Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San Yuan





 



 

Feng Shui Aliran San He
Praktek Feng Shui yang mengutamakan lansekap, letak gunung dan sungai.





Kompas Feng Shui Aliran San He


Lingkaran 16: Wu Gui Yin Zhai Pan.

Lingkaran ini adalah sebuah formula atau rumusan yang biasa disebut dengan Wu Gui Yin Zhai (5 Hantu membawa berkah). Pada kenyataannya, rumusan ini adalah hasil pengembangan dari Jiu Xing Shui Fa (metode air 9 bintang) yang mana berasal dari master Feng Shui bernama Lai Bu Yi yang hidup pada jaman dinasti Song sekitar abad 1131 1162 Masehi. Fungsi dari lingkaran ini pada mulanya dipakai untuk tempat pemakaman (Yin Zhai) yang mana dengan mengetahui letak gunung atau bukit pada lingkaran 11: Ren Pan Zhong Zhen 24 Shan, maka berikutnya kita bisa melihat lingkaran 16 ini dimanakah letak arah hadap dan datangnya air yang bagus. Setiap sektor dari 24 sub-sektor yang tercantum pada lingkaran 11 selalu merujuk pada lingkaran 16 yang terbagi menjadi 2 bagian, warna kuning untuk menganalisa datangnya air yang bagus kemudian warna hitam untuk menenentukan arah hadap yang baik dari tempat pemakaman yang akan dibangun. Sekarang ini, rumusan Wu Gui Yin Zhai juga dapat dipakai untuk tempat tinggal (Yang Zhai) yaitu dengan menentukan lokasi pintu utama ataupun jendela agar dapat menerima aliran energi Qi (energi alam semesta) yang baik bersamaan dengan menentukan sektor datangnya air yang menguntungkan. Metode ini sangat populer terutama di Taiwan karena banyak yang meyakininya jika tempat pemakaman leluhur seseorang memiliki formasi Feng Shui seperti ini akan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran yang berlimpah ruah bagi keturunannya!

Lingkaran 17: Tai Yang Dao Shan Pan.

Lingkaran ini dipakai bersamaan dengan buku Tong Shu (almanak Tiongkok). Mengapa? Karena di setiap tahun terdapat perputaran bintang yang membawa malapetaka, yaitu:
1) Tai Sui, sebagai bintang penguasa tahunan.
2) Sui Po, sebagai bintang penghancur tahunan.
3) San Sha, sebagai 3 energi pembunuh yang menyebabkan kehilangan uang, penyakit, dan kecelakaan.
4) Wu Huang Sha, sebagai bintang yang membawa penyakit dan malapetaka.
5) Wu Ji Dao Ti Sha, sebagai bintang yang membawa kematian, kecelakaan, dan malapetaka.


Perputaran Bintang dalam Alamanak Tiongkok Tahunan (Tong Shu)

Tiap tahun posisi dari ke-5 bintang di atas selalu berubah-ubah jatuh pada ke-8 sektor utama (8 arah mata angin) dan 24 sub-sektor arah mata angin yang telah kami jelaskan pada lingkaran 1 dan 4. Peletakkan dari lingkaran ini disesuaikan dengan Lingkaran 11: Ren Pan Zhong Zhen 24 Shan karena menggunakan pengaruh astronomis. Fungsi dari lingkaran ini adalah ketika bangunan tempat tinggal atau pemakaman yang akan dibangun atau direnovasi terkena pengaruh dari ke-5 bintang malapetaka di atas maka lingkaran ini baru dipakai untuk mencari hari baik sebagai penangkal dari pengaruh negatif tersebut. Pertama-tama kita melihat arah hadap bangunan jika tidak bisa maka dapat menggunakan arah duduk bangunan, dan seterusnya. Selain lingkaran ini biasanya pakar Feng Shui juga menggunakan lingkaran Tai Yin Dao Shan, perbedaannya adalah jika lingkaran ini adalah formula atau rumusan berdasarkan titik matahari terhadap bumi sedangkan lingkaran Tai Yin Dao Shan berdasarkan titik bulan terhadap bumi. Bagaimana jika pengaruh bintang malapetaka di atas dilanggar? Biasanya akan membawa kecelakaan, penyakit bahkan sampai pada kematian, oleh karena itu tidaklah heran mengapa kadangkala ada seseorang yang dimakamkan tidak lama kemudian anggota keluarga lain ikut meninggal dalam tempo waktu yang relatif berdekatan. Hal ini bisa jadi adanya pelanggaran atas aturan dasar Feng Shui pada lingkaran 17. Berdasarkan sejarah teori 24 sub-musim telah ada sejak jaman dinasti Han pada abad 206 Sebelum Masehi 220 Masehi.

Lingkaran 18: Nama dari 24 Sub-Musim (24 Jie Qi).

Lingkaran 18 adalah nama atau istilah dari lingkaran 17. Pada dasarnya lingkaran ini hanya berfungsi sebagai pelengkap dari lingkaran 17. Di ketahui bahwa terdapat 4 musim di Tiongkok, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Dari ke-4 musim tersebut dibagi menjadi 24 sub-musim yang disebut dengan 24 Jie Qi, yaitu:



Dari data di atas juga bisa diketahui Feng Shui Bintang Terbang bulanan, yaitu dengan cara melihat terlebih dahulu apa bintang terbang tahunan yang sedang berkuasa. Misal tahun 2009 bintang terbang tahunan yang menempati posisi tengah adalah bintang 9. Lantas kita melihat dari tabel ke-2 dari kolom sebelah kanan (angka 3 6 9), karena angka 9 masuk pada kolom tersebut maka untuk mengetahui Feng Shui bintang terbang bulanan, kita melihat kolom di bawah angka 3 6 9. Mulai bulan 4 Februari 5 Maret Feng Shui bintang terbang bulanan yang berkuasa adalah bintang 5, kemudian kita memasukkan angka 5 di sektor tengah pada kotak Luo Shu dan bergerak sesuai orbit bintang terbang sesuai teorinya. Dan seterusnya!

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite