Skip to main content
Loading...

Feng Shui Faktor Luar

Setelah tahu keadaan topografi dari suatu daerah, kita bisa menentukan apakah daerah tersebut memiliki energi Qi yang positif dan protektif. Setelah mempertimbangkan keadaan tanah berdasarkan 4 syarat dasar dari Feng Shui yang baik, paling tidak kita telah memilih tempat dengan unsur Feng Shui yang baik. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah energi negatif atau "Sha Qi" yang berasal dari faktor luar lingkungan sekitar; misalnya struktur bangunan, pohon, dan benda yang terlihat dari properti Anda dan bisa mempengaruhi medan energi di rumah Anda. Dalam ilmu Feng Shui, faktor luar ini kita sebut dengan "Po Sha".

Energi Qi yang merugikan ini biasa dikenal sebagai "Sha Qi" dan bisa mengeluarkan pengaruh psikologis terhadap pikiran penghuni yang pada akhirnya bisa mempengaruhi pandangan hidup mereka. Kadangkala efek dari obyek sekitar rumah yang merugikan ini bisa terasa oleh penghuninya, namun kadangkala tidak bisa terasakan. Syarat utama untuk mengevaluasi, apakah obyek disekitar rumah Anda mempengaruhi Anda adalah:

1.
Dimanakah obyek tersebut berada berdasarkan 8 arah mata angin? Misal: Jika rumah Anda menghadap ke arah Selatan dan tepat di depan rumah Anda terdapat tiang listrik segaris lurus dengan pintu utama Anda, maka kita bisa menaksirkan bahwa penghuni perempuan di rumah tersebut (terutama anak perempuan usia 20"an tahun) akan terkena masalah dengan kesehatannya. Jadi langkah pertama Anda adalah menentukan dimana obyek tersebut berada kemudian carilah sektor dimana obyek tersebut ada. Setiap obyek disetiap sektor memiliki pengaruh tertentu pada penghuninya, yaitu sebagai berikut:
a. Sektor Barat Laut akan mempengaruhi Ayah (kepala keluarga) atau penghuni pria yang berusia lanjut.
b. Sektor Barat Daya akan mempengaruhi Ibu atau penghuni perempuan yang berusia lanjut.
c. Sektor Timur akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki paling tua (sulung).
d. Sektor Tenggara akan mempengaruhi penghuni anak perempuan paling tua (sulung).
e. Sektor Utara akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki kedua.
f. Sektor Selatan akan mempengaruhi penghuni anak perempuan kedua.
g. Sektor Timur Laut akan mempengaruhi penghuni anak laki-laki paling kecil (bungsu).
h. Sektor Barat akan mempengaruhi penghuni anak perempuan paling kecil (bungsu).
Lantas, bagaimana jika obyek merugikan yang Anda temui tidak ada pada anggota keluarga Anda, misal jika terdapat tiang listrik di sektor Selatan rumah Anda, namun Anda tidak memiliki anak perempuan karena anak Anda semuanya adalah laki-laki? Dalam kasus seperti ini efek buruk yang dibawa oleh obyek tersebut akan berkurang.


2.
Seberapa jauh obyek tersebut tampak dari rumah Anda? Jika terdapat menara listrik di depan properti Anda, namun jaraknya puluhan kilo meter dari rumah Anda, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Dalam teks Feng Shui klasik tertulis perkataan, "Jika jarak antara Sha Qi / energi negatif dengan properti Anda adalah puluhan mil maka obyek tersebut tidak akan mempengaruhi Anda". Kuncinya disini adalah, Anda harus memprioritaskan obyek yang di dekat properti Anda terutama dalam jangkauan mata Anda ketika Anda berada di depan pintu utama rumah.


Dari berbagai macam faktor luar, berikut adalah kasus-kasus properti yang berada pada obyek yang merugikan secara Feng Shui:


1.
Rumah yang terletak dekat gardu listrik akan berpengaruh buruk pada kesehatan penghuni rumah karena frekuensi elektromagnetik yang ditimbulkan gardu diketahui bisa menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan kanker pada orang yang tinggal disekitarnya. Pengaruhnya ini bisa semakin buruk bila pintu utama menghadap langsung ke arah gardu tersebut.

fengshui dekat gardu

2.
Rumah dekat tiang listrik tegangan tinggi. Rumah yang terletak dekat tiang listrik tegangan tinggi tidak seburuk kasus sebelumnya, akan tetapi frekuensi tinggi yang dipancarkan bisa menyebabkan medan magnet seseorang yang menjadi salah arah sehingga mempengaruhi kejiwaannya atau penyakit dari reaksi pikiran.

fengshui area voltase

3.
Rumah dekat menara pemancar. Menara transmisi dari stasiun komunikasi bisa mempengaruhi sistim saraf orang yang tinggal di dekatnya. Hal ini akan mengurangi efisiensi mereka dan bisa mempengaruhi keberuntungan mereka dalam jangka panjang.

fengshui tiang pemancar

4.
Rumah yang berada di daerah industri akan memiliki pengaruh buruk pada kesehatan penghuni khususnya sistim pernapasan, karena polusi yang dihasilkan oleh pabrik.

fengshui pabrik

Dari keempat kasus yang telah saya paparkan tidak ada solusi terbaik selain pindah ke lokasi lain, karena efek yang ditimbulkan cukup signifikan.

5.
Kasus lain yang sering ditemui terutama di kota besar adalah rumah yang langsung berhadapan dengan dua bangunan tinggi dengan gang kecil di tengahnya. Dalam ilmu Feng Shui dikenal dengan istilah "Tian Zhan Sha" atau "sha" (energi negatif) terowongan angin karena angin yang menerobos melalui celah kecil antara dua bangunan tersebut bisa menciptakan energi Qi pemotong yang akan membelah rumah dengan dampak yang sama seperti pedang. Energi Qi ini bisa membelah medan energi rumah menjadi dua; yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan, bahaya kebakaran, dan kemalangan. Adalah bijaksana untuk menghindari tinggal di rumah seperti ini.

fengshui apartemen

6.
Rumah tua dan rusak di antara dua rumah yang baru dibangun juga memiliki Feng Shui yang kurang baik. Ini akan berpengaruh buruk pada rasa percaya-diri penghuni rumah tua, yang secara psikologis penghuni sering merasa minder. Hal ini bisa menyebabkan ketidak-harmonisan dalam rumah. Oleh karena itu, ilmu Feng Shui juga berhubungan dengan banyak tafsiran psikologis yang mempengaruhi secara mendalam pikiran manusia dan juga tindakannya.

fengshui rumah tua

7.
Tinggal di rumah yang diapit oleh dua bangunan tinggi juga dianggap memiliki Feng Shui yang buruk. Mengapa? Karena tekanan yang diciptakan oleh gaung angin terhadap rumah sangat menekan dan mengalahkan, sehingga memiliki tendensi menekan pertumbuhan dan perkembangan penghuni rumah. Bangunan tinggi tersebut juga akan membuat penghuni rumah merasa "kecil" dan bisa mengarah pada perkembangan "rasa rendah diri". Solusi yang bisa dilakukan pada rumah seperti ini adalah dengan memasang lempengan kuningan di atap rumah agar dapat memantulkan bayangan bangunan-bangunan tinggi tersebut. Bila rumah yang rendah ini beratap datar, maka juga bisa dibuat kolam air di atap rumah untuk "menyerap" energi Qi yang menindih. Namun, dalam tata kota yang modern ini telah terdapat peraturan mengenai ketinggian bangunan dari suatu wilayah, sehingga masalah seperti ini sudah jarang dijumpai lagi.

fengshui kota

Kita juga bisa menentukan energi Qi suatu rumah dari kejauhan, apakah rumah itu dikuasai oleh "Yang Qi" (energi positif) atau "Yin Qi" (energi negatif), hanya bila ada pohon yang ditanam di sekitarnya. Ini dilakukan dengan mengamati bagaimana pohon tumbuh, yaitu apakah pohon itu tumbuh menjauhi atau mendekati rumah.

Tanaman atau pohon tumbuh ke arah matahari dan mereka selalu mencari energi "Yang" atau positif. Bila pohon menuju ke arah rumah berarti rumah tersebut memiliki energi Qi positif. Energi yang membawa keberuntungan dan kesehatan adalah "Yang Qi" atau energi positif, maka pohon yang tumbuh menuju rumah adalah indikasi bahwa penghuni rumah sehat dan makmur.


8.
Oleh karena itu, bila pohon tumbuh menjauhi rumah ini berarti rumah tersebut dikuasai oleh "Yin Qi" atau energi negatif yang ditafsirkan sebagai kurangnya energi kegiatan dan energi kesehatan penghuni. Namun, bila tanaman atau pohon yang mendekati rumah terlalu banyak terutama menutupi keberadaan pintu utama, sehingga membuat rumah tampak gelap walaupun pada siang hari, serta pohon yang mengelilinginya memiliki bentuk yang buruk maka mungkin saja rumah itu dihuni oleh energi elemental atau adanya "roh" tak terlihat yang sering menghuni di tempat tersebut. Kondisi ini dalam Feng Shui disebut dengan "Yin Sha". Adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam Feng Shui untuk memiliki ventilasi yang baik dan mengusahakan sinar matahari sebanyak mungkin masuk ke dalam rumah. Ini akan mendorong "Yang Qi" atau energi positif untuk berdiam di dalam rumah.

fengshui pohon

9.
Pohon yang tumbuh sangat dekat dengan rumah juga bukanlah unsur yang baik dalam Feng Shui. Akar pohon akan menembus fondasi rumah bila pohon tumbuh makin tinggi dan besar. Pohon ini akan mengancam stabilitas fondasi rumah dan bisa mempengaruhi kebahagiaan rumah tangga.fengshui tanaman