Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San He





 



 

Feng Shui Aliran San Yuan
Praktek Feng Shui yang mengutamakan arah kompas, waktu dan kalender.





Kompas Feng Shui Aliran San Yuan


Lingkaran 14: Yi Gua Di Gua 9 Xing Pan.

Lingkaran ini berisi nama dari ke-9 bintang yang telah saya jelaskan pada lingkaran 8. Perbedaannya adalah, jika lingkaran 8 setiap bintang dimasukkan ke dalam 24 sub-sektor arah mata angin yang memiliki porsi 15°/bintang. Maka pada lingkaran ini ke-9 bintang tersebut dimasukkan ke dalam 64 Heksagram yang memiliki porsi 5.625°/bintang. Nama dari ke-9 bintang ini disesuaikan dengan letak lingkaran 16 yang merupakan salah satu lingkaran terpenting dalam aliran Xuan Kong Da Gua. Posisinya adalah sebagai berikut:


* Dalam gambar kompas di atas angka siklus ditulis dalam huruf Mandarin.

Fungsi dari lingkaran ini selain untuk mengetahui perjalanan siklus waktu berjalan yang disesuaikan dengan ke-9 bintang (dalam aliran Xuan Kong Da Gua tidak terdapat siklus ke-5, oleh karena itu hanya dikenal 2 macam periode, yaitu periode atas dan periode bawah) juga untuk mengetahui bintang baik-buruknya. Pada umumnya, bintang 1, 6, 8, dan 9 dianggap sebagai bintang yang membawa keberuntungan! Lingkaran ini baru ada ketika jaman dinasti Qing pada abad 1644 – 1911 Masehi.

Lingkaran 15: Xuan Kong Da Gua Zi Re.

Lingkaran ini berisi 60 putaran Jia Zi seperti halnya kompas Feng Shui (Luo Pan) aliran San He: Chuan Shan 72 Long Pan – lingkaran 6, Tou Di 60 Long – lingkaran 8, dan 120 Fen Jin – lingkaran 12 (baca artikel kami: kompas Feng Shui aliran San He!). Akan tetapi karena 60 putaran Jia Zi dimasukkan ke dalam 64 Heksagram maka ada 4 pasang yang diulang, yaitu: Jia Zi, Jia Wu, Geng Yin dan Geng Shen. Setiap sektor memiliki porsi 5.625° dan digunakan secara bersamaan dengan lingkaran 11 dan 16. Lingkaran ini sebagian besar digunakan untuk mencari Hari Baik serta dapat digunakan untuk menentukan Tai Sui Gua, yaitu Heksagram tahunan, Hexagram bulanan, Hexagram harian, sampai Hexagram jam. Inti praktek dari aliran Xuan Kong Da Gua adalah menyatukan antara energi langit (Tian Shi), energi bumi (Di Li), dan energi bumi (Ren He), sehingga peranan dari lingkaran 15 begitu penting. Mengapa? Karena sekali kita mengetahui arah duduk rumah dan tahun kelahiran penghuni rumah, maka berikutnya kita dapat menentukan kapan hari yang terbaik untuk pindah ke rumah ini. Hal ini dapat dianalogikan sebagai berikut:

1) Rumah mewakili energi bumi (Di Li).
2) Tahun kelahiran penghuni rumah mewakili energi manusia (Ren He).
3) Waktu mewakili energi langit (Tian Shi).

Tugas dari lingkaran 15 adalah:

1) Mencari tahun kelahiran penghuni rumah di bawah naungan Hexagram apa yang selalu merujuk pada lingkaran 11 dan 16.

2) Menentukan hari baik untuk beraktivitas penting yang notabene tahun, bulan, tanggal, dan jam harus memiliki korelasi aliran energi atau Qi yang kuat.

Ketika ketiganya digabungkan, yaitu waktu, rumah, dan penghuni saling memiliki korelasi aliran energi maka energi alam semesta dapat saling berkomunikasi dan hal inilah yang mendatangkan kemakmuran dan kekayaan bagi penghuninya. Pada prakteknya lingkaran ini dapat dipakai untuk Feng Shui pemakaman (Yin Zhai), seperti mendirikan batu nisan dan untuk Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai), seperti pindah rumah, mengaktifkan air di dalam kolam, merubah letak pintu utama, memindah ranjang dan kompor, sampai pada renovasi rumah. Lingkaran ini baru ada ketika jaman dinasti Qing pada abad 1644 – 1911 Masehi.

Lingkaran 16: Jiu Xing Gua Yun Shu.

Lingkaran ini berisi angka mulai dari angka 1 sampai angka 9. Setiap angka mewakili sebuah bintang dan masa siklus yang dapat Anda baca pada penjelasan saya di lingkaran 14: Yi Gua Di Gua 9 Xing Pan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lingkaran 16 digunakan secara bersamaan dengan lingkaran 9 (untuk pemakaman) dan lingkaran 11 (untuk tempat tinggal). Fungsi dari lingkaran ini adalah untuk menangkap energi Qi (energi alam semesta) berdasarkan siklus yang berjalan. Semisal mulai tahun 1996 – 2016 masuk pada siklus yang ke-8 di bawah naungan bintang Zuo Fu maka seyogyanya bangunan tempat tinggal (diukur dari arah pintu utama) ataupun pemakaman (diukur dari arah batu nisan) menghadap ke angka bintang 8, begitu juga dengan siklus berikutnya. Salah satu teknik yang terpenting dalam lingkaran 16 disebut dengan istilah: ‘San Yuan Bu Bai, Yi Gua Chun Ching’ yang berarti ‘3 periode tidak musnah, sesama Trigram tembus sampai kesempurnaan’ hal ini memberikan makna ketika seseorang dapat membangun tempat makam nenek moyangnya yang mana kondisi lansekap dari gunung dan air memiliki koneksi antara gunung dengan arah duduk makam, serta datangnya air dengan arah hadap makam dan arah duduk – arah hadap jatuh pada sektor yang baik (merujuk pada lingkaran 16) maka selama 3 generasi akan makmur. Lingkaran ini juga populer dengan praktek Feng Shui yang disebut dengan ‘Jian Xiang’, yaitu dengan memiringkan beberapa derajat arah hadap pintu utama (untuk tempat tinggal) atau arah hadap batu nisan (untuk pemakaman) agar bangunan tersebut dapat menangkap dan menerima energi dari siklus yang berjalan, sehingga memberikan kemakmuran bagi penghuni dan keturunannya. Lingkaran ini diciptakan oleh Zhang Xin Yan pada tahun 1827 dalam karya buku Feng Shui klasik yang berjudul ‘Di Li Bian Zheng Shu’ sewaktu masuk jaman dinasti Qing (abad 1644 – 1911 Masehi).


Praktek aliran Xuan Kong Da Gua populer dengan memiringkan arah hadap pintu (tempat tinggal) atau batu nisan (pemakaman) beberapa derajat ke kiri atau kanan yang tidak sejajar dengan arah hadap bangunan.

Lingkaran 17: Fu Mu, Fu, Mu, Tian, Di, Ren Pan.

Lingkaran ini berisi 8 penggolongan keluarga / kelompok dari 64 Heksagram berdasarkan lingkaran 16 atau 9 siklus bintang. Yang disebut keluarga / kelompok, adalah

1) Kelompok Ayah - 1,

2) Kelompok Ibu - 2,

3) Sungai Timur:
a. Kelompok Langit - 3.
b. Kelompok Bumi - 4.
c. Kelompok Manusia - 5.

4) Sungai Barat:
a. Kelompok Langit - 6.
b. Kelompok Bumi - 7.
c. Kelompok Manusia - 8.



Fungsi dari lingkaran ini untuk mengetahui sektor mana yang tergolong kelompok dari orang tua, yaitu kelompok ayah dan ibu, serta kelompok anak, yaitu kelompok langit, bumi, dan manusia. Secara teorinya kelompok langit, bumi, dan manusia berasal dari kelompok orang tua, yaitu kelompok ayah dan ibu. Dari sini kita bisa mengetahui masing-masing sektor mulai dari lingkaran 9 – 16 jatuh pada kelompok mana. Secara prakteknya ketika menentukan arah hadap bangunan entah tempat tinggal atau pemakaman yang jatuh pada kelompok ayah atau kelompok ibu memiliki arah yang lebih baik dari kelompok langit, bumi, dan manusia, mengapa? Karena pada sektor ini aliran energi Qi yang masuk adalah murni. Dan dari sini master Feng Shui juga dapat mengetahui 3 sektor yang hilang atau yang biasa disebut dengan ‘Chu Gua’. Apa itu sektor yang hilang? Ketika master Feng Shui menganalisa bangunan entah tempat tinggal atau pemakaman pasti terdapat 3 sektor yang hilang, ke-3 sektor ini adalah 8 sektor arah mata angin (utara, selatan, timur, barat, tenggara, barat daya, barat laut, dan timur laut) yang mana tidak dapat menangkap energi Qi yang baik ataupun energi Qi yang buruk, artinya ke-3 sektor ini begitu netral. Tugas dari praktisi Feng Shui adalah menentukan agar sektor yang baik tidak berada di ke-3 sektor yang hilang, selain itu dengan mengetahui tahun kelahiran penghuni rumah berdasarkan Tai Sui Gua yang telah saya jelaskan pada lingkaran 15 maka dapat disimpulkan apakah penghuni rumah tersebut dapat menikmati peredaran energi Qi yang baik atau tidak demikian juga sebaliknya! Lingkaran ini baru ada ketika jaman dinasti Qing pada abad 1644 – 1911 Masehi.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite