Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San Yuan





 



 

Feng Shui Aliran San He
Praktek Feng Shui yang mengutamakan lansekap, letak gunung dan sungai.





Kompas Feng Shui Aliran San He


Lingkaran 7: Tan Lang 9 Xing Pan.

9 Xing adalah sembilan bintang kutub utara atau bintang biduk, yang mana dalam kepercayaan Taoisme sembilan bintang tersebut dipercayai dapat mempengaruhi kehidupan dan peristiwa di bumi ini. Kesembilan bintang tersebut adalah:
a. Tan Lang diwakili dengan angka 1 berwarna putih dan berunsur air.
b. Ju Men diwakili dengan angka 2 berwarna hitam dan berunsur tanah.
c. Lu Cun diwakili dengan angka 3 berwarna hijau giok dan berunsur kayu.
d. Wen Qu diwakili dengan angka 4 berwarna hijau dan berunsur kayu.
e. Lian Zhen diwakili dengan angka 5 berwarna kuning dan berunsur tanah.
f. Wu Qu diwakili dengan angka 6 berwarna putih dan berunsur logam.
g. Po Jun diwakili dengan angka 7 berwarna merah dan berunsur logam.
h. Zuo Fu diwakili dengan angka 8 berwarna putih dan berunsur tanah.
i. You Bi diwakili dengan angka 9 berwarna ungu dan berunsur api.

Dari kesembilan bintang di atas kemudian dimasukkan ke dalam 24 sub-sektor arah kompas seperti yang telah kami jelaskan pada lingkaran 4. Kesembilan bintang ini sangat banyak dipakai dalam aliran San Yuan seperti Fei Xing (bintang terbang) dan Ba Zhai (delapan tipe rumah). Dan dalam kompas aliran San He kesembilan bintang tersebut bisa dipakai untuk menganalisa kondisi ekskternal lingkungan terutama gunung mana yang baik dan biasa saja. Setiap sembilan bintang memiliki arti yang berbeda-beda. Pada dasarnya hanya terdapat 7 bintang pokok, karena bintang Zuo Fu (angka 8) dan bintang You Bi (angka 9) dianggap sebagai bintang pembantu, dan pada kenyataannya bintang 8 dan 9 selalu digabungkan menjadi 1, yaitu bintang Fu Bi. Teori 9 bintang kutub utara sebenarnya telah lama ada tapi hanya dimasukkan dalam kompas Feng Shui (Luo Pan) sekitar dinasti Yuan abad 1271 – 1368 Masehi.


7 Bintang Kutub Utara dan 2 Bintang Pembantu (tidak terlihat!)

Lingkaran 8: Tou Di 60 Long.

Lingkaran ini berjumlah total 60 sektor. Setiap sektor mendapat porsi 6°, dan angka 60 didapatkan dari perpaduan antara 10 Tonggak Langit dan 12 Cabang Bumi yang membentuk putaran 60 Jia Zi. Berbeda dengan lingkaran 6: Chuan Shan 72 Long Pan, lingkaran ini berfungsi untuk menganalisa aliran energi Qi (energi alam semesta) melalui deretan (jajaran) gunung yang berada dekat di sekitar bangunan. Praktek dari lingkaran ini lebih difokuskan pada tempat pemakaman (Yin Zhai), karena energi Qi ini dibagi menjadi 5 golongan:
1) Energi yang murni.
2) Energi yang naik.
3) Energi yang dingin.
4) Energi yang punah.
5) Energi yang turun.

Dan seperti lingkaran Chuan Shan 72 Long Pan pembagian dari ke-5 macam energi di atas untuk mencari energi yang murni dan naik. Perbedaannya adalah lingkaran ini untuk mengetahui aliran energi Qi yang meresap dalam tanah tepat di belakang tempat pemakaman. Dengan demikian jika aliran energi Qi tersebut dapat menopang bangunan pemakaman maka medan energi dari tempat pemakaman tersebut akan menyala seperti sebuah lampu menyala yang terpicu oleh aliran listrik. Seperti halnya lingkaran Chuan Shan 72 Long lingkaran ini adalah lingkaran yang penting dalam praktek Feng Shui! Lingkaran ini ditemukan pada jaman dinasti Song oleh master Feng Shui yang bernama Chai Shen Yu pada abad 1135 Masehi.

Lingkaran 9: San Qi Bian Zheng.

Lingkaran ini adalah lingkaran pelengkap dari lingkaran 8: Tou Di 60 Long. Karakter dari lingkaran ini dibagi menjadi 4, yaitu “Zheng” berarti tepat, 3 berarti 3° dari arah?, 5 berarti pembagian antara 2 sub-sektor, dan 7 berarti 7° dari arah? Dimisalkan arah Utara-2 (Zi – Cabang Bumi): 352.5° - 7.5°, maka jika sesuai arah jarum jam adalah “tepat Utara-2”, 7° dari arah Utara-2, 3° dari arah Utara-3, 3° dari arah Utara-2, 7° dari arah Utara-3, kemudian barulah “tepat Utara-3”. Angka 5 selanjutnya berarti posisi arah kompas berada di perbatasan antara Utara-3 dan Timur Laut-1. Dan seterusnya! Dari pengukuran ini para praktisi Feng Shui dapat melihat unsur elemen dan arah yang baik atau tidaknya. Lingkaran ini jarang dipakai dan pada kompas San He tertentu saja yang memakainya. Berdasarkan sejarah kompas San He lingkaran ini baru ditemukan ketika dinasti Qing atau abad 1644 – 1911 Masehi.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite