Skip to main content
Loading...

Day Master Ji 己 • Tanah Yin 阴土

Day Master Ji

Dalam Bazi, Ji 己 digambarkan seperti sebuah tanah yang lembut seperti area ladang persawahan. Tanah seperti ini bisa memberi kehidupan dalam segala hal. Ji memiliki elemen Tanah Yin 阴土. 

Seseorang yang dilahirkan dengan memiliki Day Master ini memiliki karakter sebagai berikut:

- Day Master Ji adalah sosok yang kreatif dan punya banyak talenta yang tersembunyi. Seringkali Anda memandang kehidupan ini memiliki banyak bagian yang tak sempurna dan Anda merasa harus membawa perubahan untuk menyempurnakan kehidupan ini. Anda bisa menghadapi sebuah tekanan, dan bisa berdaptasi dengan sebuah perubahan bilamana membutuhkan penyesuaian rencana. Ketika Anda ingin bersinar dan dikenal oleh banyak orang karena talenta Anda, maka Anda membutuhkan banyak persiapan dan pengembangan diri.

- Anda adalah sosok yang sabar dan bisa mentoleransi orang lain. Anda adalah orang yang suka berbagi kebaikan pada orang lain, meskipun kehidupan Anda sendiri dipenuhi oleh masalah dan tekanan. Anda memiliki pengetahuan yang luas, dan ketika ingin memulai sesuatu sudah tahu apa yang harus dikerjakan misalnya dalam hal pekerjaan, Anda tahu siapa yang patut didelegasikan untuk sebuah tugas tertentu, ketika membutuhkan pertolongan sudah tahu siapa yang bisa menolong Anda, demikian halnya ketika ingin membeli barang sudah tahu kemana Anda akan membeli barang yang berkualitas dan murah. Permasalahan yang Anda hadapi adalah, meskipun Anda punya pengetahuan yang luas namun Anda tidak bisa memanfaatkan ini untuk keuntungan Anda sendiri, malahan butuh orang lain yang melakukan untuk Anda.   

- Anda memiliki jiwa dan insting keibuan dalam artian Anda suka memelihara orang lain, melindungi mereka dan peduli dengan mereka. Oleh sebab itu, Anda adalah sosok yang sangat peduli, dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu orang lain. Anda adalah orang yang dermawan, dan suka mensuport orang lain. Itulah sebabnya Day Master ini suka akan kegiatan sosial. Dan Anda akan berusaha keras untuk membuat orang lain bahagia, dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Orang lain cenderung pergi ke Anda karena ingin mendapatkan bantuan. Ketika orang lain tidak ada yang mau membantu menyelesaikan masalah, maka Anda lah yang akan maju dan menyelesaikannya.  

Untuk memperbaiki kulitas karakter diri Anda lakukan hal-hal berikut ini:

- Setiap kali Anda ingin mengerjakan sesuatu maka buatlah perencanaan yang matang tentang bagaimana untuk menyelesaikannya. Dengan cara seperti ini, Anda bisa menjadi sosok yang terdepan dalam mencapai sesuatu.

- Anda adalah orang yang murah hati dan suka membantu orang lain, namun tanggung jawab Anda untuk menyelesaikan urusan Anda sendiri juga sama pentingnya. Oleh sebab itu, dalam segala situasi cobalah selesaikan urusan Anda dulu baru membantu yang lainnya. Jangan sampai pekerjaan Anda terbengkalai gara-gara Anda sibuk membantu urusan orang lain duluan.   

Dalam menjalankan pekerjaan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah tipe pekerja keras. Anda sanggup memikul semua beban pekerjaan dan karena karakter ini Anda punya daya tahan yang tinggi dalam menampung stress dan tetap memberikan hasil yang terbaik ketika situasinya menuntut Anda seperti itu. Anda juga adalah sosok yang bisa beradaptasi dengan cepat terhadap sebuah lingkungan. Ketika mempelajari sebuah hal yang baru, Anda bisa menguasai dan mempraktekkannya dengan cepat. Ketika bekerja, Anda bisa menjalankan pekerjaan yang berbeda-beda di waktu yang bersamaan. Dan karena Anda adalah sosok yang produktif maka untuk mendapatkan promosi dalam pekerjaan atau bonus adalah sesuatu yang sering Anda dapatkan ketika peruntungan sedang baik.

- Anda memiliki talenta dalam mengelola stres dan ketika situasi sedang tidak baik maka Anda adalah orang pertama yang mampu menyelesaikannya. Anda jarang meminta bantuan orang lain untuk membantu Anda selama Anda masih mampu menyelesaikannya. Anda seringkali dianggap sebagai aset yang berharga bagi tim Anda maupun oleh perusahaan Anda. Kadangkala ketika hubungan Anda dengan rekan kerja Anda menjadi buruk, dengan berlalunya waktu hubungan yang buruk tersebut bisa membaik kembali dan Andapun siap untuk membantu mereka kembali. Anda adalah orang yang adil dalam memperlakukan karyawan, dan siap membantu mereka ketika dibutuhkan.

- Dan karena Anda adalah orang yang bisa diandalkan dalam pekerjaan untuk menyelesaikan masalah maka setiap apapun yang terjadi dalam proses pekerjaan selalu ingin Anda kontrol. Anda memilih sikap seperti ini dengan tujuan ketika datangnya sebuah krisis maka Anda sudah tahu bagaimana untuk menyelesaikannya. Anda bisa menjadi pendengar yang baik bagi bawahan Anda dan membiarkan mereka untuk berkontribusi untuk membawa sebuah perubahan. Dalam pekerjaan, ketika terjadi perubahan yang diluar dari perkiraan awal, Anda akan bergegas pada ide dan rencana Anda sendiri. Orang dengan Day Master ini menyukai pekerjaan yang selalu tertulis di atas kertas agar segala sesuatunya tetap terkontrol dengan baik.

- Anda adalah orang yang sangat suportif dan protektif terhadap bawahan, dan tidak segan membantu mereka ketika dibutuhkan. Namun, Anda juga cenderung lebih mau membantu mereka yang menghargai cara kerja Anda daripada mereka yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Bila Anda menemui bawahan yang tidak sesuai dengan aturan main yang Anda tetapkan maka Anda akan menunjukkan rasa ketidak-sukaan dalam banyak hal. Selama orang lain mau mengikut cara kerja Anda, maka Anda pun akan senang dengan mereka dan siap menyokong mereka.

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalankan pekerjaan, lakukan hal-hal berikut ini:

- Anda harus bisa menerima perubahan rencana dalam pekerjaan, selama perubahan tersebut masih sesuai dengan tujuan akhir yang ingin dicapai. Ada banyak jalan keluar untuk menyelesaikan sebuah masalah.

- Cobalah berdiskusi secara terbuka, dan memberi kesempatan bawahan Anda untuk menyuarakan opininya. Mungkin saja dengan apa yang mereka sampaikan ada solusi yang lebih sempurna dan ketika itu dijalankan bersama maka mereka pun merasa lebih dihargai.   

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda adalah sosok yang suka menjalin sebuah persahabatan. Anda suka menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan lingkungan sosial untuk berkenalan dengan orang baru, namun tetap mempertahankan persahabatan dengan kawan lama. Dalam berhubungan sosial, sebisa mungkin Anda menghidari sebuah konflik dan permusuhan. Dan ketika Anda sedang berbicara, maka sebisa mungkin tidak menyinggung perasaan orang lain, dan mencoba mengatur kata-katanya sehalus mungkin. Itulah sebabnya tidak mudah bagi orang lain bisa membenci Anda, dan mereka yang membenci Anda pada akhirnya akan berubah karena kebesaran hati Anda dan mau membantu orang lain.             

- Anda adalah sosok yang disukai oleh orang lain karena sifat Anda yang ramah. Dan Anda mempercayai dengan memiliki kehidupan yang seimbang antara urusan pribadi dan pekerjaan maka Ana bisa menyelesaikan banyak hal. Anda cenderung menyukai dan mengikuti sebuah grup yang memiliki hobi yang sama dengan Anda. Dan Anda bisa memiliki banyak kawan disitu, dan dengan berbagi cerita dengan mereka untuk sebuah kesukaan yang sama maka Anda merasa lebih bahagia.  

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam menjalin hubungan dengan orang lain lakukan hal-hal berikut ini:

- Jangan sungkan untuk mengutarakan apa yang ada dalam isi hati Anda pada orang lain. Ketika Anda mau terbuka berbagi cerita pada orang lain maka hal itu bisa menyelesaikan masalah lebih cepat.

- Bisa menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan adalah sesuatu yang bagus, pertahankan sikap ini. 

Dalam mengelola keuangan, Anda memiliki ciri khas sebagai berikut:

- Anda sering merasa kesulitan ketika harus menghadapi beberapa pilihan dan pendapat yang berbeda. Kadangkala apa yang sudah Anda yakini bisa berubah di tengah jalan. Anda kurang memiliki sebuah pemikiran yang tegas sehingga keputusan Anda bisa berubah ketika menjelang akhir. Namun, hal ini tidak akan terjadi dalam urusan keuangan karena dalam mengelola keuangan Anda adalah orang yang sangat berhati-hati. Oleh sebab itu, Anda tidak akan merubah apa yang sudah Anda anggap benar. Namun ketika Anda dalam kondisi bimbang, yang terjadi adalah Anda akan mempercayakan secara buta pada orang lain untuk mengambil keputusan tersebut tanpa berpikir secara rasional.

- Dalam hal keuangan, Anda memiliki ketegasan dalam berpikir dan fokus pada sasaran. Anda adalah sosok yang suka memikirkan jauh ke depan dan memiliki wawasan yang luas untuk mengatur rencananya. Dan karena Anda adalah orang yang sangat berhati-hati dalam hal keuangan maka semuanya ini akan Anda persiapkan rencananya sejak masa muda. Dari sejak usia muda sudah terlihat kalau Anda ini adalah seorang pekerja keras. Dan Anda tidak akan membuang masa muda dengan sia-sia, karena sejak usia dini sudah aktif untuk mencari uang. Anda punya rencana jangka panjang dalam mendirikan sebuah rencana bisnis, dan hal ini yang membuat diri Anda bisa menikmati penghasilan secara konsisten dan kokoh.

- Dalam berbisnis, ada kecenderungan Anda akan memilih bisnis yang bersifat jangka panjang dan minim resiko. Hal ini dikarenakan dalam mengelola keuangan, Anda memiliki sifat yang sangat berhati-hati. Bagi Anda lebih baik keutungan berjalan lamban tapi aman, daripada cepat tapi beresiko. Misalnya dalam berinvestasi, Anda akan memilih jalur yang sudah dianggap aman bagi sebagian besar orang, misalnya berinvestasi di saham blue chip atau investasi properti. Investasi seperti ini lebih menjamin penghasilan yang stabil. Dan karena Anda adalah orang yang memikirkan masa depan, maka punya kebiasaan menabung. Anda akan memilih uang Anda bisa tumbuh pada jalur yang pantas, daripada bermain investasi jangka pendek seperti money game.         

Untuk memperbaiki kualitas Anda dalam mengelola keuangan lakukan hal-hal berikut ini:

- Untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai, Anda membutuhkan saran pemikiran dari orang lain. Dan hal ini bisa membantu Anda untuk mencapai sasaran lebih cepat.

- Cobalah mengikuti kelas atau seminar mengenai manajemen keuangan. Hal ini penting untuk meningkatkan wawasan Anda, sehingga ketika orang lain memberi saran dan pendapat maka Anda pun bisa memfilternya dengan baik.

- Anda jangan terlalu konservatif pemikirannya dalam hal keuangan. Kadangkala, investasi jangka pendek pun bisa memberi hasil yang lebih baik secara keseluruhan. Intinya, jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru dalam berinvestasi. 

Kelebihan dan Kekurangan Day Master Ji:

- Kelebihan : suportif, cekatan, fleksibel, produktif, kreatif, penuh perhatian, punya jiwa mengayomi, inovatif dan intuitif.

- Kekurangan : suka mengorbankan diri, posesif, suka mengontrol orang lain, idealistis, suka bergantung pada orang lain, keras kepala, suka pesimis.