Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San He





 



 

Feng Shui Aliran San Yuan
Praktek Feng Shui yang mengutamakan arah kompas, waktu dan kalender.





Kompas Feng Shui Aliran San Yuan


Lingkaran 1: Tian Chi.

Kata ‘Tian Chi’ dalam bahasa Mandarin diterjemahkan sebagai kolam langit. Ini hanyalah sebuah kata kiasan saja, seperti diketahui dari 6 kebudayaan terua di dunia (Roma, India, Tiongkok, Mesir, Babilonia, dan Amerika Tengah), Tiongkok telah memberikan 4 penemuan terbesar di dunia, yaitu kompas, bubuk mesiu, kertas, dan mesin percetakan. Kompas ini bermula dari penemuan ‘Lodestone’. Lodestone adalah sebuah logam yang mengandung oksida dan dikenal oleh ilmuwan dengan istilah Magnetite (Fe3O4). Di Tiongkok ‘lodestone’ disebut dengan istilah ‘Ci Shi’ (batu asmara), mengapa? Karena benda ini mempunyai daya tarik-menarik terutama yang terbuat dari besi. Tidak dapat dipungkiri bahwa benda inilah yang disebut dengan magnet. Seperti halnya kompas Feng Shui (Luo Pan) di lingkaran 1 ini terdapat magnet untuk membantu praktisi Feng Shui dalam pengukuran dinding rumah sampai pada batu nisan. Magnet dalam lingkaran ini dalam bentuk jarum kecil dan sengaja digantung. Dalam ilmu Feng Shui jarum magnet ini disebut dengan ‘Ci Zhen’, yaitu logam yang mengandung magnet dan selalu mengarah ke arah Utara-Selatan. Fungsi dari lingkaran ini adalah ketika kompas Feng Shui (Luo Pan) disejajarkan dalam garis horizontal, maka persimpangan benang senar merah akan merefleksikan sudut 0° - 90° - 180° - 270° yang notabene adalah arah hadap dan arah duduk bangunan yang dianalisa. Proses ini sering disebut dengan ‘Tian Xin Shi Dao’. Berdasarkan sejarah yang ada, jarum magnet kompas Feng Shui pada lingkaran 1 awalnya dimasukkan dalam air, lantas berkembang sampai menjadi jarum magnet kering. Perkembangan kompas ini begitu signifikan ketika masuk jaman dinasti Song (abad 960 – 1127 Masehi) ketika aktivitas maritim begitu berkembang. Dan waktu itu telah dikenal 4 macam jarum magnet:
1) Jarum magnet yang digantungkan pada jari tangan.
2) Jarum magnet yang dimasukkan dalam air.
3) Jarum magnet yang kering.
4) Jarum magnet yang digantungkan.

Kompas Feng Shui sekarang semuanya telah menggunakan jarum magnet yang kering.

4 Macam Jarum Magnet

Lingkaran 2: Nama Kompas.

Lingkaran 2 hanyalah sebuah nama kompas San Yuan yang biasanya dicantumkan produksi buatan mana, serta siapakah yang mendesainnya.

Lingkaran 3: Ba Gua.

Inti dari praktek Feng Shui ada di lingkaran ini! Ba Gua adalah sebuah simbol dari delapan arah mata angin, yaitu: Utara, Selatan, Timur, Barat, Tenggara, Barat Laut, Barat Daya, dan Barat Laut. Setiap sektor arah mata angin memiliki porsi 45°. Simbol Ba Gua telah ada sejak jaman dinasti Zhou (abad 1027 – 221 S.M.) di Tiongkok. Simbol Ba Gua dibedakan menjadi 2, yaitu Xian Tian Ba Gua yang diciptakan oleh Fu Xi (abad 2852 – 2737 S.M.) dan Huo Tian Ba Gua yang diciptakan oleh Raja Wen (abad 1027 – 221 S.M.). Xian Tian Ba Gua melambangkan kondisi sebelum langit dan bumi ini terbentuk, sedangkan Huo Tian Ba Gua melambangkan kondisi setelah langit dan bumi ini terbentuk. Pada umumnya kompas Feng Shui yang ada di pasaran menggunakan Xian Tian Ba Gua, simbol ini terdiri dari:

a. Qian mewakili Langit yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Selatan. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat Laut. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Qian adalah unsur Logam Besar. Sektor ini juga mewakili Ayah.

b. Kun mewakili Bumi yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Utara. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat Daya. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Kun adalah unsur Tanah Besar. Sektor ini juga mewakili Ibu.

c. Gen mewakili Gunung yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat Laut. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Timur Laut. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Gen adalah Tanah Kecil. Sektor ini juga mewakili Putra terakhir.

d. Dui mewakili Danau yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Tenggara. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Barat. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Dui adalah Logam Kecil. Sektor ini juga mewakili Putri terakhir.

e. Xun mewakili Angin yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat Daya. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Tenggara. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Xun adalah Kayu Kecil. Sektor ini juga mewakili Putri pertama.

f. Zhen mewakili Guntur yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Timur Laut. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Timur. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Zhen adalah Kayu Besar. Sektor ini juga mewakili Putra pertama.

g. Li mewakili Api yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Timur. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Selatan. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Li adalah Api. Sektor ini juga mewakili Putri tengah.

h. Kan mewakili Air yang juga dalam Xian Tian Ba Gua mewakili arah Barat. Dalam Huo Tian Ba Gua mewakili arah Utara. Unsur yang diwakilkan oleh sektor Kan adalah Air. Sektor ini juga mewakili Putra tengah.

Fungsi dari lingkaran Ba Gua sangat luas tergantung dari teori yang dipakai. Pada umumnya dengan mengetahui rumusan tertentu maka kita bisa menentukan arah dan sektor mana yang baik dan kurang baik dari posisi letak arah duduk bangunan. Selain itu dapat juga digunakan untuk menentukan interior, seperti letak pintu, kompor, dapur, dll. Untuk konteks eksterior dapat dipakai untuk menilai baik buruknya posisi gunung, air, sungai, jalan, obyek bangunan tetangga ataupun pohon, tiang listrik, dsb. Dalam praktek Feng Shui untuk rumah beberapa praktisi ada yang menggunakan posisi Ba Gua ini untuk letak kamar tidur masing-masing penghuni, misalnya Putra pertama bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Timur. Putri kedua bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Tenggara. Putra terakhir bagusnya menghuni di kamar tidur yang terletak di sektor Timur Laut. Dan seterusnya! Hal ini disesuaikan dengan posisi Huo Tian Ba Gua terhadap kamar tidur penghuni.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite