Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San Yuan





 



 

Feng Shui Aliran San He
Praktek Feng Shui yang mengutamakan lansekap, letak gunung dan sungai.





Kompas Feng Shui Aliran San He


Lingkaran 10: 60 Long Wu Xing Shu.

Lingkaran ini juga pelengkap dari 60 putaran Jia Zi pada lingkaran 8: Tou Di 60 Long. Disini setiap sektor yang memiliki porsi 6° terdapat angka-angka mulai 1 sampai 9 yang mana angka tersebut mewakili unsur atau elemen dari: Logam, Kayu, Air, Api, dan Tanah. Lingkaran ini ditemukan pada dinasti Song abad ke 960 – 1127 Masehi.

Lingkaran 11: Ren Pan Zhong Zhen 24 Shan.

Lingkaran ini adalah salah satu lingkaran yang membedakan antara aliran San He dan San Yuan. Mengapa saya katakan demikian? Karena lingkaran ini ada karena adanya deviasi (penyimpangan) antara medan magnet bumi dengan titik astronomis. Artinya, jika Anda menggunakan kompas (apapun) dan hasil dari pembacaan kompas Anda menunjukkan bahwa Anda sedang menghadap ke Timur akan tetapi posisi Matahari kenyataannya tidak berada tepat di depan Anda. Mengapa? Inilah yang disebut dengan sudut deviasi penyimpangan antara titik utara magnet dengan titik utara astronomis. Demikian juga dengan master Feng Shui kuno telah mengtahui bahwa sudut medan magnet bumi tidaklah sama dengan titik utara astronomis. Akhirnya, pada abad ke 1082 – 1135 Masehi (sewaktu dinasti Song) ditemukannya lingkaran ke-11 yang disebut dengan: Ren Pan Zhong Zhen 24 Shan. Lingkaran ini ditemukan oleh Master Feng Shui bernama Lai Wen Jun atau ada yang menyebutnya Lai Bu Yi. Beliau menulis buku klasik Feng Shui yang berjudul: Li Qi Xue Fa dan Cui Guan Pian. Dan bersama dengan Yang Yun Song (Gan Zhou Feng Shui Xian Sheng), Zeng Wen Zhan, dan Liao Yu mereka berempat di sebut sebagai Guru Agung (Grand-Master) Feng Shui aliran San He. Isi dari lingkaran ini sama dengan lingkaran 4 (Di Pan Zheng Zhen 24 Shan) hanya saja karena terjadi penyimpangan (deviasi) dari medan magnet dan titik astronomis maka setiap sektor (porsi 15°) bergerak melawan jarum jam bersimpangan 7.5°. Jumlah total secara keseluruhan masih terdapat 24 sub-sektor. Fungsi dari lingkaran ini berbeda dengan lingkaran 4, karena jika lingkaran 4 digunakan untuk mengukur arah duduk dan arah hadap bangunan yang paling baik, serta menilai lokasi di daerah gunung utama maka lingkaran 11 digunakan untuk mengukur lansekap (struktur dan kondisi lingkungan) yang terlihat di sekitar area bangunan atau pintu utama. Hal ini dikarenakan kondisi lansekap tidak dipengaruhi oleh medan magnet tapi pada pengaruh astronomis. Pada prakteknya lingkaran ini disebut “She Long Bo Sha” yang berarti menganalisa kondisi Naga (metamofora dari kondisi lansekap) dan menilai segala sesuatu yang muncul dari permukaan bumi. Kondisi lansekap yang dimaksud disini adalah gunung, bukit, bangunan tetangga, tiang lampu, dinding, tower, sampai jembatan. Untuk menggunakan lingkaran ini biasanya master Feng Shui menggunakan formula tertentu dan/atau juga bisa menilainya dari teori 5 unsur. Masing-masing sektor dari lingkaran 11 memiliki unsur yang terdiri dari: Logam, Kayu, Air, Api, dan Tanah. Untuk menilai baiknya sebuah lansekap adalah jika unsur lansekap menunjang unsur dari arah bangunan.

Lingkaran 12: 120 Fen Jin.

Kata Fen Jin berarti pembagian atau derajat pembagian dari sektor. Dalam bahasa Mandarin kata Jin berarti emas atau logam, tapi tidak dapat diartikan sebagai pembagian emas. Ada juga yang mengartikan sektor ini sebagai kantong emas atau tas emas yang menekankan pada kekayaan generasi akan tetapi ini bukanlah interpretasi yang tepat karena sekalipun fungsi 120 Fen Jin sangat penting dalam praktek aliran San He tetapi fungsi dari Fen Jin lebih cenderung mencari titik keseimbangan aliran Qi (energi alam semesta)! Jumlah total secara keseluruhan terdapat 120 sektor, masing-masing sektor memiliki porsi 3°. Angka 120 didapatkan dari 10 Tonggak Langit dan 12 Cabang Bumi yang menjadi putaran 60 Jia Zi dan di ulangi 2 kali sehingga menjadi 120 pembagian yang terdiri dari 5 kualitas sektor dalam menganalisa energi:

a. Sektor ‘Wang’ yang berarti puncak kemakmuran. Terdiri dari 24 Fen Jin dan dianggap sebagai sektor yang bagus.

b. Sektor ‘Xiang’ yang berarti kemakmuran. Terdiri dari 24 Fen Jin dan dianggap sebagai sektor yang bagus.

c. Sektor ‘Ku’ yang berarti kesepian. Terdiri dari 24 Fen Jin dan dianggap sebagai sektor yang harus dihindari.

d. Sektor ‘Xu’ yang berarti kekosongan. Terdiri dari 24 Fen Jin dan dianggap sebagai sektor yang harus dihindari.

e. Sektor ‘Sha’ yang berarti serangan. Terdiri dari 24 Fen Jin dan dianggap sebagai sektor yang harus dihindari.

Pada prakteknya fungsi dari lingkaran 120 Fen Jin lebih banyak dipakai untuk Feng Shui pemakaman (Yin Zhai) lebih khususnya untuk memastikan agar arah duduk batu nisan tidaklah bertentangan dengan astrologi delapan huruf (Zi Ping Ba Zi) dari seseorang yang dimakamkan di tempat tersebut. Bagaimanapun juga lingkaran ini juga dapat dipakai untuk Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai). Untuk menggunakan lingkaran ini adalah dengan cara memastikan arah duduk bangunan berada di sektor yang baik dengan kriteria:

1) Sektor dari Fen Jin jatuh pada sektor ‘Wang’ (puncak kemakmuran) dan ‘Xiang’ (kemakmuran).

2) Unsur dari Fen Jin mendukung atau setidaknya sama dengan unsur arah duduk bangunan.

3) Unsur dari Fen Jin mendukung atau setidaknya sama dengan unsur seseorang yang tinggal di bangunan (tempat tinggal) atau yang dimakamkan (kuburan) berdasarkan tahun kelahirannya.

Berdasarkan sejarah, lingkaran ini ditemukan oleh murid dari Yang Yun Song sekitar abad ke 906 – 960 Masehi pada jaman 5 Dinasti dan 10 Kerajaan di Tiongkok.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite