Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San Yuan





 



 

Feng Shui Aliran San He
Praktek Feng Shui yang mengutamakan lansekap, letak gunung dan sungai.





Kompas Feng Shui Aliran San He


Lingkaran 1: Ba Gua.

Inti dari praktek Feng Shui ada di lingkaran ini! Ba Gua adalah sebuah simbol dari delapan arah mata angin, yaitu: Utara, Selatan, Timur, Barat, Tenggara, Barat Laut, Barat Daya, dan Barat Laut. Setiap sektor arah mata angin memiliki porsi 45°. Simbol Ba Gua telah ada sejak jaman dinasti Zhou (abad 1027 – 221 S.M.) di Tiongkok. Simbol Ba Gua dibedakan menjadi 2, yaitu Xian Tian Ba Gua yang diciptakan oleh Fu Xi (abad 2852 – 2737 S.M.) dan Huo Tian Ba Gua yang diciptakan oleh Raja Wen (abad 1027 – 221 S.M.). Xian Tian Ba Gua melambangkan kondisi sebelum langit dan bumi ini terbentuk, sedangkan Huo Tian Ba Gua melambangkan kondisi setelah langit dan bumi ini terbentuk. Pada umumnya kompas Feng Shui yang ada di pasaran menggunakan Xian Tian Ba Gua, simbol ini terdiri dari:

a. Qian mewakili Langit yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Selatan. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat Laut. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Qian adalah unsur Logam Besar. Sektor ini juga mewakili Ayah.

b. Kun mewakili Bumi yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Utara. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat Daya. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Kun adalah unsur Tanah Besar. Sektor ini juga mewakili Ibu.

c. Gen mewakili Gunung yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat Laut. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Timur Laut. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Gen adalah Tanah Kecil. Sektor ini juga mewakili Putra terakhir.

d. Dui mewakili Danau yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Tenggara. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Dui adalah Logam Kecil. Sektor ini juga mewakili Putri terakhir.

e. Xun mewakili Angin yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat Daya. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Tenggara. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Xun adalah Kayu Kecil. Sektor ini juga mewakili Putri pertama.

f. Zhen mewakili Guntur yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Timur Laut. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Timur. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Zhen adalah Kayu Besar. Sektor ini juga mewakili Putra pertama.

g. Li mewakili Api yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Timur. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Selatan. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Li adalah Api. Sektor ini juga mewakili Putri tengah.

h. Kan mewakili Air yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Utara. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Kan adalah Air. Sektor ini juga mewakili Putra tengah.

Fungsi dari lingkaran Ba Gua sangat luas tergantung dari teori yang dipakai. Pada umumnya dengan mengetahui rumusan tertentu maka kita bisa menentukan arah dan sektor mana yang baik dan kurang baik dari posisi letak arah duduk bangunan. Selain itu dapat juga digunakan untuk menentukan interior, seperti letak pintu, kompor, dapur, dll. Untuk konteks eksterior dapat dipakai untuk menilai baik buruknya posisi gunung, air, sungai, jalan, obyek bangunan tetangga ataupun pohon, tiang listrik, dsb. Dalam praktek Feng Shui untuk rumah beberapa praktisi ada yang menggunakan posisi Ba Gua ini untuk letak kamar tidur masing-masing penghuni, misalnya Putra pertama bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Timur. Putri kedua bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Tenggara. Putra terakhir bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Timur Laut. Dan seterusnya! Hal ini disesuaikan dengan posisi Huo Tian Ba Gua terhadap kamar tidur penghuni.

Lingkaran 2: Yao Sha Pan.

Secara harafiah kata ‘Yao’ berarti sinar matahari. Artinya sinar matahari yang menerangi permukaan tanah. Pada hakikatnya lingkaran ini dapat diinterpretasikan (bukan diterjemahkan) sebagai 8 (delapan) sektor pembunuh. Sektor pembunuh yang dimaksud disini adalah posisi atau letak gunung (dataran tinggi) terutama gunung yang memiliki posisi dan status paling pertama atau yang biasa kita sebut sebagai gunung nenek moyang (Zu Shan). Menurut sejarah berdasarkan buku klasik Feng Shui: Luo Jing Tou Jie, lingkaran ini bari ditemukan sekitar dinasti Ming (abad 1368 – 1644 Masehi). Pada prakteknya lingkaran Yao Sha Pan lebih cenderung dipakai untuk Feng Shui pemakaman (Yin Zhai Feng Shui), yaitu dengan mengetahui letak arah hadap kuburan maka kita bisa menentukan dimanakah letak sektor 8 pembunuh (dalam bentuk gunung). Arah hadap yang dipakai disini adalah 45° sesuai 8 arah mata angin atau Ba Gua pada lingkaran no. 1. Semisal arah hadap kuburan yang disebut adalah menghadap ke Utara maka kuburan tersebut tidak boleh terdapat gunung di sektor Tenggara 1 (112.5° - 127.5°).

Lingkaran 3: Ba Lu Huang Quan Pan.

Secara harafiah, kata Huang Quan berarti mata air kuning. Akan tetapi jika diinterpretasikan (bukan diterjemahkan) huruf Huang Quan merujuk pada air yang ada di alam akhirat (neraka). Pada kenyataannya, alam akhirat yang dimaksud berhubungan erat dengan kebudayaan Tiongkok (khususnya pengaruh agama Taoisme) yang mempercayai bahwa adanya dewa-dewi yang menjaga alam neraka, konon bahwa di alam tersebut terdapat berbagai macam aliran sungai seperti halnya di bumi akan tetapi dari sekian banyaknya aliran air tersebut, aliran air mata kuning (Huang Quan) yang berdasarkan delapan arah mata angin adalah yang paling berbahaya! Pada kompas aliran San He, setidaknya terdapat 5 versi yang berbeda-beda mengenai posisi Ba Lu Huang Quan seperti yang telah diuraikan oleh Master Feng Shui yang bernama Zhao Jiu Feng (abad 1786 Masehi) dalam bukunya Hui Tu Di Li Wu Jue. Fungsi dari lingkaran ini hampir sama seperti lingkaran 2, yaitu Yao Sha Pan hanya saja jika lingkaran Yao Sha Pan lebih fokus pada letak gunung lingkaran Huang Quan berfokus pada sektor terdapatnya aliran air. Lingkaran ini ditemukan pada dinasti Ming (abad 1368 – 1644 Masehi), dan biasanya dipakai untuk Feng Shui pemakaman ataupun untuk tempat tinggal. Dengan menggunakan parameter arah hadap (khusus 8 arah Tonggak Langit dan 4 arah Trigram Ba gua) bangunan rumah atau kuburan, misalnya menghadap ke Utara 1 (337.5° - 352.5°) maka sektor dari Huang Quan berada di Barat Laut 2 (307.5° - 322.5°). Maka seyogyanya jangan terdapat aliran air yang datang atau pergi pada sektor tersebut. Aliran air ini juga dapat disamakan dengan lokasi pintu masuk utama rumah (untuk kasus Feng Shui tempat tinggal).

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite