Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Tips Feng Shui 2011





 



 

Tips dan Trick
26 Macam Produk Feng Shui





26 Macam Produk Feng Shui


2. Produk Feng Shui yang dipercayai dapat memberi perlindungan dan kedudukan:

a. Cermin Feng Shui: Cermin yang bagus bahan dasarnya adalah alumunium dan silver, tetapi seiring dengan mahalnya harga bahan dasar ini maka banyak cermin yang ada dipasaran menggunakan bahan dielectric. Cermin memiliki pengaruh dalam menangkap atau memantulkan sebuah energi. Praktek ini awalnya lebih banyak dipakai oleh master Taoisme dalam menangkal berbagai macam energi buruk yang datang dari luar rumah, selanjutnya dikembangkan menjadi 2 macam tipe cermin yaitu cermin cekung dan cermin cembung. Cermin cekung kita pakai untuk menangkap energi baik, dengan asumsi jika depan rumah kita terdapat kantor bank sebagai tempat penyimpanan uang, maka kita dapat menarik energi yang baik tersebut ke dalam rumah dengan menggunakan cermin ini. Cermin cembung dipakai untuk menangkal energi yang buruk (Sha Qi), dengan asumsi depan rumah kita terdapat sudut runcing bangunan tetangga, jalan tusuk sate, instalasi listrik tegangan tinggi maupun pohon. Hal penting yang sering diabaikan oleh para praktisi adalah bagaimanapun juga kita memasang cermin cekung atau cembung, bayangan benda / obyek yang ingin kita tangkap atau kita pantulkan harus terlihat pada cerminnya sendiri, karena kebanyakan orang-orang hanya sekedar memasang tanpa tahu dengan jelas apa maksud sebenarnya dalam memasang cermin ini!


b. Simbol Ba Gua: Delapan arah mata angin yang kita sebut dengan Ba Gua terdiri dari 2 jenis, yaitu Xian Tian Ba Gua dan Huo Tian Ba Gua. Xian Tian Ba Gua juga disebut dengan Yin Ba Gua sedangkan Huo Tian Ba Gua kita sebut dengan Yang Ba Gua. Sebagian besar pemasangan simbol Ba Gua adalah Yin Ba Gua, mengapa? Karena Yin Ba Gua mewakili segala sesuatu energi yang tidak terlihat oleh mata kasar kita dapat kita tangkis atau tolak! Pemasangan Ba Gua umumnya dipakai untuk menangkis segala macam energi yang buruk, seperti sudut runcing bangunan tetangga, jalan tusuk sate, sampai untuk menangkis serangan ilmu hitam atau rumah yang berhantu! Tradisinya, simbol Ba Gua haruslah di berkati di kuil-kuil Taoisme dan untuk beberapa produk harus terdapat simbol Fu (simbol ajimat Taoisme).


c. Luo Pan: Luo Pan atau kompas Feng Shui yang kita pakai disini semata-mata hanyalah sebagai perlindungan bukan pada maksud dan tujuan untuk pembacaan analisa Feng Shui. Ukuran yang kita pakai lebih kecil daripada Luo Pan yang dipakai untuk analisa Feng Shui. Peletakkannya biasanya digantung diluar rumah menghadap ke segala obyek yang buruk, seperti sudut runcing bangunan tetangga, jalan tusuk sate dan juga dapat dipakai di dalam ruangan rumah untuk menangkal energi jahat dari kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5). Jika digantung pastikan sudut selatan kompas berada di atas, dan sudut utara kompas berada di bawah!


d. Simbol Naga: Naga adalah salah satu dari 4 binatang langit yang mewakili sebuah perlindungan dan bantuan dari orang-orang (Gui Ren). Simbol Naga yang dipakai biasanya berupa kuningan atau tembaga yang dipahat! Umumnya para praktisi Feng Shui menempatkan simbol naga ini pada sektor sebelah kiri rumah yang mewakili perlindungan dari kekuatan Naga di sebelah timur. Simbol Naga biasanya juga dipakai dalam menangkis energi jahat dari Tai Sui (Grand Duke Jupiter), dengan asumsi jika rumah kita menghadap ke Tai Sui (setiap tahun berubah) kita bisa menempatkan simbol ini dengan menghadap ke arah Tai Sui atau jika sektor tertentu dalam ruangan rumah perlu dilakukan renovasi dan kebetulan sektor tersebut adalah sektor Tai Sui maka seyogyanya kita memasang simbol ini terlebih dahulu sebelum dilakukan renovasi!


e. Simbol Ki Lun: Umumnya simbol sepasang Ki Lun di tempatkan bersamaan dengan simbol Naga. Jika simbol Naga ditempatkan di sektor sebelah kiri rumah, maka simbol Ki Lun ditempatkan di sektor sebelah kanan rumah. Simbol Ki Lun selain digambarkan untuk membawa perlindungan, juga diartikan untuk membawa keberuntungan materi bagi penghuninya. Simbol ini juga bisa dipakai untuk melawan energi jahat dari bintang Lian Zhen (bintang 5), tiga energi pembunuh San Sha per tahun dan Sui Po caranya dengan cukup menempatkan simbol ini di sektor ruangan yang terdapat ketiga energi tersebut di atas atau hadapkan patung ini.


f. Simbol Pi Yao / Pi Xiu: Di negara Asia, seperti Hong Kong dan Taiwan banyak orang-orang menempatkan simbol ini di depan rumah, karena mereka sangat mempercayai bahwa Pi Yao dapat melindungi segala macam energi jahat dan menarik keberuntungan materi pada rumah. Mitosnya, Pi Yao adalah seekor beruang langit yang khusus dipakai oleh tentara surgawi dalam melawan segala macam kejahatan. Banyak orang yang mempercayai jika kita menemui kesulitan atau mengalami siklus nasib yang buruk maka dengan meletakkan Pi Yao di rumah maka segala kesukaran segera berlalu. Penempatan Pi Yao paling bagus di area yang paling dekat dengan area pintu masuk rumah menghadap ke luar. Kita juga bisa menempatkan Pi Yao untuk melawan energi jahat dari Tai Sui (Grand Duke Jupiter) dan San Sha cukup dengan meletakkan patung ini dengan menghadap ke arah Tai Sui atau San Sha, serta ketika pindah ke rumah baru!


g. Lonceng angin: Salah satu fungsi utama dari produk ini adalah untuk menangkis energi yang buruk berasal dari persimpangan jalan tusuk sate, angin yang kencang, pintu utama yang segaris lurus dengan tangga rumah sampai melawan energi buruk dari kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5) atau memperlemah energi San Sha tahunan. Biasanya lonceng angin seperti ini terdapat ruas pipa batang yang jumlahnya bervariasi, tapi untuk kepentingan di atas carilah yang berjumlah 6 ruas batang, karena angka 6 melambangkan unsur logam dalam Feng Shui! Tempatkan di ketinggian yang ideal dan tidak menghalangi lalu-lalang orang di sekitar tempat itu.


3. Produk Feng Shui yang dipercayai dapat meningkatkan prestasi akademis dan hubungan antar manusia:

a. Pagoda 9 tingkat: Pagoda adalah simbol dari sebuah prestasi akademis, sedangkan 9 tingkat mewakili sebuah kecukupan. Pagoda seperti ini biasanya sering diletakkan pada area yang terdapat kombinasi bintang Tan Lang (bintang 1) dan bintang Wen Qu (bintang 4) yang mewakili sebuah prestasi akademis, atau diletakkan pada sektor Tenggara yang juga mewakili bintang Wen Qu (bintang 4) pada kotak Luo-Shu. Bagi Anda yang memiliki putra-putri yang masih bersekolah, Anda juga dapat meletakkan hiasan ini pada meja belajar mereka agar kelak mereka memiliki prestasi dalam nilai akademiknya!


b. Kuas Tiongkok: Kuas Tiongkok atau yang sering kita sebut dengan Mao Bi memiliki peranan yang sama seperti pagoda 9 tingkat. Kuas seperti ini juga diletakkan pada area yang terdapat kombinasi bintang Tan Lang (bintang 1) dan bintang Wen Qu (bintang 4) yang mewakili sebuah prestasi akademis, atau diletakkan pada sektor Tenggara yang juga mewakili bintang Wen Qu (bintang 4) pada kotak Luo-Shu. Sebagian praktek di negara Asia, penggunaan kuas ini juga harus diberkati di beberapa kuil Taoisme agar kelak dapat memberi pengaruh pada prestasi akademis seseorang.


c. Karakter Shuang Xi: Xi berarti kebahagiaan. Karakter seperti ini biasanya dipajang ketika seseorang hendak melakukan upacara pernikahan agar kelak jalinan jodohnya dapat bertahan sampai di hari tua. Bagi para praktisi Feng Shui, karakter Shuang Xi dapat dipakai untuk meningkatkan atau memperoleh jodoh. Penempatan karakter Shuang Xi biasanya digantung atau ditempelkan pada sektor Yan Nian dari angka Kua atau Ming Kua seseorang atau pada kombinasi bintang 1 (Tan Lang) dan bintang 4 (Wen Qu) yang juga mewakili sektor asmara penghuni rumah. Untuk mengetahui sektor Yan Nian dari Ming Kua, Anda bisa membaca pada booklet kami: 12 Pedoman Feng Shui dalam membeli Rumah.


d. Simbol Bebek Mandarin: Seperti halnya karakter Shuang Xi di atas, sepasang bebek Mandarin seringkali juga dipakai dalam meningkatkan keharmonisan hubungan antara sepasang jodoh. Penempatan simbol ini bisa berupa ukiran, pahatan, atau berupa gambar pada sektor Yan Nian dari angka Kua atau Ming Kua seseorang atau pada kombinasi bintang 1 (Tan Lang) dan bintang 4 (Wen Qu) yang juga mewakili sektor asmara penghuni rumah.


e. Simbol Gajah: Seekor gajah memiliki kemampuan untuk mendengar sampai puluhan mil, dan hal inilah yang dipercayai dapat meningkatkan hubungan komunikasi antar manusia karena inti dari komunikasi adalah menjadi seeorang pendengar yang baik! Simbol gajah biasanya berupa patung ukiran yang berbahan fiber. Sebagian dari simbol ini lebih disukai yang berwarna hijau, karena warna hijau melambangkan keseimbangan bagi tubuh kita agar dapat meredam emosi kita sendiri. Penempatan simbol ini biasanya di area meja kerja atau pada sektor ruangan rumah yang terdapat kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lu Cun (bintang 3) yang dapat menyebabkan perselisihan atau pertengkaran pada rumah tangga.





< Previous |---| Next >


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite