Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Feng Shui, Warna, dan Rumahku ?





 



 

Tips dan Trick
Toilet & Feng Shui





Toilet & Feng Shui


Toilet merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menilai Feng Shui sebuah rumah. Mengapa? Karena kita menganggap toilet adalah tempat pembuangan kotoran yang notabene mengandung energi negatif atau kita sebut dengan Sha Qi. Jaman dulu, setiap rumah di daratan Tiongkok posisi dan letak toilet selalu berada di luar rumah, karena mereka menganggap toilet yang berada di dalam ruangan rumah akan menimbulkan berbagai masalah. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman saat ini, dimana harga tanah semakin tinggi dan terpengaruh oleh gaya arsitektur barat maka 99% setiap rumah letak toilet selalu ada di dalam ruangan rumah. Hal ini masih bisa kita maklumi selama kita masih memperhatikan beberapa kaidah dan aturan Feng Shui dalam peletakkan toilet, serta hal-hal apa yang harus Anda ketahui!

Setidaknya ada 2 hal penting yang harus diperhatikan dalam menilai toilet rumah, yaitu:
1) Saluran pembuangan.
2) Bau.

Toilet mengandung energi Yin, oleh karena itu peletakkannya seyogyanya tidak melanggar kaidah-kaidah umum, sebagai berikut:
a. Untuk bangunan 2 lantai, ruang toilet di lantai 2 tidak boleh sejajar dalam garis vertikal dengan ruang makan di lantai 1.
b. Untuk bangunan 2 lantai, ruang toilet di lantai 2 tidak boleh sejajar dalam garis vertikal dengan ruang dapur di lantai 1.
c. Untuk bangunan 2 lantai, ruang toilet di lantai 2 tidak boleh sejajar dalam garis vertikal dengan ruang kamar tidur di lantai 1.
d. Letak ruang kamar tidur yang tepat bersebelahan dengan ruang toilet.
e. Ruang toilet yang terletak di sektor tengah rumah.
f. Ruang toilet yang terletak lurus dengan posisi pintu masuk rumah.
g. Ruang toilet yang berhadapan dengan ruang dapur.
h. Saluran toilet (bawah tanah) yang keluar melalui letak pintu utama.

Pelanggaran dari kaidah-kaidah di atas biasanya sering menimbulkan masalah pada kesehatan keluarga serta keuangan keluarga. Mengapa? Karena kesalahan peletakkan dalam kaidah di atas biasanya menyebabkan lingkungan di sekitar ruangan tersebut terdapat bau atau gas-gas tertentu yang tidak sehat bagi tubuh kita, hasilnya kita akan sering sakit-sakitan sehingga secara fisik maupun mental kinerja produktivitas kita juga akan menurun. Oleh karena itu, toilet harus sesering mungkin kita bersihkan agar ruangan-ruangan di sekitar toilet tidak begitu terdampak oleh energi negatif ini.


Dalam beberapa aliran Feng Shui, peletakkan toilet juga memiliki perumusan tersendiri dalam menentukan sektor ruangan rumah mana yang kita pakai. Salah satu contohnya adalah dari Feng Shui Ba Zhai (Feng Shui Delapan Tipe Rumah), yang tertulis sebagai berikut:
- "Ya Yu Beng Ming Zi Xiong Fang, Zheng Zu Xiong Shen, Fan Fa Da Fu", artinya peletakkan toilet haruslah berada pada 4 sektor buruk rumah, yaitu: Jue Ming, Wu Kuei, Liu Sha, dan Huo Hai. Untuk mengetahui 4 sektor buruk ini bisa kita lihat dari kelahiran seseorang, dan dalam satu rumah yang terdiri dari beberapa anggota keluarga kita bisa mengambilnya dari kelahiran kepala rumah tangga saja untuk menentukan 4 sektor buruknya agar kita dapat mencocokkan peletakkan toilet ini di sektor ruangan rumah kita sendiri (Untuk mengetahui 4 sektor buruk dan baik bisa Anda baca dan download booklet kami: 12 pedoman dalam mencari rumah). Dari ke-4 sektor buruk tersebut masing-masing juga memiliki makna yang berbeda. Dalam teks kuno Feng Shui peletakkan toilet di ke-4 sektor buruk rumah malah menciptakan keberuntungan, yaitu sebagai berikut:
- Toilet berada di sektor Wu Gui, maka keluarga akan sehat selalu dan sukses.
- Toilet berada di sektor Liu Sha, maka penghidupan akan harmonis dan mantap.
- Toilet berada di sektor Jue Ming, maka keuangan akan mantap dan banyak penolong.
- Toilet berada di sektor Huo Hai, maka keuangan keluarga akan lancar.

Lantas mengapa peletakkan toilet di sektor buruk malah mengundang keberuntungan? Ini merupakan pedoman dasar dari teori dan rumusan Feng Shui bahwa keberuntungan itu datang dari 2 faktor:
1) Hal yang baik kita kumpulkan.
2) Hal yang buruk kita singkirkan.

Karena toilet merupakan hal yang buruk, maka jika kita meletakkan posisi toilet ini di sektor ruangan rumah yang buruk maka hal tersebut sama saja dengan kita menyingkirkan pengaruh negatif dari adanya toilet. Hal demikianlah yang mendatangkan keberuntungan!


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite