Indonesia Feng Shui Services and Consulting

On-site Services Menu :
- Residential
- Commercial
- Cemetry
- Feng Shui exterior & interior design
- Various Feng Shui audit & program

 
Home l Feng Shui Center l About Us l Consulting l Articles l Download l Free Register l Contact Us
 

Home

Visi & Misi

Our Logo

Frequently Ask Question

Off-site consulting

On-site consulting

Feng Shui Logo Service

Date Selection services

Tips & Trick

Teori & Praktek

Sejarah & Tradisi

Contact Us

 

Partners Associate


Kompas Feng Shui Aliran San He





 



 

Feng Shui Aliran San Yuan
Praktek Feng Shui yang mengutamakan arah kompas, waktu dan kalender.





Kompas Feng Shui Aliran San Yuan


Lingkaran 18: Shang Gua – Xia Gua 64 Gua.

Setiap heksagram terdiri dari 6 garis, entah garis penuh dan/atau garis patah. Dan dalam kompas Feng Shui aliran San Yuan terdapat 64 Heksagram yang tiap Heksagram memiliki porsi 5.625° maka pada lingkaran ini ke-6 garis tersebut dibagi menjadi 2 bagian (3 garis pertama dan 3 garis terakhir), yaitu bagian atas (Trigram atas) dan bagian bawah (Trigram bawah). Lingkaran ini hanya berfungsi sebagai pelengkap pada lingkaran 19 agar menunjukkan titik / batasan mana yang tergolong Trigram atas dan trigram bawah.

Lingkaran 19: Yi Gua 384 Yao Pan.

Lingkaran 19 akan menjadi tugas terakhir praktisi Feng Shui aliran Xuan Kong Da Gua dalam memastikan arah duduk dan arah hadap bangunan baik atau buruk. Dalam lingkaran ini terdapat 384 sektor atau titik dalam lingkaran kompas 360°. Artinya setiap sektor atau titik hanya memiliki porsi 0.9375° atau kurang dari 1°. Oleh karena itu penggunaan dari lingkaran ini harus presisi karena jika lebih dari angka tersebut baik buruknya kondisi dan situasi akan berlainan. 384 Yao berarti terdapat 384 garis, angka ini di ambil dari tiap Heksagram yang terdiri dari 6 garis penuh dan/atau patah, dan karena terdapat 64 Heksagram maka, 6 garis x 64 Heksagram = 384 garis (Yao). Setiap Heksagram terdiri dari 5 faktor kehidupan menurut teori Yi Jing, yaitu:

1) Xiong Di, berarti hubungan saudara atau kekeluargaan.
2) Zi Sun, berarti keturunan atau anak.
3) Fu Mu, berarti peranan orangtua.
4) Qi Chai, berarti istri dan kekayaan.
5) Guan Gui, berarti otoritas dan kekuasaan.

Sebagai contoh jika arah duduk bangunan jatuh pada sektor Qi Chai atau kekayaan dapat diartikan bahwa penghuni rumah tersebut tidak dapat menggunakan uang dengan baik. Sebagian besar dari praktek ini juga dipakai untuk ramalan, dan lebih banyak digunakan untuk Feng Shui pemakaman (Yin Zhai) daripada Feng Shui tempat tinggal (Yang Zhai). Selain melihat dari hubungan 5 faktor di atas biasanya juga dapat dinilai berdasarkan teori 5 unsur (logam, kayu, air, api, dan tanah) dengan melihat unsur hexagram kemudian dikorelasikan dengan unsur ‘384 Yao’ yang berdasarkan unsur 12 cabang bumi (setiap garis mewakili 1 cabang bumi yang memiliki unsur tertentu). Dapat disimpulkan fungsi dari lingkaran ini memiliki kesamaan dengan lingkaran kompas aliran San He, yaitu 120 Fen Jin (baca artikel kami pada kompas aliran San He lingkaran 12!). Dalam gambar hanya diperlihatkan garis atau titik / sektor yang berwarna kuning dan hitam. Artinya, ini untuk memudahkan para praktisi Feng Shui karena titik / sektor yang berwarna kuning adalah yang bagus sedangkan yang berwarna hitam adalah yang harus dihindari! Lingkaran ini baru ada ketika jaman dinasti Qing pada abad 1644 – 1911 Masehi.

Lingkaran 20: Tai Yang Dao Shan Pan.

Lingkaran ini dipakai bersamaan dengan buku Tong Shu (almanak Tiongkok). Mengapa? Karena di setiap tahun terdapat perputaran bintang yang membawa malapetaka, yaitu:

1) Tai Sui, sebagai bintang penguasa tahunan.
2) Sui Po, sebagai bintang penghancur tahunan.
3) San Sha, sebagai 3 energi pembunuh yang menyebabkan kehilangan uang, penyakit, dan kecelakaan.
4) Wu Huang Sha, sebagai bintang yang membawa penyakit dan malapetaka.
5) Wu Ji Dao Ti Sha, sebagai bintang yang membawa kematian, kecelakaan, dan malapetaka.


Perputaran Bintang dalam Alamanak Tiongkok Tahunan (Tong Shu)

Tiap tahun posisi dari ke-5 bintang di atas selalu berubah-ubah jatuh pada ke-8 sektor utama (8 arah mata angin) dan 24 sub-sektor arah mata angin yang telah kami jelaskan pada lingkaran 3 dan 7. Fungsi dari lingkaran ini adalah ketika bangunan tempat tinggal atau pemakaman yang akan dibangun atau direnovasi terkena pengaruh dari ke-5 bintang malapetaka di atas maka lingkaran ini baru dipakai untuk mencari hari baik sebagai penangkal dari pengaruh negatif tersebut. Pertama-tama kita melihat arah hadap bangunan jika tidak bisa maka dapat menggunakan arah duduk bangunan, dan seterusnya. Selain lingkaran ini biasanya pakar Feng Shui juga menggunakan lingkaran Tai Yin Dao Shan, perbedaannya adalah jika lingkaran ini adalah formula atau rumusan berdasarkan titik matahari terhadap bumi sedangkan lingkaran Tai Yin Dao Shan berdasarkan titik bulan terhadap bumi. Bagaimana jika pengaruh bintang malapetaka di atas dilanggar? Biasanya akan membawa kecelakaan, penyakit bahkan sampai pada kematian, oleh karena itu tidaklah heran mengapa kadangkala ada seseorang yang dimakamkan tidak lama kemudian anggota keluarga lain ikut meninggal dalam tempo waktu yang relatif berdekatan. Hal ini bisa jadi adanya pelanggaran atas aturan dasar Feng Shui pada lingkaran 20. Berdasarkan sejarah teori 24 sub-musim telah ada sejak jaman dinasti Han pada abad 206 Sebelum Masehi – 220 Masehi.

Lingkaran 21: Wen Tian Xing Du Ji Xiong / 365.25° Pei Wu Xing.

Berapakah jumlah hari dalam 1 tahun yang Anda ketahui? Jika jawaban Anda adalah 366 hari, maka jawaban tersebut masih kurang tepat. Mengapa? Karena jumlah hari secara persisnya adalah 365.25 hari yang kemudian dibulatkan oleh penanggalan Barat menjadi 366 hari. Mengetahui berapa jumlah hari secara tepat berdasarkan bumi mengitari matahari dalam 1 tahun (365.25) telah diketahui oleh pakar astronom Tiongkok sejak jaman dinasti Han (mulai 206 Sebelum Masehi) atau lebih dari 2200 tahun yang lalu sebelum penanggalan Barat ditemukan (Gregorian Calendar). Angka 365.25 adalah angka derajat (Xing Du) dari perbintangan di langit. Ini juga mewakili tiap harinya untuk tiap 1 derajat. Dan diukur berdasarkan 28 konstelasi bulan (28 Xiu), oleh karena itu mengapa dalam kompas Feng Shui kita mengenal ada 2 lingkaran derajat kompas, yang pertama adalah 365.25° berdasarkan lingkaran kompas Tiongkok sedangkan yang kedua adalah 360° (pembulatan dari 365.25 hari) berdasarkan lingkaran kompas Barat. Lantas, mengapa kita menggunakan parameter 28 konstelasi bulan (28 Xiu)? Agar pembagian konstelasi di langit dari perbintangan tersebut dapat dipetakan dengan sempurna. Pembagian konstelasi di langit ini sangat penting karena untuk menentukan posisi bintang dan planet secara sempurna di galaksi kita. Kenyataannya adalah posisi konstelasi perbintangan di langit selalu berubah 1° setiap 71.6 tahun. Dengan kata lain, lingkaran 19 harus disesuaikan posisi sektornya tiap 71.6 tahun, akan tetapi hal ini masih dibiarkan sampai sekarang walaupun ada kompas Feng Shui (Luo Pan) tertentu yang mengikuti perubahan konstelasi perbintangan di langit tiap tahunnya walaupun tidaklah praktis, menurut saya. Lantas bagaimanakah cara menggunakan lingkaran ini? Setiap konstelasi perbintangan yang berjumlah 28 (dapat dilihat pada lingkaran 22!) memiliki unsur (logam, kayu, air, api, dan tanah). Misalnya, konstelasi perbintangan (lingkaran 22!) no. 6 jatuh pada konstelasi ‘Wei’ jatuh pada sudut 76.38° memiliki unsur tanah, maka dengan melihat sektor 365.25° diketahui bahwa pada sudut 76.38° derajat pertama adalah berunsur api, sehingga api menghasilkan tanah. Derajat kedua adalah berunsur logam, sehingga tanah menghasilkan logam. Dan seterusnya (derajat lingkaran pada kompas ditunjukkan dalam angka 1, 3, 5, 7, 9)! Disini menggunakan teori 5 unsur untuk menentukan derajat mana saja dari total 365.25° dari kompas Feng Shui yang baik dan buruk. Dan dalam kompas Feng Shui derajat baik-buruknya ini ditandai dengan warna merah (berarti baik) sehingga dipakai untuk menentukan arah duduk bangunan. Berdasarkan sejarah lingkaran ini telah ada sejak jaman dinasti Song pada abad 960 – 1127 Masehi.

1 2 3 4 5 6 7 8 Next


 
* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * © 2008 by Indonesia Feng Shui Online Center
Powered by Krabsite