Skip to main content
Loading...

Feng Shui Kamar Mandi

Di daratan Tiongkok, kamar mandi dan WC ditempatkan di luar rumah dan merupakan salah satu sumber pupuk yang digunakan untuk pertanian. Waktu itu, kamar mandi dan WC dianggap sebagai sumber energi "Yin" atau negatif dan memiliki unsur air. Mengapa? Karena kamar mandi merupakan tempat penampung kotoran manusia, oleh sebab itu penempatannya bisa mempengaruhi kesehatan keluarga. Namun banyak orang yang salah tafsir dan beranggapan secara berlebihan bahwa posisi kamar mandi atau toilet dapat "membilas" hoki atau keberuntungan seseorang. Ini adalah suatu pendapat yang kurang tepat, mengapa? Karena saat ini kita hidup dan tinggal di era yang modern dimana rata-rata toilet lebih higenis dan bersih dan bukan seperti pada kehidupan kuno yang mana posisi toilet masih jorok dan berbau.

Berbicara mengenai posisi toilet pada bangunan 2 lantai atau lebih, ketinggian plafon memiliki peranan yang cukup penting. Apabila ditemui pelanggaran dalam peletakkan toilet dengan tata letak ruangan yang dibawahnya maka parameter yang digunakan adalah 3.5 meter, sehingga bila ketinggian plafon Anda kurang dari angka tersebut dan ditemui pelanggaran maka hal ini bisa berdampak pada kesehatan penghuni.

Kasus pertama adalah kamar mandi dan WC yang letaknya berada tepat di atas meja makan. Keadaan ini menyebabkan energi "Qi" yang berasal dari kamar mandi memiliki efek yang tidak sehat pada meja makan yang ada dibawahnya. Namun pelanggaran ini hanya terjadi ketika posisi lubang toilet tepat berada di atas meja makan dan ketinggian plafon Anda relatif pendek atau kurang dari 3.5 meter. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan meja makan di luar jangkauan kamar mandi dan WC.

fengshui meja makan

Kasus berikutnya menunjukkan pengaturan rumah yang selalu menyebabkan penyakit dan tekanan dalam keuangan. Dalam ilmu Feng Shui, kompor melambangkan kekayaan keluarga dan unsurnya adalah api. Maksud utama orang bekerja keras adalah berusaha mencukupi kebutuhan keluarga. Ini diterjemahkan kepada makanan yang dimasak dan dihidangkan di meja makan. Kamar mandi dan WC yang ditempatkan tepat di atas kompor tidak hanya tidak sehat tapi juga membahayakan keberuntungan keluarga karena toilet yang mewakili unsur air akan memadamkan unsur api yang diwakili oleh kompor. Namun pelanggaran ini hanya bisa terjadi apabila lubang toilet tepat berada di atas kompor secara vertikal dan ketinggian plafon Anda relatif pendek atau kurang dari 3.5 meter. Perbaikan yang bisa dilakukan cukup mudah yaitu dengan memindahkan posisi kompor agar tidak segaris lurus dengan lubang toilet yang ada di lantai atasnya.

fengshui wc

Kasus lain yang sering ditemui adalah kamar mandi dan WC yang tepat di atas ranjang. Lubang toilet yang tepat berada di atas kepala ranjang secara vertikal dari bangunan 2 lantai, disebut dengan "Lin Tou Shui" atau "Air yang membasahi kepala". Hal ini bisa menyebabkan penghuni yang tidur di ranjang tersebut mudah terserang penyakit pada daerah kepala dan menderita kerugian materi. Namun, hal ini hanya bisa terjadi apabila ketinggian plafon di kamar tidur tersebut relatif pendek. Perbaikan yang bisa dilakukan cukup mudah, yaitu dengan memindahkan ranjang ke posisi lain selama tidak segaris lurus dengan posisi lubang toilet.

fengshui lantai atas

Bila Anda sering menderita insomnia atau susah tidur, maka segera ceklah apakah terdapat kamar mandi dan WC yang tepat berada di belakang ranjang. Adanya pipa sanitasi tepat berada di belakang kepala ranjang bisa menyebabkan medan aura dari orang yang tidur akan terganggu. Perbaikannya adalah memindahkan ranjang ke posisi lain.

fengshui kamar wc

Bagian sektor tengah rumah disebut sebagai "Tian Xin" atau "Jantung Langit" dalam ilmu Feng Shui. Keutuhan dan keakraban penghuni rumah akan ditentukan dari posisi sektor tengah rumah, oleh sebab itu bila persis di bagian tengah rumah terdapat kamar mandi atau WC maka bisa menjadi sumber pertengkaran keluarga. Perbaikan yang bisa dilakukan tidak ada cara lain, selain memindahkan ruang kamar mandi di sektor sekeliling rumah yang lain selama tidak terjadi pelanggaran dari pedoman yang telah kita pelajari diatas.

fengshui kamar mandi