Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San He





 



 

Feng Shui Aliran San Yuan
Praktek Feng Shui yang mengutamakan arah kompas, waktu dan kalender.





Kompas Feng Shui Aliran San Yuan


Lingkaran 4: Luo Shu.

Berdasarkan legenda yang ada, Luo Shu adalah simbol diagram alam semesta yang mempunyai pengaruh dalam kehidupan manusia dan peristiwa di bumi ini. Simbol ini ditemukan oleh Kaisar Yu (abad 2205 – 2197 Sebelum Masehi) sewaktu Beliau memerangi banjir besar yang mana simbol tersebut berada pada cangkang kura-kura. Selanjutnya, simbol Luo Shu ada yang menyebutnya sebagai peta sungai. Sesungguhnya, kata ‘Luo’ adalah sebuah nama sungai di propinsi Shaanxi yang merupakan anak sungai dari sungai Huang Hou (sungai kuning) dan berdekatan dengan kota Xi An. Sekarang ini ‘Luo Shu’ mungkin lebih dikenal dengan magic square, mengapa karena dalam simbol ini terdapat sebuah kotak yang mana jika kita menjumlahkannya secara horizontal, vertikal, maupun diagonal jumlahnya selalu 15. Dan dipercayai dalam teori Feng Shui angka 5 – 10 – 15 adalah sebuah angka yang melambangkan kesempurnaan. Pada dasarnya lingkaran 4: Luo Shu hanyalah berfungsi sebagai ‘pemanis’ Luo Pan karena teori di balik Luo Shu haruslah dipahami oleh semua praktisi Feng Shui.


Kotak Luo Shu atau magic square

Lingkaran 5: 24 Yuan Yun Tian Xing.

Lingkaran ini berisi 24 bintang langit (Tian Xing). Posisi perbintangan dari ke-24 bintang selalu berubah berdasarkan Yuan (periode) dan Yun (siklus) seperti yang telah saya uraikan sebelumnya. Dalam kompas Feng Shui (Luo Pan) porsi sektor dari 24 bintang langit ini menempati 15°/bintang. Tolak ukur dari ke-24 bintang langit selalu dimulai dari bintang ‘Long Lou’ yang berarti ‘rantai naga’ kemudian diikuti bintang Yu Yue, Ba Wu, Di Zuo, Luan Jia, Tian Tiao, Feng Ge,..., dan seterusnya. Fungsi dari lingkaran ini hanyalah sebagai penunjuk waktu (periode dan siklus) dari 3 periode dan 9 siklus berdasarkan teori dari aliran San Yuan. Misalnya, tahun 2004 – 2024 masuk siklus ke-8 maka posisi bintang ‘Long Lou’ berada di sektor Timur Laut-2 (Gen – Trigram Ba Gua): 37.5° - 52.5° kemudian diikuti bintang-bintang yang lainnya. Dalam praktek ilmu ramalan perbintangan Tiongkok, ke-24 bintang ini dapat juga dipakai untuk meramalkan tahun tertentu, sektor-sektor mana saja yang bagus dari ke-24 sub-sektor arah mata angin. Berdasarkan sejarah lingkaran 24 bintang langit (Tian Xing) telah ada sejak jaman dinasti Song (abad 960 – 1127 Masehi).

Lingkaran 6: Jie Sha Pan.

Lingkaran 6 dipakai bersamaan dengan lingkaran 7. Dalam bahasa Mandarin kata ‘Jie Sha’ dapat diartikan sebagai ‘energi penyamun’. Mengapa? Karena energi yang dibawa mengandung energi negatif yang berasal dari lingkungan dan dapat menyebabkan hubungan rumah tangga yang buruk diserta skandal. Dengan melihat arah duduk rumah berdasarkan lingkaran 7, maka master Feng Shui bisa mengetahui sektor mana di sekitar rumah yang tidak diperbolehkan adanya bangunan tower tinggi, gunung yang tandus, bangunan tua yang rusak, serta menara atau tiang yang tinggi. Sekalipun dilanggar selama sektor tersebut masih terdapat bangunan yang tampak indah dan dapat membangkitkan Sheng Qi (energi kehidupan) maka pada dasarnya energi negatif ini tidak akan terpancar. Misalnya, jika rumah Anda duduk di arah Utara 1 (Ren – Tonggak Langit): 337.5° - 352.5°, maka jika di sektor Barat Daya 3 (Shen – Cabang Bumi): 232.5° - 247.5° terdapat bangunan tua yang rusak, Anda akan terkena pengaruh energi negatif ini. Pantangan ini juga berlaku untuk letak atau lokasi pintu utama atau pintu ruangan. Dan biasanya kita dapat meramalkan kapan pengaruh energi negatif ini akan menjadi kenyataan berdasarkan pergerakan bintang yang negatif, seperti Tai Sui (bintang penguasa tahunan), Wu Huang Sha (bintang malapetaka) ataupun San Sha (energi tiga pembunuh) serta berdasarkan tahun kelahiran seseorang. Berdasarkan sejarah yang ada lingkaran ini telah ada mulai jaman dinasti Ming pada abad 1368 – 1644 Masehi.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite