Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San Yuan





 



 

Feng Shui Aliran San He
Praktek Feng Shui yang mengutamakan lansekap, letak gunung dan sungai.





Kompas Feng Shui Aliran San He


Tujuh dari sepuluh kali saya melakukan audit Feng Shui, rumah ataupun pemakaman, klien saya kebanyakan bertanya mengenai kompas Feng Shui (disebut: Luo Pan) yang saya bawa. Pertanyaan mereka bervariasi seputar fungsi, arti, dan asal mulanya. Perlu Anda ketahui mengapa, kadangkala, ketika Anda menggunakan seorang ahli atau pakar Feng Shui untuk menganalisa atau mengaudit kondisi dan situasi Feng Shui rumah, kantor, atau bangunan apapun lainnya jawaban dan nasehat antara satu pakar Feng Shui dengan pakar yang lainnya bervariasi dan dalam kasus ekstrem bisa saling bertolak-belakang? Hal ini dikarenakan dalam praktek Feng Shui, terdapat berbagai macam metode atau aliran (approach thinking) yang notabene dari sekian banyak macam aliran dapat diklasifikasikan menjadi 2 sistim utama, yaitu sistim atau aliran San He dan San Yuan. Hal seperti ini, tidak ada bedanya, ketika Anda sakit berat mungkin saja jawaban antara dokter yang satu dengan dokter yang lainnya tidaklah sama. Dokter ahli penyakit dalam mengatakan jawaban A, dokter ahli syaraf mengatakan B, dsb. Oleh karena itu, saya pribadi sangat menganjurkan ketika Anda menggunakan seorang pakar Feng Shui seyogyanya percayakan pada satu orang dan jangan membanding-bandingkannya dengan yang lain, kecuali dalam kasus tertentu Anda tidak memperoleh manfaat yang sebanding dengan apa yang telah Anda keluarkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa jawaban dan nasehat mereka tidak terlepas dari:
1) Metode yang mereka pakai.
2) Tingkat pemahaman dan pengetahuan.
3) Pengalaman atau jam terbang.

Sekarang saya ingin sekali memberikan gambaran dasar mengenai kompas Feng Shui yang dipakai oleh para Master. Dan kenyataannya kompas Feng Shui yang beredar di pasaran ini terdapat berbagai macam variasi, ukuran, dan fungsinya. Percaya atau tidak sekalipun demikian banyaknya lingkaran yang ada di Kompas Feng Shui tidak semuanya dapat dipakai dan terpakai oleh para praktisi Feng Shui. Sebagian dari isi kompas tersebut baru saja tercipta satu sampai dua abad yang lalu. Sebagian yang lain tercipta lebih dari 3000 tahun yang lalu dan kenyataannya banyak beberapa lingkaran kompas Feng Shui yang karena terlalu kuno tidak dipakai lagi oleh para praktisi jaman sekarang!

Di sini kompas Feng Shui dibagi menjadi 2 (dua) aliran utama, yaitu aliran San He dan aliran San Yuan. Kedua aliran ini memiliki bentuk dan fungsi kompas yang berbeda walaupun keduanya bertujuan sama yaitu memetakan energi alam semesta yang disebut dengan Qi (dibaca: Chi) agar dapat memanuvernya dalam tata letak bangunan entah tempat tinggal ataupun pemakaman sehingga mengoptimalkan keberuntungan penghuni atau keturunannya (untuk pemakaman). Dari segi sejarahnya kompas yang ada dimulai dari aliran San He baru lambat laun berkembang atau terpecah menjadi aliran San Yuan walaupun kedua aliran tersebut masih ada dan berdiri masing-masing sampai sekarang. Tips saya jika Anda menggunakan jasa praktisi Feng Shui terlebih dahulu bertanyalah kepada Beliau bahwa aliran Feng Shui apa yang Dia pergunakan, mengapa Dia menggunakan aliran tersebut, dan bagaimana cara Dia menggunakannya. Seperti pertanyaan dasar ketika kita mempelajari sesuatu: What, Why, and How!

Pada sesi ini Saya akan menjelaskan mengenai kompas Feng Shui aliran San He berdasakan posisi letak lingkaran, fungsi, dan sejarah. Kata San He berarti ‘Tiga Keharmonisan’, kata ini merujuk pada sistim Gan Zhi, yaitu 10 Tonggak Langit dan 12 Cabang Bumi sebagai inti dari teori San He. Tiga keharmonisan (San He) dapat diuraikan sebagai berikut:


Pada perkembangan selanjutnya, 10 Tonggak Langit juga dikembangkan menjadi 12 tahap kehidupan, yaitu sebagai berikut:


Setiap bangunan entah tempat tinggal (Yang Zhai) ataupun pemakaman (Yin Zhai) selalu memiliki arah hadap dan arah duduk. Arah ini kemudian dianalisa berdasarkan teori San He yang mana setiap rumusan memiliki aturan mainnya. Dari sekian banyaknya rumusan yang dipakai pada intinya tidak terlepas dari teori 10 Tonggak Langit dan 12 Cabang Bumi.

Pada dasarnya kompas Feng Shui diatur sedemikian rupa dengan cara lingkaran yang paling dalam memiliki peranan yang paling krusial dan semakin posisi lingkaran tersebut berada di luar peranan penting dari kompas tersebut terhadap pemakaiannya semakin berkurang tapi bukan berarti pahamnya adalah the last but not least (yang terakhir tapi bukan yang terkecil) melainkan posisi lingkaran terluar adalah sebagai pelengkap. Dimisalkan lingkaran paling dalam kompas seperti mencari gelombang radio (search channel) maka lingkaran paling luar kompas seperti mencari suara yang paling jernih (fine tune channel) dari gelombang radio yang telah kita pilih! Berikut ini adalah penjabaran kompas aliran San He berdasarkan posisi letak kompas yang Saya urutkan berdasarkan angka:


Kompas Aliran San He – 21 Lingkaran

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite