori TCM atau ilmu akupuntur yang mana setiap manusia terdapat titik aliran energi (Jing Luo) yang mengalir pada pipa transpor melalui titik meridian seyogyanya kita menjaga keseimbangan aliran energi tersebut, karena jika terjadi kesumbatan maka akan menyebabkan timbulnya penyakit! Demikian juga dengan Feng Shui.

Saya akan coba memberikan tips sederhana pengobatan teori 5 unsur tersebut berdasar sebuah obyek:
1) Unsur kayu: tanaman hidup, vas bunga, furniture kayu, dan benda yang terlihat kehijauan, panjang, bulat, serta berkolom-kolom.


2) Unsur api: lilin, sinar matahari, sinar lampu terutama yang berwarna merah, permadani atau karpet merah, dan benda yang terlihat merah, piramid, segitiga, dan tajam.


3) Unsur tanah: batu-batuan, patung pahatan tanah liat, keramik, tembikar, pualam, batu bata, dan benda yang terlihat kuning atau agak kecoklatan, dan berbentuk persegi/panjang.

4) Unsur logam: perabotan rumah yang bahan dasarnya logam: steel, alumunium, stainless, furniture logam, benda pahatan dari logam, jam dinding yang memiliki pendulum, dan benda yang terlihat putih atau keemasan, berbentuk bola atau kubah, serta memiliki keliling dan oval.


5) Unsur air: kolam ikan, air mancur, kolam renang, dan segala benda yang terlihat bersih, bening dan berwarna hitam atau biru serta berbentuk tidak beraturan, bergelombang, dan kurva.


Apapun benda yang kita pakai yang terpenting adalah kita juga menyukai benda tersebut, karena keindahan dari obyek benda yang kita pakai akan menimbulkan energi Sheng Qi (energi kehidupan) dari emosi kita terhadap perspektif ruangan dimana obyek tersebut dipakai! Sekali Anda telah mengetahui ke-5 macam obyek tersebut di atas banyak yang bisa kita lakukan berdasar teori dan rumusan Feng Shui, misalnya:
a. Meletakkan perabotan rumah di ruangan yang tepat.
b. Memilih warna dan bentuk pintu utama rumah.
c. Menentukan bentuk model atap rumah.
d. Memilih gaya arsitektur dan interior rumah.
e. Menggunakan benda-benda tertentu untuk menyapu energi buruk di sebuah tempat.
f. Memasang karpet atau warna lantai yang harmonis.
g. Meningkatkan energi kehidupan dalam rumah agar mengoptimalkan keberuntungan penghuni rumah.
h. Memperbaiki berbagai macam pelanggaran Feng Shui dalam setiap sektor ruangan, seperti ruang tidur, dapur, ruang keluarga, dll.

Dalam Feng Shui aliran bintang terbang (Fei Xing) penggunaan pengobatan Feng Shui berdasar 5 unsur tidak dapat dihindari, karena dalam aliran ini, setiap kombinasi antara bintang (Xing Pan) ada yang dapat menimbulkan beberapa masalah, contohnya:
- Kombinasi bintang - bintang yang menyebabkan penyakit, seperti bintang Tan Lang dan bintang Ju Men, bintang Tan Lang dan bintang Lian Zhen, atau bintang Ju Men dan bintang Lian Zhen seringkali diatasi dengan menggunakan unsur logam.
- Kombinasi bintang - bintang yang menyebabkan perampokan, seperti bintang Lu Cun dan bintang Po Jun, bintang Wu Qu dan bintang Po Jun seringkali diatasi dengan menggunakan unsur air.
- Kombinasi bintang - bintang yang menyebabkan terjadinya kebakaran, seperti bintang Ju Men dan bintang You Bi, bintang Po Jun dan bintang You Bi, bintang Lian Zhen dan bintang You Bi, seringkali diatasi dengan menggunakan unsur tanah.
- Kombinasi bintang - bintang yang menyebabkan pertengkaran atau permasalahan hukum, seperti bintang Ju Men dan bintang Lu Cun, bintang Lu Cun dan bintang Zuo Fu, atau bintang Lu Cun dan bintang Wen Qu, seringkali diatasi dengan menggunakan unsur api.

Sekalipun terdapat puluhan kombinasi bintang - bintang, tapi semuanya masih merujuk pada teori 5 unsur di atas, dan inilah fungsi dari pengobatan Feng Shui karena sekali kita meletakkan benda-benda atau obyek yang mewakili 5 unsur tersebut maka diharapkan rumah kita dapat mencapai titik keseimbangan energi sehingga menimbulkan situasi yang harmonis.


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite