Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San He





 



 

Feng Shui Aliran San Yuan
Praktek Feng Shui yang mengutamakan arah kompas, waktu dan kalender.





Kompas Feng Shui Aliran San Yuan


Lingkaran 10: 64 Gua Ming Chen Nei Pan.

Lingkaran ini berisi nama dari 64 Heksagram Yi Jing (buku klasik perubahan). Pada dasarnya dengan melihat lingkaran 9 diatas praktisi Feng Shui dapat melihat kondisi baik-buruknya dari lingkaran 10. Mengapa? Karena dalam lingkaran ini mengandung ramalan baik-buruknya kondisi dan situasi bangunan yang mana dalam kasus lingkaran 10 dipakai untuk Feng Shui Pemakaman (Yin Zhai). Misalnya dengan melihat lingkaran 9 diatas yang terbagi antara Trigram Atas dan Trigram Bawah maka praktisi Feng Shui menganalisanya dari hubungan teori 5 unsur (logam, kayu, air, api, dan tanah) berdasarkan arah duduk bangunan. Contoh, jika bangunan tersebut memiliki arah duduk di Utara 2, khususnya tepat pada arah 357° dan jatuh pada Heksagram Qian (Heksagram no.1 pada Yi Jing) maka kondisi ini dapat diramalkan sebagai berikut: “Trigram atas dan trigram bawah sama-sama berunsur logam, sehingga kemakmuran dan kekayaan akan bertambah dan rumah tangga akan jaya, akan tetapi karena sektor ini sama-sama berunsur Yang (positif) maka kekurangan energi Yin (negatif) yang dapat merugikan anggota keluarga perempuan dan anak-anak. Istri dapat meninggal terlebih dahulu dan anggota keluarga laki-laki akan menikah dua kali. Kondisi ini tidak bagus bagi anggota keluarga laki-laki. Energi Yang (positif) yang berkelebihan akan membuat keberuntungan datang duluan setelah itu diakhiri dengan kemalangan!”. Apa yang Anda baca ini disebut dengan ‘Gua Xiang’ atau dapat diterjemahkan sebagai ‘penjelasan dari Heksagram (Yi Jing)’ yang mana dipakai untuk menilai baik-buruknya kondisi yang bersangkutan. Sektor dari lingkaran ini sama dengan lingkaran 9, yaitu 5.625°/sektor. Sektor yang berwarna kuning berarti sektor yang memiliki kondisi yang murni karena terdapat 2 Trigram yang sama. Teori dibalik lingkaran ini diciptakan oleh Fu Xi (2852 – 2737 Sebelum Masehi) dan Shao Yong (1011-1077 Masehi), yang terkenal dengan nama Heksagram bentuk persegi dan Heksagram bentuk melingkar. Akan tetapi baru dimasukkan pada kompas Feng Shui pada jaman dinasti Qing (1644 – 1911 Masehi).


Lingkaran 10 adalah nama 64 Heksagram yang berada di tengah dalam bentuk persegi.

Lingkaran 11: Lingkaran 9: Yi Gua Xian Tian Gua Qi Wai Pan.

Seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya, jika lingkaran 9 dipakai untuk Feng Shui pemakaman (Yin Zhai) maka pada lingkaran ini, dalam konteks yang sama tetapi dipakai untuk Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai), seperti rumah, kantor, toko, dan seterusnya. Lingkaran ini terdapat 64 sektor, dan karena lingkaran kompas terdapat 360°, maka setiap sektor memiliki porsi 5.625° (= 360° : 64 sektor). Sektor yang berwarna kuning mewakili Heksagram Yang (positif) sedangkan yang berwarna hitam mewakili Heksagram Yin (negatif). Urutan angkanya (kebalikan dari lingkaran 9!) dimulai dari Selatan 2 (Wu – Cabang Bumi): 172.5° - 187.5° adalah: 9, 4, 3, 8, 2, 7, 6, 1, kemudian kembali lagi 9, 4, 3, 8, 2, 7, … dan seterusnya searah jarum jam sampai jatuh pada pertengahan arah Utara 2 (Zi – Cabang Bumi): 352.5° - 7.5°. Setelah sampai pada arah Utara 2 urutan angkanya berubah menjadi: 1, 6, 7, 2, 8, 3, 4, 9 kemudian kembali lagi 1, 6, 7, 2, … dan seterusnya searah jarum jam sampai kembali lagi pada arah Selatan 2 menjadi putaran lengkap 360°. Lingkaran 9 dan 11 jika angka-angkanya dijumlahkan selalu adalah 10 (= 1 + 9, 6 + 4, 7 + 3, 2 + 8, dan seterusnya), mengapa? Karena lingkaran 9 dan 11 saling melengkapi dan penjumlahan 10 adalah simbol kesempurnaan dari langit dan bumi yang terbentuk! Lantas, bagaimana master Feng Shui menggunakan lingkaran ini? Karena lingkaran ini dipakai untuk Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai) maka dalam prakteknya, praktisi Feng Shui dapat membagi denah bangunan menjadi 64 segmen untuk memetakan aliran energi yang baik bagi penghuninya, dan yang lebih penting dengan mengetahui arah hadap pintu utama mereka dapat menyimpulkan apakah bangunan tempat tinggal tersebut dapat mendukung penghuninya atau tidak serta memiliki korelasi / hubungan timbal balik yang kuat antara penghuni dan tempat huniannya. Lingkaran ini selalu dipakai bersamaan dengan lingkaran 16, karena pada prakteknya jika kondisi dan situasi bangunan tempat tinggal tersebut kurang ideal bagi penghuninya, maka master Feng Shui dapat menyarankan untuk merubah arah hadap pintu utama dengan cara memiringkannya beberapa derajat ke kanan atau kiri tergantung arah mana yang lebih baik. Praktek ini begitu umum ditemui dalam Feng Shui pemakaman (Yin Zhai) ataupun tempat tinggal (Yang Zhai) dan tentu saja kondisi yang diharapkan adalah tercapainya ‘Long Shan Xiang Shui’ seperti yang telah saya jelaskan pada lingkaran 9. Lingkaran ini diciptakan oleh Zhang Xin Yan pada tahun 1827 dalam karya buku Feng Shui klasik yang berjudul ‘Di Li Bian Zheng Shu’ sewaktu masuk jaman dinasti Qing (abad 1644 – 1911 Masehi).

Lingkaran 12: 64 Gua.

Lingkaran ini hanya berisi simbol Trigram yang merujuk pada lingkaran 9 dan lingkaran 11 (dalam gambar lingkaran 9 tidak dicantumkan simbol Trigram!). Trigram adalah sebuah garis yang mewakili simbol Yin (dalam garis patah) dan simbol Yang (dalam garis penuh), dan setiap trigram selalu terdapat 3 garis (penuh dan/atau patah) yang secara keseluruhan terdapat 8 Trigram atau lebih dikenal dengan Ba Gua (delapan arah mata angin), kemudian berubah menjadi 64 Heksagram atau 6 garis (terdiri 2 Trigram, yaitu Trigram Atas dan Trigram Bawah). Fungsi dari lingkaran ini adalah untuk mengetahui perpaduan unsur apa (dari 5 unsur: logam, kayu, air, api, dan tanah) yang terdapat pada lingkaran 9 dan 11. Misalnya: ketika menganalisa Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai) dengan menggunakan lingkaran 11 diatas diketahui bahwa arah duduk bangunan berada pada arah 160° dengan melihat lingkaran 12 maka diketahui Trigram atas (tidak terdapat pada contoh kompas ini!) adalah: Trigram Qian berunsur logam, sedangkan Trigram bawah adalah: Trigram Zhen berunsur kayu. Artinya logam menghancurkan kayu maka arah ini kurang bagus dan karena trigram Zhen yang berunsur kayu melambangkan masalah hukum dan anggota badan maka ada kemungkinan pada tahun tertentu penghuni di rumah ini akan terkena masalah hukum dan terlukanya anggota badan oleh benda tajam. Pada lingkaran ini terdapat 2 warna, yaitu kuning dan hijau, warna kuning melambangkan Heksagram yang bersifat Yang (positif) dan warna hijau melambangkan Heksagram yang bersifat Yin (negatif).

Lingkaran 13: 64 Gua Ming Chen Wai Pan.

Seperti halnya lingkaran 10, lingkaran ini berisi nama 64 Heksagram yang dipakai untuk Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai). Dengan melihat pada lingkaran 11 praktisi Feng Shui dapat menganalisa baik-buruknya pada lingkaran 13. Mengapa? Karena dalam lingkaran ini mengandung ramalan baik-buruknya kondisi dan situasi bangunan yang mana dalam kasus lingkaran 13 dipakai untuk Feng Shui Tempat Tinggal (Yang Zhai). Misalnya dengan melihat lingkaran 12 diatas yang terbagi antara Trigram Atas dan Trigram Bawah maka praktisi Feng Shui menganalisanya dari hubungan teori 5 unsur (logam, kayu, air, api, dan tanah) berdasarkan arah duduk bangunan. Contoh, jika bangunan tersebut memiliki arah duduk di Tenggara 2, khususnya tepat pada arah 138° dan jatuh pada Heksagram Tai (Heksagram no.11 pada Yi Jing) maka kondisi ini dapat diramalkan sebagai berikut: “Trigram atas adalah logam dan Trigram bawah adalah tanah. Tanah menghasilkan logam maka kondisi kedua unsur saling menguntungkan, langit naik ke atas dan bumi turun ke bawah. Rumah tangga akan bahagia disertai kedamaian dan panjang umur, disertai kemakmuran bagi anak dan cucu.” Apa yang Anda baca ini disebut dengan ‘Gua Xiang’ atau dapat diterjemahkan sebagai ‘penjelasan dari Heksagram (Yi Jing)’ yang mana dipakai untuk menilai baik-buruknya kondisi yang bersangkutan. Sektor dari lingkaran ini sama dengan lingkaran 9 - 12, yaitu 5.625°/sektor. Sektor yang berwarna kuning berarti sektor yang memiliki kondisi yang murni karena terdapat 2 Trigram yang sama. Teori dibalik lingkaran ini diciptakan oleh Fu Xi (2852 – 2737 Sebelum Masehi) dan Shao Yong (1011-1077 Masehi), yang terkenal dengan nama Heksagram bentuk persegi dan Heksagram bentuk melingkar. Akan tetapi baru dimasukkan pada kompas Feng Shui pada jaman dinasti Qing (1644 – 1911 Masehi).


Lingkaran 13 adalah nama 64 Heksagram yang berada di tepi dalam bentuk melingkar.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite